Tempat Wisata Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor, Pilihan Seru Liburan Bareng Keluarga

Tempat Wisata Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor pilihan seru liburan bareng keluarga. Banyak keluarga yang datang kemari untuk ikut memanen buah ataupun untuk studi. Para murid dan guru umumnya datang untuk melihat bagaimana berbagai varietas buah dibudidayakan dalam satu tempat. Selain itu mereka juga datang untuk mencicipi buah segar yang dapat di panen sendiri.

Header Depan Web Wisata Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor

Salah satu tempat wisata favorit keluarga yang terletak di jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Secara resmi dibuka oleh Presiden RI ke-2 yang emiliki luas 264 hektare (2,64 km2). Wisata yang ada di tengah taman buah ini didukung oleh berbagai wahana yang asri dan alami. Selain itu juga dilengkapi berbagai sarana yang akan menambah keseruan pengunjung saat berlibur dikawasan ini.

DAFTAR ISI :

  • Sejarah & Pemilik Taman
  • Hal-Hal Menarik
  • #Water Kingdom Mekarsari
  • #Outbound Mekarsari
  • #Panen Buah Mekarsari
  • Harga Tiket Masuk
  • Peta & Alamat Taman
  • Bagikan ini:

Sejarah & Pemilik Taman

Sejarah berdirinya taman buah mekarsari tidak lepas dari prakarsa Ibu Tien Soeharto dengan tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan popularitas buah-buahan Indonesia agar dapat bersaing di pasar nasional dan internasional serta mengangkat harkat dan martabat para petani Indonesia. Wisata agro ini dibuka secara resmi pada tanggal 14 April 1994 oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia Bapak Soeharto.

Adapun pemilik Taman Buah Mekarsari Bogor adalah Ibu Ir. Siti Hutami Endang Adiningsih (Ibu Mamiek Soeharto) yang juga merangkap sebagai Direktur Utama.

Hal-Hal Menarik

Dari waktu ke waktu Taman Buah ini terus berbenah dan mengalami berbagai perkembangan yang sangat siknifikan. Bukan hanya menyediakan buah saja yang bisa dipetik sesukanya, namun juga sudah menambahkan wahana, seperti water kingdom, outbond area, dan masih banyak lagi. Begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di satu tempat. Mulai dari edukasi, bermain, menikmati kebersamaan dan berbelanja dalam satu tempat.

Selain untuk berwisata, Taman Buah Mekarsari juga difungsikan sebagai tempat konservasi aneka buah dan sayur dari penjuru nusantara. Penelitian, pembibtan, pelestarian, tabulmpot dan agronomi dilakukan di tempat ini. Banyak varietas dan spesies tanaman sayuran dan buah ada di sini. Pengelola kawasan ini melakukan penyilangan tumbuhan yang hanya ditemukan di tempat ini, seperti nangkadak, nanas arnis, dan cempeka.

Transportasi untuk mobilitas di dalam taman sendiri sudah terbilang memadai. Ada sepeda yang bisa digunakan, atau juga kereta yang bisa ditunggu karena untuk menggunakan transportasi kereta ini harus antri cukup panjang. Berkeliling taman dengan kereta tidak akan membuat anda bosan.

Gambar Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor

Keterangan: Gambar Taman Buah Mekarsari Cileungsi Bogor Jawa Barat, salah satu tempat bermain dengan nuansa alam yang sangat kental.

Water Kingdom Mekarsari

Water Kingdom Mekarsari merupakan ikon dan daya tarik lain dari Taman Wisata ini. Digadang gadang sebagai yang terbesar di Asia, Water Kingdom ini berdiri di atas tanah seluas 5,2 hektar yang langsung terhubung ke danau di sebelahnya. Water Kingdom ini mampu menampung pengunjung sampai 15.000 orang per harinya.

Wahana di tempat ini memang sunnguh menantang, salah satunya adalah Boomerang slide, yaitu papan luncur dengan tinggi 16 meter dan panjang 116 meter ke bawah. Sangat memacu adrenalin. Selain itu juga ada kolam arus sepanjang 600 meter. Anda bisa bersantai dan naik di atas ban karet yang mengalir dan berjalan bersama arus.

Outbound Mekarsari

Selain Water Kindom, tempat wisata ini juga mempunyai area Outbond, namanya Sabut Kelapa Outbond Taman Wisata Mekar Sari atau lebih sering disingkat dengan SKO-TWM. SKO TWM menawarkan suasana petualangan sambil belajar yang cocok untuk kebersamaan baik dengan rekan kerja maupun dengan keluarga.

Di sini anda bisa belajar lebih mandiri, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, dan kepemimpinan dalam satu wahana outbond. Sangat menantang dan menghibur. Juga dapat saling mendekatkan ikatan keluarga. Selain itu ada area permainan tembak tembakan juga di sana. Sungguh menyenangkan. Pilih saja jenis permainan apa yang anda sukai.

Panen Buah Mekarsari

Inilah yang ditunggu tunggu bila anda datang ke Taman Buah Mekarsari. Panen buah langsung dari pohonnya dengan tangan anda sendiri. Masih segar dan cantik cantik. Tentunya setelah anda petik, buah buah yang sudah berada di tangan anda wajib dibayar. Anda bisa membawa pulang atau langsung saja makan di tempat.

Ada juga kelas menanam untuk anak anak yang ingin belajar. Kelas ini sebenarnya kelas terbuka, namun bila anda yang sudah dewasa tidak sungkan bercampur dengan anak anak maka lakukan saja.


Video: SERUNYA BERWISATA DENGAN “FAMILY TRAIN” TAMAN BUAH MEKARSARI (youtube), Liburan bersama keluarga memang mengasyikan apalagi sambil berpetualang dan melihat berbagai macam tanaman dan buah di Taman Buah Mekarsari.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk taman buah mekarsari Bogor sangatlah terjangkau. Walau dipatok cukup tinggi, namun tidak setinggi DUFAN. Untuk hari biasa, anda cukup membayar Rp. 50.000 dan untuk hari besar atau hari libur jadi Rp. 95.000.

Harga Tiket Taman Buah Mekarsari Bogor
Tiket Regular Mekarsari ARp65.000
Tiket Regular Mekarsari BRp50.000
Tiket Regular Mekarsari CRp50.000
Tiket Regular Mekarsari DRp50.000
Tiket Regular Mekarsari ERp50.000
Tiket Regular Mekarsari FRp55.000
Tiket Reguler Mekarsari GRp92.000
Internasional Tiket
Tiket MasukRp50.000
Tiket Reguler Mekarsari HRp110.000
Tiket Reguler Mekarsari IRp120.000
Tiket Masuk MobilRp20.000
Tiket Masuk MotorRp10.000
Tiket Masuk BusRp40.000
Tiket Wahana Non Air 
ATVRp30.000
BIG balloonRp20.000
Bungee TrampolineRp20.000
KFV coin LOGAMRp6.000
KFV coin PLASTIKRp10.000
sepeda Tuk-tukRp20.000
sepeda bmxRp15.000
sepeda mtbRp15.000
sepeda tandemRp20.000
skuterRp15.000
3D Trick Art WeekdayRp25.000
3D Trick Art WeekendRp30.000
Wahana Air
Perahu Naga SKORp15.000
Perahu Naga WKRp15.000
Perahu KanalRp15.000
Bebek AirRp20.000
Sepeda Air KELUARGARp35.000
Banana Boat (Paket per 6 orang)Rp300.000
Speed BOATRp30.000
Rolling DonutRp35.000
Floating DonutRp20.000

Peta & Alamat Taman

Peta Lokasi Taman Buah Mekarsari Bogor (googlemaps)

Untuk alamatnya secara lengkap lokasi tempat wisata ini ada di: Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820. Lokasi mudah diakses menggunakan transportasi umum dengan kondisi jalan yang baik.