7 Destinasi Wisata Gresik yang Sukses Menarik Pengunjung

Destinasi Wisata Gresik
Destinasi Wisata Gresik

Kabupaten Gresik, yang berbatasan dengan Surabaya, memang populer sebagai salah satunya kota industri di Jawa Timur. Beberapa industri besar berada di sini, seperti industri semen, petrokimia, dan perlengkapan electronic. Tetapi, tahu tidak sich jika teritori industri ini simpan permata rekreasi yang pantas sekali untuk kita datangi?

Ya, Gresik jauh dari citra kawasan industri yang cuma panas dan gersang. Kebalikannya, daya tarik pariwisata Gresik benar-benar jangan disepelekan. Bahkan juga, sebagian salah satunya mempunyai kekhasan yang kemungkinan tidak kamu dapatkan di lain tempat. Ingin tahu ‘kan sama tempat rekreasi yang dipunyai kabupaten ini? Yok, ikut kami muter-muter kota ini.

1. Pulau Bawean

Walau letaknya di tengah-tengah Laut Jawa, Pulau Bawean ini masih sisi dari Kabupaten Gresik. Pulau yang terletak 80 mil atau 120 km dari Gresik ini rupanya simpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada beberapa pantai berpasir putih di sekitar pulau, rekreasi pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko yang dapat kamu telusuri dengan jalan kaki saat laut kering.

Selain itu, ada rusa Bawean (Axis kuhli), spesies epidemik yang dijadikan maskot untuk Kabupaten Gresik. Untuk ke arah kesini, kamu dapat menumpang kapal cepat ekspres bahari punya swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang. Hadirlah ke pulau ini dan buktikanlah sendiri keelokannya.

2. Pantai Delegan

Pantai Delegan adalah objek wisata yang terpopuler di Gresik, hingga tidaklah aneh jika tempat ini ramai didatangi pelancong, terutama di hari liburan. Pantai yang ada di Dusun Delegan, Kecamatan Panceng, ini mempunyai pasir putih yang halus dan ombak yang tenang.

Fasilitas yang dipunyai pantai ini masih termasuk simpel hanya karena diatur oleh masyarakat di tempat. Tetapi, kamu ditanggung dapat main air hingga senang, dech! Tempat ini kerap jadi lokasi perlombaan bahari tiap bulan Agustus.

3. Telaga Ngipik

Panas dan sumpek, itulah yang dirasa saat kamu masuk teritori industri Gresik, di mana ada beberapa industri dan pabrik di wilayah ini. Tetapi tanpa perlu jauh-jauh, kamu dapat kok nikmati situasi yang sejuk dan asri di tengah-tengah kota. Tiba saja ke Telaga Ngipik atau yang dikenal juga bernama Taman Rekreasi Giri Wana Tirta.

Telaga Ngipik jadi oase di tengah sempit nya teritori industri kota Gresik. Terletak cuma sekitaran 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Di sini, kamu dapat nikmati sepoi-sepoi angin dan rindangnya pohon-pohonan yang hijau, dengan pemandangan telaga sebagai daya magnetnya. Selain itu, tempat ini kerap digunakan untuk aktivitas ski air oleh Persatuan Ski Air semua Indonesia atau PSASI Jawa timur, lho.

4. Gunung Kapur Sekapuk

Gunung kapur yang ditambang menyisakan arsitektur unik dan eksotik yang tentu saja memikat buat kamu kunjungi. Berada di dusun Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah, kamu dapat menikmati gunung kapur yang dilubangi, membuat goa dan beberapa pilar yang mengingati kita pada film-film fantasi.

Di dindingnya, terlihat bekas-bekas pahatan hasil penambangan yang sudah dilakukan oleh masyarakat sekitaran. Beberapa masyarakat dusun Sekapuk ini profesinya sebagai penambang kapur. Gunung ini sendiri mulai ditambang semenjak 1950-an dan sekarang menjadi satu diantara daya magnet untuk kabupaten Gresik.

5. Bukit Jamur

Yakin tidak, di Gresik ada bukit jamur yang terdiri dari jamur-jamur raksasa? Jika tidak yakin, tiba saja ke bukit kapur di kecamatan Bungah. Di situ kamu akan menemukan “jamur-jamur” raksasa berjajar dengan eloknya.

Berjarak sekitaran 5-6 km dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini adalah lokasi sisa galian yang sekarang nge-hits sebagai tempat rekreasi. Karena bagian bawahnya terserang erosi yang disebabkan karena hujan dan angin, karena itu terciptalah jamur-jamur raksasa saat ini. Hm, tentu hebat nih, mejeng dan beberapa foto di sini!

6. Goa Gelang Agung

Masih ada di wilayah kecamatan Bungah, persisnya di dusun Melirang, ada sebuah goa alam yang pantas kamu kunjungi namanya goa Gelang Agung. Goa ini cukup unik karena mempunyai mulut goa yang lebar dan tinggi. Sementara, sisi dalamnya melingkar sama gelang yang tembus ke sejumlah tempat, karena itu goa ini diberi nama begitu.

Goa sejauh lebih kurang 4 km ini tidak cuma dapat kamu cicipi ornament berbentuk stalagtit dan stalagmitnya, tetapi juga mempunyai ruang-ruangan yang kabarnya pernah dipakai untuk pertapaan atau tempat persembunyian.

7. Sendang Banyu Biru Lowayu?

Dusun Lowayu, kecamatan Dukun, Gresik, ternyata simpan kekuatan rekreasi yang unik dan dapat disebut ajaib namanya Sendang Banyu Biru. Sama dengan namanya yang berarti kolam air biru, sendang ini mempunyai air yang betul-betul biru. Walau sebenarnya, perairan yang berada di sekelilingnya tidak ada yang sebiru ini, tuch.

Sampai saat ini memang tidak ada riset ilmiah untuk cari tahu karena air sendang ini dapat warna biru. Tetapi, wewangian belerang berasa terang jika kita dekati sendang ini. Oh ya, air sendang ini dipercayai warga dapat mengobati beragam penyakit, lho.

Itulah sejumlah keindahan wisata yang bus kamu temukan di Kabupaten Gresik.