Makanan Khas Manado yang Harus Dicoba

Makanan Khas Manado
Makanan Khas Manado

Indonesia selain kaya wisata alamnya, kenyataannya banyak pula lho makanan ciri khas dari tiap-tiap wilayah sebagai daya magnet tertentu pelancong. Pasalnya ada beberapa makanan ciri khas wilayah yang hanya dapat dicicipi di wilayah hanya itu. Maka dari itu, cukup banyak pelancong yang memburu kulineran sambil menikmati wisatanya.

Jika Anda sedang berencana untuk melingkari Pulau Sulawesi, janganlah lupa untuk singgah ke Kota Manado sebagai kota paling besar dan sekalian Ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini. Di kota ini, ada banyak kulineran yang harus Anda coba. Makanan ciri khas Manado tidak dapat dilepaskan dari makanan Ciri khas Minahasa yang kaya bumbu dan rempah dan menguasai dengan rasa pedas.

Selain itu, Manado bersisihan dengan laut hingga sebagian besar warganya nelayan. Hal ini berpengaru pada makanan ciri khas yang yang dikuasai oleh hasil laut. Ada banyak makanan ciri khas Manado yang dapat Anda cicipi dan jadi oleh-olehan.

Cakalang Fufu

Caklang fufu adalah makanan khas Manado yang dengan bahan dasar ikan cakalang. Saat sebelum diolah jadi Cakalang Fufu, ikan calakang akan diasap lebih dulu saat sebelum lewat tahapan selanjutnya. Proses pengasapan itu yang memicu pemberian nama “Fufu” yang maknanya diasap/pengasapan. Ikan cakalang mempunyai rasa yang begitu enak, empuk, dan renyah karena saat sebelum diasap, ikan itu lumuri garam dan bubuk soda.

Panada

Bila dilihat, panada memang berbentuk serupa dengan pastel. Tetapi yang membandingkan hanya didalamnya saja. Pastel secara umum berisi sayur-sayuran dan makanan ciri khas Manado ini berisi olahan ikan cakalang. Bumbu yanag dipakai mempunyai olahan khusus ciri khas Manado, yakni bumbu panpis. Bumbu panpis ini terbuat dari ikan cakalang yang diolah memakai bawang merah, cabe merah, daun jeruk, daun bawang, dan kemanggi. Masalah rasa tentu saja tidak disangsikan kembali enaknya.

Sambal Roa

Selain makanan khusus, rupanya Manado memiliki sambal ciri khas yang tidak kalah populernya. Banyak pelancong yang memburu sambal roa ini bila bertandang ke Manado. Kenapa sambal roa ini benar-benar populer? Sambal roa mempunyai cita-rasa yang unik dengan bumbu dan racikan yang cuma ada di Manado saja. Sambal roa ini datang dari ikan roa atau ikan julung yang diolah bersama bumbu-bumbu yang lain, seperti bawang putih, bawang merah, cabe, dan beberapa bahan yang lain.

Bubur Manado

Bubur Manado tidak kalah populernya dengan makanan yang telah disebut sebelumnya dan umumnya jadi sajian untuk makan pagi pagi. Berlainan dengan bubur yang lain, makanan ciri khas Manado ini digabungkan dengan sayur sebagai bahan khusus tanpa memakai daging. Kemungkinan pertama kalinya Anda menyaksikan berasa aneh, tapi apabila sudah mencoba pasti suka.

Kacang Goyang

Makanan khas Manado yang lain, yakni kacang goyang. Walau cuma berbentuk camilan, tapi makanan ini masih tetap menjadi satu diantara oleh-oleh khas Manado yang banyak dicari. Kacang goyang dibuat dari kacang atom yang dibalaut dengan terigu yang sudah digabung dengan gula pasir hingga kacangnya juga didominasi rasa manis.