Destinasi Wisata Tulungagung, Suguhkan Indahnya Pantai dan Candi

Destinasi Wisata Tulungagung
Destinasi Wisata Tulungagung

Pesona yang dimiliki Jawa Timur memang tidak ada selesainya dikeduk. Melalui pegunungan dan pantainya, kamu juga mengetahui begitu kaya potensi rekreasi yang dipunyai propinsi ini. Nach, ini kali turut kami menelusuri salah satunya kabupatennya, yakni yang bernama Tulungagung.

Tulungagung merupakan kabupaten di pesisir selatan yang populer sebagai pemroduksi marmer. Nama Tulungagung datang dari bahasa Kawi tulung yang memiliki arti air dan agung yang memiliki arti besar, karena kabarnya di kabupaten ini ada sumber mata air yang besar.

Berbatasan dengan pegunungan Wilis-Liman di barat dan samudera Hindia di selatan, tidaklah aneh bila kabupaten ini mempunyai beberapa potensi rekreasi yang memikat didatangi. Nach, apa saja sich daya tarik yang dipunyai kabupaten Tulungagung? Yok, simak sama!

1. Pantai Popoh

Berada di ujung timur pegunungan Kidul yang memanjang dari Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Popoh menjadi satu diantara tempat wisata andalan kabupaten Tulungagung. Di pantai ini, kamu akan disajikan pemandangan pantai berbentuk teluk yang cantik, berombak relatif tenang dengan latar bukit-bukit di kiri kanannya. Perahu-perahu nelayan yang ditambatkan semakin percantik pemandangan pantai.

Untuk bisa capai pantai ini, kamu perlu berkendaraan ke arah dusun Besole, kecamatan Jenguki, lebih kurang 30 km ke selatan Tulungagung. Karena menjadi satu diantara tempat wisata favorite, jalan ke arah pantai ini juga telah termasuk mulus.

2. Pantai Coro

Berada di pesisir selatan Pulau Jawa membuat Tulungagung diberkahi dengan beberapa pantai yang elok. Masih di kecamatan Jenguki tidak jauh dari Pantai Popoh, ada Pantai Coro yang pantas buat kamu kunjungi. Tetapi, sedikit berlainan dengan pantai Popoh, pantai ini masih natural serta jarang-jarang dikunjungi karena terletak yang terselinap.

Pantai yang terletak di dusun Gerbo, kecamatan Jenguki ini ada di balik rimba jati punya Perhutani. Untuk dapat capai pantai ini, kamu perlu telusuri jalan setapak tembus rimba sepanjang sekitaran 40 menit—lumayan buat kaki gempor. Tetapi, hasilnya sebanding dengan upayanya kok. Pantai elok berpasir putih ini siap membuat kamu terbuai karena keelokannya.

3. Pantai Pathok Gebang

Buat kamu yang menyukai blusukan ke pantai, hadirlah ke dusun Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Ada beberapa pantai terselinap dan masih alami di situ, satu diantaranya ialah Pantai Pathok Gebang. Pantai ini terhitung pantai yang perawan dan terselinap, ditambah dengan akses yang sedikit susah dan jauh dari permukiman. Untuk sampai di pantai ini, kamu perlu trackking sepanjang lebih kurang 1 jam.

Tenang, jerih payahmu akan terbayar melalui kekhasan yang dijajakan pantai ini. Kamu tidak hanya dapat nikmati struktur pasir putihnya di kakimu. Saat pasang, kamu dapat melihat ombak yang menghajar batu karang raksasa dan membuncah ke angkasa sampai ketinggian 20 mtr.. Kemungkinan serupa dengan seruling di Pantai Klayar, Pacitan. Berikut yang buat pantai Pathok Gebang ini harus didatangi.

4. Air Terjun Lawean

Kalau kamu akan cari objek wisata yang sejuk dan tenang di Tulungagung, tiba saja ke desa Turi, dusun Gempar, kecamatan Sendang, atau sekitaran 25 km arah barat pusat perkotaan Tulungagung. Di situ, kamu akan mendapati air terjun Lawean. Air terjun bertingkat dengan tinggi capai 100 mtr. ini pasti tawarkan pemandangan yang menarik, apalagi dengan kesejukan yang ditawari oleh lereng Gunung Wilis pada ketinggian 1.200 mdpl.

Tentunya, tidak mudah meraih air terjun yang perawan ini. Dari lokasi parkir paling dekat, kamu harus tempuh sepanjang tiga km pada jalan kaki. Wah, tempat wisata di Tulungagung memang buat sehat, ya!

5. Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo yang ada di dusun Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, ini adalah tempat rekreasi yang tidak kalah spesial. Berada lebih kurang 12 km dari pusat perkotaan Tulungagung, kamu dapat santai nikmati situasi waduk sambil mencoba beberapa fasilitas pariwisata yang disiapkan di waduk ini. Ada cottage, restaurant, , kolam renang, tempat pemancingan, tempat, kemping, speed boat, banana boat, outbond sampai pentas untuk pertunjukan seni.

6. Candi Dadi

Tidak cuma rekreasi alamnya yang keren, Tulungagung diberkahi dengan beberapa objek rekreasi yang berharga riwayat. Beberapa candi dapat kamu kunjungi di kabupaten ini. Satu diantaranya ialah Candi Dadi yang berada di dusun Sanggrahan, kecamatan Boyolangu. Kawasan Boyolangu ini populer sebagai salah satunya situs riwayat tempat ditemukan fosil manusia purba dan beberapa candi.

Candi Dadi sendiri terletak di pucuk bukit. Dari sini, kamu dapat nikmati panorama dusun Sanggrahan dan kota Tulungagung dari ketinggian.

7. Goa Pasir

Mendengar kata “Goa Pasir”, tidak boleh membayangkan goa alami dengan stalagmit dan stalagtit yang memikat, karena kamu tidak akan mendapatinya di sini. Bukannya, kamu akan mendapati beberapa relief pada dinding goanya. Ya, Goa Pasir ini sebagai situs purbakala yang dulunya dipakai sebagai tempat pertapaan. Tempat wisata ini berada di desa Pasir, dusun Dukung, kecamatan Sumbergempol. Goanya sendiri berbentuk sebuah ceruk di batu besar dengan relief berwujud manusia.

Akses ke arah kemari tidak susah, apa lagi kamu akan disambut dengan pemandangan lereng Gunung Podo. Untuk sampai ke Goa Pasir ini, kamu tinggal tempuh perjalanan sepanjang 10 km ke timur kabupaten Tulungagung.

Nach, itu dia sejumlah objek wisata yang memikat dan pantas kamu datangi di kabupaten Tulungagung.