8 Wisata Lombok, Tidak Bingung Jika Disebut Surga Dunia

Wisata Lombok
Wisata Lombok

Bicara tentang pariwisata Indonesia, mayoritas orang yang ditanyakan kemungkinan menyebutkan Bali yang benar-benar populer di kelompok wisatawan mancanegara. Walau sebenarnya, seberang ke samping timur, kita dapat mendapati surga yang tidak kalah cantiknya. Di pulau itu jualah bersemayam Gunung Rinjani, gunung tertinggi kedua di Indonesia yang menarik untuk ditelusuri.

Ya, surga itu bernama Lombok. Dimulai dari pantai-pantai super keren di sekitarnya, air terjun yang menarik di teritori pegunungannya, sampai beberapa pulau kecil yang membuatmu tidak menduga jika itu tetap di Indonesia. Ditambah, surga ini dapat dijangkau kantong beberapa backpacker yang memprioritaskan efisiensi anggaran.

Nach, sekarang kami akan ajak kamu untuk mengintip segi spesial yang membuat Lombok ini pantas dipandang seperti surga dunia. Turut, yok!

Pantai Kuta di Lombok

Pantai Kuta yang satu ini bukan pantai di Bali yang populer dan ramai sekali itu, lho ya. Lombok punyai pantai bernama sama, berada di Dusun Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, sekitaran 56 km dari Kota Mataram. Walau namanya sama, tetapi pantai ini akan tawarkan pengalaman yang berbeda pada kamu yang mendatanginya.

Kamu dapat nikmati lembutnya pasir putih pantai eksotik ini yang sama merica—butirannya bundar dan cukup besar. Selainnya nikmati situasi pantai yang tenang, kamu bisa juga beraktivitas selanjar atau nikmati keelokan bawah lautnya dengan snorkeling. Yang lebih asyik kembali, di sini tempat diadakannya ritus tradisi Berbau Nyale tiap di antara bulan Feburari dan Maret . Maka, janganlah sampai ketinggalan, ya!

Air terjun Benang Kelambu

Air yang jatuh mengalir lewat celah-celah tetumbuhan hijau yang mengakar di tebing, hasilkan saluran air yang seperti kelambu. Tersebut pemandangan menarik yang dapat kamu dapatkan di air terjun Benang Kelambu yang berada di Dusun Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara, Lombok tengah, ini. Untuk meraihnya, kamu dapat tempuh perjalanan sepanjang 32 km dari Mataram.

Tinggi air terjun yang tersembunyi dalam rimba ini capai 40 mtr.. Tetapi, kamu tidak akan dengar suara deru sama dalam air terjun biasanya. Di dasar air terjunnya pun tidak ada kolam, tetapi kamu dapat nikmati saluran air yang halus sama hujan membasahi tumbuhmu. Janganlah lupa siapin baju tukar, ya!

Pantai Senggigi, Lombok Barat

Jika kamu mengincar panorama sunset paling indah di Pulau Lombok, karena itu Pantai Senggigi harus kamu kunjungi. Panorama matahari tenggelam menjadi satu diantara daya magnet khusus yang dipunyai pantai ini. Tidak hanya itu, ombaknya yang tenang dan berteman memikat buat dicicipi dengan snorkeling.

Pantai ini terletak di Dusun Senggigi, Kecamatan Batu Monitor, Lombok Barat. Karena Pantai Senggigi sudah menjadi satu diantara tempat wisata unggulan di situ, akses jalan untuk menuju kesini juga benar-benar gampang. Kamu cukup tempuh perjalanan lebih kurang 12 km dari kota Mataram. Pantai ini pas sekali untuk menghabiskan senjamu di Lombok.

Desert Poin alias Bangko-Bangko, Lombok Barat

Angkut papan selancarmu dan bertolaklah ke Bangko-Bangko di Dusun Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Di tempat berikut, kamu dapat menemukan gulungan ombak bersambungan yang memikat buat dikalahkan. Tersebut kenapa pantai ini demikian terkenal di kelompok peselancar, hingga mereka punyai nama sendiri buat pantai ini: desert poin.

Selain jadi destinasi sasaran para peselancar, Bangko-Bangko menjadi satu diantara tempat favorite untuk pemicu dengan beberapa spot mancingnya yang hebat. Untuk mencapai teritori ini, kamu dapat berkendaraan sepanjang lebih kurang 2 jam dari Mataram melalui Sekotong.

Gili di sekitar Lombok

Gili memiliki arti pulau dalam bahasa Lombok dan jadi panggilan untuk beberapa pulau kecil yang berada di sekitaran Pulau Lombok. Tidak kalah atas pulau khusus, masing-masing gili ini mempunyai keindahan yang tidak dapat dianggap remeh. Dari beberapa gili yang ada, ada tiga gili khusus yang pantas ditelusuri, yakni Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Mulai dari pantai berpasir putih, surga bawah laut, sampai resort-resort yang memikat buat berlibur, gili-gili ini ialah sebenar-benarnya surga bagi beberapa pelancong yang tiba ke Lombok. Jika berlibur ke Lombok, sepertinya kamu perlu sediakan sekian hari untuk dapat menyentuhi pulau-pulau eksotis ini sampai senang.

Taman Narmada

Sejumlah tempat wisata di Lombok masih dinaungi dengan mitos-mitos. Misalkan saja, Taman Narmada yang berada di Dusun Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, atau sekitaran 10 km dari Mataram. Taman ini dibuat sekitaran tahun 1805. Kabarnya, bentuknya dibuat seperti pucuk Gunung Rinjani.

Taman ini memiliki kolam pemandian yang tidak hanya elok, tetapi juga kabarnya dapat buat tahan lama muda. Karena itu, tidaklah aneh bila tempat ini selalu ramai oleh pelancong. Selainnya kolam, Taman Narmada ini mempunyai daya magnet lain yakni Pura Kelasa. Untuk masuk pura, kamu harus lewat beberapa puluh anak tangga. Terasanya masuk miniatur Rinjani, dech!

Gunung Rinjani

Selain pantai yang hebat indah dan gili-gilinya yang eksotik, Lombok tawarkan keelokan Rinjani yang hendak menarik beberapa petualang sejati untuk menyentuhinya. Ya, dapat disebut Rinjani ialah arah mimpi tiap pendaki; siapa sich yang tidak ditantang untuk menyentuhi kediaman Dewi Anjani ini?

Gunung tertinggi ke-2 di Indonesia ini menarik untuk ditelusuri. Selainnya dapat melihat Pulau Bali dari pucuknya pada ketinggian 3.726 mdpl, ada pulau Danau Segara Anak yang tawarkan pemandangan hebat yang tidak dapat diutarakan dengan kalimat. Jika kamu memang rindu mendaki, mengapa tidak jadikan Rinjani sebagai destinasi petualanganmu selanjutnya?

Dusun Sade

Rumah-rumah dengan bahan bambu dan kayu terlihat berjajar saat kamu menginjakkan kaki ke Desa Sade yang berada di Dusun Rambitan, Kecamatan Pujut, Lombok tengah. Inilah desa tradisionil yang ditempati oleh suku Sasak, suku asli Lombok. Walau terletak tidak jauh dari jalan raya, dusun ini benar-benar terjaga keasliannya.

Di sinilah kamu dapat nikmati oase kesederhanaan kehidupan tradisionil suku Sasak antara modernitas yang cepat sekali pergerakannya. Selain disapa oleh senyuman ramah masyarakat, kamu bisa juga melihat kesenian peninggalan nenek moyang yang masih dijaga sampai sekarang. Lupakan gadgetmu sesaat dan berbaurlah dengan kearifan lokal masyarakat Sade; di sanalah kamu akan menemukan arti sejati manusia.

Itulah sejumlah beberapa tempat menarik di Lombok yang pantas di-highlight bila kamu punya niat berlibur ke situ. Tentu saja, keindahan pulau Lombok tidak cuma ini, ada banyak kembali tempat yang dapat kamu eksplorasi sendiri.