Destinasi Wisata Tegal, Tidak Cuma Terkenal dengan Warteg dan Ngapak Saja!

Destinasi Wisata Tegal
Destinasi Wisata Tegal

Mendengar kata Tegal, apa yang ada di kepalamu? Kota kecil yang banyak warung disekelilingnya, atau justru terpikir aksennya yang unik?

Daerah Kota Tegal sebagai salah satu kota kecil yang bisa kamu capai gampang melalui lajur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa. Walau kecil, Tegal punyai beberapa macam destinasi yang demikian menarik. Tidak terus-terusan pantai saja, Tegal punyai rekreasi pembelajaran, kulineran, dan sarana yang memikat. Tidaklah aneh jika hari liburmu kelak dapat berasa betul-betul lengkap di kota Tegal.

Berikut ini tujuan-destinasi Tegal yang sukses kami himpun. Pasti kamu tidak akan melihat Tegal hanya warung tegal yang nikmat dan murah saja.

1. Gerbang Mas Bahari Waterpark

Tidak kalah dengan beberapa kota besar yang mempunyai taman air, kota Tegal punyai Gerbang Mas Bahari Waterpark. Terletak dekat sama terminal kota Tegal dan telah dibuat sama sesuai standard internasional. tiketnya sekitaran Rp 15.000,00 – Rp 25.000,oo tergantung hari kunjunganmu.

Tempatnya antara lain terbagi dalam Kolam Olympic (untuk renang dan lomba), Wave Pool (kolam ombak dengan tinggi 2 meter), Wet Futsal, ember tumpah, seluncuran, dan Kiddy Pool (kolam untuk anak-anak). Untuk kenangan, kamu dapat berpose selfie di bangunan kapal dan ikan paus seperti photo di atas.

2. Pantai Alam indah

Karena Tegal berada di lajur Pantai Utara Pulau Jawa, tidaklah heran jika Tegal punyai beberapa rekreasi pantai yang memikat didatangi. Pantai Alam indah, misalkan. Pantai yang berada tidak jauh dari kota Tegal ini, akan menyapamu dengan bentangan pasir dan ombak yang lumayan besar. Walau demikian, pengunjung bisa berenang sepanjang patuhi ketentuan. Ingin nikmati panorama pantai lebih hebat? Sewa saja perahu ramai-ramai dengan pengunjung lain.

3. Pantai Muara Reja

Berbeda dengan Pantai Alam indah, Pantai Muarareja mempunyai lebatnya pohon bakau yang tumbuh di tepi pantai. Selainnya didatangi pelancong, banyak pemicu yang ikut habiskan waktunya pada tempat ini. Beberapa pohon cemara yang melingkari pantai juga sanggup membuat beberapa pengunjung dan pemicu demikian kerasan.

Debur ombak dan ramainya kicauan burung menyegarkan tiap kepenatanmu saat pelesiran ke Pantai Muarareja. Minuman kelapa muda dan ikan bakar bukan menu yang susah ditemukan di sini, karena beberapa pedagang siap layani permintaanmu. Tidak hanya bermain pasir, berenang juga perlu kamu coba saat lagi telah tiba di Pantai Muarareja.

4. Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci atau ada yang menyebutnya Guci indah ialah objek rekreasi yang ada di Dusun Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Berada di kaki Gunung Slamet, sudah pasti udara di Guci demikian sejuk dan fresh. Jika kamu ingin beri kesegaran diri ke arah tempat ini, tinggal tempuh 40 km ke selatan kota Tegal saja. Tempat ini tidak pernah sepi dari serangan pengunjung karena air panas yang mengalir dipercayai sanggup memyembuhkan beragam penyakit seperti rematik, koreng, dan penyakit kulit yang lain. Meski begitu, kamu tidak perlu cemas karena ada beberapa pancuran di sini.

Selain pancuran air hangat, ada pula air terjun. Salah satunya yang dikenali ialah Air Terjun Jedor. Jika kamu tidak ingin berbasah-kuyup, ada jasa sewa kuda dengan biaya yang relatif murah yang siap ajakmu berkeliling-keliling. Wana rekreasi, kolam renang air panas, pemondokan kelas melati sampai berbintang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, dan bumi perkemahan makin lengkapi kenyamananmu di Guci.

5. Gunung Semar

Jika kamu ingin berwisata di luar kota Tegal, jangan enggan-segan tiba ke daerah kabupatennya. Di wilayah Pangkah, Slawi, Kabupaten Tegal, ada Waduk Cacaban yang mempunyai rentang alam menarik. Bukan hanya menyaksikan waduk, Gunung Semar, langit biru, rumput hijau, gembala kerbau, dan hilir mudik kehidupan warga yang lain jadi panorama yang membuat hati damai dan nikmat dilihat mata.

Sejumlah perahu dapat kamu sewa ramai-ramai untuk melingkari tempat waduk yang digagas oleh pemerintahan penjajahan Belanda ini, karena sudah dibuat sangat lama, sarana-fasilitas yang berada di sini termasuk komplet. Mulai masjid, toilet, tempat parkir, bumi perkemahan, tempat bermain anak, jagat hiburan, Bukit Mbah Santi, warung apung, road race, hotel melati, dan rumah makan.

Waduk Cacaban dapat dilakukan melalui dua lajur. Pertama, dari Kota Tegal dengan lajur Kramat – Pangkah – Waduk Cacaban. Jika menempuhnya waduk dari lajur ini, jarak yang perlu kamu lewati lebih kurang 20 km. Ke-2 , dari kota Slawi. Turuti saja lajur Slawi – Pangkah – Waduk Cacaban. Jarak yang dilakukan lebih singkat, sekitaran 9 km saja.

Dari demikian destinasi di atas, sekiranya cukup buat menunjukkan jika Tegal punya destinasi yang komplet. Pembelajaran, alam asli dan bikinan, sarana, dan kuliner ada.