Tempat Wisata Di Makassar Sulawesi Selatan Yang Lagi Viral

Tempat Wisata Di Makassar
Tempat Wisata Di Makassar

Tempat Wisata Yang Lagi Viral Di Makassar,Sulawesi Selatan – Makassar sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Makassar, Sulawesi Selatan merupakan kota yang terkenal dengan kawasan kulinernya. Selain itu juga memiliki banyak tempat wisata.

Mulai dari pantai, air terjun, pegunungan hingga spot foto instagramable yang pastinya sangat estetis. Nah, berikut ini beberapa review tempat wisata Makassar yang bisa Anda jadikan referensi saat berlibur di Makassar, baik sendiri, bersama teman maupun keluarga. Daftar Wisata Alam di Makassar.

Apa saja tempat wisata yang ada di Makassar?

1. Air Terjun Bantimurung

Terletak di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Air Terjun Bantimurung menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini memiliki lapisan batu kapur yang mengeras. Kedalaman air terjun ini hanya berkisar dari pergelangan kaki hingga pinggang orang dewasa.

Air Terjun Bantimurung juga memiliki akses ke dua goa yaitu Goa Batu dan Goa Impian. Goa ini juga terkenal dengan kawasan kupu-kupu, sehingga terdapat patung kupu-kupu berukuran besar di depan pintu masuk dan bisa menjadi spot foto favorit. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Air Terjun Bantimurung, Anda dapat mengendarai kendaraan pribadi yang jaraknya sekitar 15 km dari Kota Maros dan sekitar 20 km dari Bandara Hasanuddin.

Apa saja tempat wisata yang ada di Makassar?

2. Celebes Canyon

Wisata alam di Makassar selanjutnya terletak di Libureng, Tanete Riaja. Celebes Canyon merupakan destinasi wisata alam yang tidak akan mengering meski sedang musim kemarau. Air Terjun Celebes Canyon memiliki air tawar yang terjaga kebersihannya dan merupakan aliran dari Sungai Ule yang merupakan salah satu sungai yang masih sangat alami dan bersih.

Celebes Canyon juga dinobatkan sebagai tempat kedua dalam kategori destinasi wisata baru terpopuler yang diraih dalam Tourism Charm Award. Kawasan ini bisa menjadi wisata new normal yang wajib dikunjungi karena memiliki spot-spot instagramable dengan background batuan sedimen. Jika ingin berkunjung, sebaiknya hindari saat musim hujan karena formasi batuan sedimen akan menjadi licin, serta ancaman debit air sungai yang tinggi.

3. Gunung Bulusaraung

Rekomendasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Makassar, yaitu di sebelah Gunung Bulusaraung yang memiliki ketinggian 1.535 mdpl. Gunung ini terletak di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci yang menjadi favorit para pendaki di daerah Makassar. Untuk mengunjungi Gunung Bulusaraung, dibutuhkan waktu sekitar dua jam dari pusat Kota Makassar.

Gunung ini merupakan salah satu gunung yang memiliki banyak sekali jenis tanaman mulai dari kemiri, pohon rotan hingga kelapa. Selain itu di gunung ini juga akan banyak dijumpai habitat alami dari beberapa hewan seperti musang dan kera hitam.

4. Masjid 99 Kubah

Didesain langsung oleh Ridwan Kamil, Masjid 99 Dome menjadi ikon kebanggaan di titik tengah Indonesia. Keberadaan 99 kubah pada masjid memiliki tujuan yaitu untuk merepresentasikan 99 Asmaul Husna dan memperjelas nuansa Islam.

Masjid ini dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada tahun 2019 yang mampu menampung hingga 13.075 jemaah. Selain itu, tempat peribadatan ini juga mengusung konsep hemat energi dan terdapat atraksi air mancur setelah matahari terbenam selama 30 menit di depan masjid 99 kubah.

5. Pecinan Makassar

Berlokasi di Jalan Jampea, Chinatown merupakan kawasan wisata yang mempertahankan ciri khas etnis Tionghoa di Makassar. Etnis Tionghoa yang telah menginjakkan kaki di Makassar sejak abad ke-14, menjadikan kawasan ini sebagai saksi bisu sejarah yang harus dilestarikan.

Kemudian juga berbagai kuliner yang menggiurkan seperti mi kering yang terkenal yaitu Mie Titi Makassar.

Demikianlah informasi tentang tempat wisata yg lagi viral di sulawesi selatan semoga bermanfaat.