Pengalaman Wisata Alam di Situ Bagendit

Wisata Alam di Situ Bagendit
Wisata Alam di Situ Bagendit

Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat. Situ Bagendit adalah sebuah danau yang menjadi objek wisata alam yang menakjubkan. Terletak di perbatasan empat desa, yaitu Desa Banyuresmi di utara, Desa Cipicung di selatan, Desa Binakarya di timur, dan Desa Sukamukti di barat.

Bagi para pengunjung, ada berbagai aktivitas wisata yang bisa dinikmati di Situ Bagendit. Mereka dapat menikmati pemandangan yang indah, berkeliling danau dengan menggunakan perahu atau rakit, serta bersepeda air untuk kegiatan yang lebih menantang.

Objek wisata ini dikelola oleh Bapak Ajan Sobari dengan status kepemilikan yang berada di tangan pemerintah daerah. Pengelolaan dijalankan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut serta Bapak Adang Kurnia sebagai pihak swasta. Harga tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp. 1.000 untuk dewasa dan Rp. 500 untuk anak-anak, sesuai dengan peraturan Perda No. 11 tahun 2001.

Situ Bagendit memiliki lingkungan yang sangat terjaga dengan baik. Bangunan-bangunan di kawasan wisata ini terawat dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa coretan tidak bertanggung jawab di beberapa bangunan dan pohon. Namun secara keseluruhan, kualitas lingkungan di Situ Bagendit cukup baik.

Selain itu, di Situ Bagendit terdapat berbagai wahana bermain seperti rakit, sepeda air, kereta api mini, dan kolam renang. Pengunjung juga bisa menikmati 6 buah tempat shelter serta beberapa bangku taman yang disewakan. Suasana di kawasan objek wisata ini tergolong nyaman, namun masih dihadapkan dengan beberapa masalah seperti kios liar dan pedagang kaki lima yang tidak memiliki izin.

Sumber daya listrik di Situ Bagendit berasal dari PLN, sedangkan air bersihnya berasal dari sumur dan PDAM dengan kualitas yang baik. Namun, saat musim kemarau, air di sekitar kawasan ini bisa berkurang. Sistem pembuangan limbah diatur melalui septic tank, selokan, dan irigasi. Terdapat juga jalan setapak sepanjang 50 meter di kawasan Situ Bagendit ini. Untuk kemudahan pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir seluas 1400 m^2 yang dapat menampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi, dan 180 kendaraan bermotor.

Situ Bagendit hanya berjarak 4 km dari pusat kota Garut. Jika menggunakan angkutan umum, pengunjung dapat menggunakan angkutan dengan jurusan Terminal Guntur – Kp. Menggerdan Garut – Limbangan dengan tarif Rp 1.500. Selama perjalanan menuju Situ Bagendit, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah. Keamanan di sepanjang jalan menuju objek wisata ini cukup baik, sehingga pengunjung dapat merasa aman dan nyaman.

Setiap bulannya, objek wisata ini dapat dikunjungi oleh 400-600 orang, dengan mayoritas pengunjung berasal dari luar Kota Garut seperti Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Bandung, dan Jakarta.

FAQs After The Conclusion:

1. Berapa harga tiket masuk ke Situ Bagendit?
2. Apa saja aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Situ Bagendit?
3. Bagaimana cara menuju Situ Bagendit jika menggunakan angkutan umum?
4. Apakah ada fasilitas tempat parkir di Situ Bagendit?
5. Berapa jumlah rakit dan sepeda air yang dapat disewa di Situ Bagendit?