Oleh-oleh Khas Bandung

Oleh-oleh Khas Bandung
Oleh-oleh Khas Bandung

Kota Bandung memang selalu menarik untuk diulas. Bukannya hanya terkait dengan sejarahnya, tetapi juga kota ini mempunyai banyak potensi wisata dari keindahan alamnya yang mempesona, pusat perbelanjaan yang menarik, dan kuliner yang lezat. Oleh-oleh asli Bandung adalah bagian tak terpisahkan dari pengalaman berlibur di sana. Selain karena keunikan dan perbedaannya, Bandung juga memiliki banyak pilihan oleh-oleh, dari makanan, minuman, hingga cinderamata. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda beli dengan harga yang terjangkau.

Mudah Peuyeum Bandung, sumber: food.ijomuda.com

Mudah Peuyeum Bandung sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Kota Bandung. Peuyeum selalu identik dengan Bandung. Tape ala Bandung ini mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Bandung. Peuyeum biasanya dijual dengan cara digantung di depan stan atau kios sehingga mudah dikenali oleh wisatawan. Peuyeum atau tape adalah makanan olahan dari singkong. Proses pembuatannya cukup sederhana. Peuyeum disukai karena memberikan efek hangat pada tubuh sehingga cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin. Anda juga dapat menemukan banyak penjual Peuyeum di Jalan Cihampelas, Bandung.

Bolen Pisang, sumber: kulinerdaerahaceh.blogspot.com

Perjalanan berwisata ke Bandung belum lengkap jika Anda tidak membeli Bolen Pisang. Oleh-oleh khas Bandung ini sangat lezat dan seringkali membuat orang ketagihan. Kartika Sari adalah salah satu pusat oleh-oleh di Bandung yang menyediakan Bolen Pisang dengan rasa asli. Bolen Pisang di tempat ini sudah terkenal sejak tahun 1970 dan rasa aslinya masih terjaga hingga sekarang. Pisang Bolen Kartika Sari adalah pelopor produk Pisang Bolen di Jawa Barat dan wajib dikunjungi saat berlibur di Kota Kembang. Pisang Bolen Kartika Sari memiliki beberapa varian rasa, seperti keju, cokelat, cokelat keju, dan durian. Jika Anda ingin mencari jajanan kuliner lainnya, jangan khawatir karena Kartika Sari juga menyediakan berbagai macam kue, seperti risoles, bagelen, kroket, brownies kukus rainbow, dan pastel. Kartika Sari berlokasi di Jalan H. Akbar No. 4 Kebun Kawung, Bandung.

Gepuk Nyonya Ong, sumber: www.yummybandung.com

Gepuk adalah oleh-oleh khas Bandung yang populer di kalangan pecinta perjalanan. Gepuk Nyonya Ong, yang terletak di Jalan Dr. Djunjunan, tidak pernah sepi dari pembeli setiap harinya. Rasa gepuknya sangat enak karena berasal dari resep tradisional yang diwariskan secara turun-temurun. Gepuk adalah makanan olahan dari daging sapi, mungkin di daerah lain dikenal sebagai empal. Bentuknya agak aneh, yaitu potongan daging yang dipukul dan diratakan lalu dijajakan dengan lidi. Mungkin tujuannya adalah agar daging tidak hancur saat dimasak. Tidak hanya daging sapi, Gepuk Nyonya Ong juga menawarkan oleh-oleh dari daging ayam. Gepuk sendiri memiliki beberapa varian rasa seperti Beef Less Sugar, Beef Salty, Beef Extra Pedas, dan Beef Original. Tersedia juga Chicken Spicy dan Chicken rasa Original di sana. Gepuk Nyonya Ong lebih enak dinikmati dengan nasi hangat yang masih mengeluarkan asap. Gepuk Nyonya Ong berlokasi di Jalan Dr. Djunjunan No. 155E, Bandung.

Surabi, sumber: berbagairesep.com

Rasa enak Surabi selalu mengingatkan kita pada Kota Bandung. Jajanan khas Bandung ini dulunya sering disebut sebagai ‘makanan kampung’. Namun, di era modern sekarang Surabi yang merupakan kue tradisional dari Bandung lebih disukai oleh para wisatawan. Bahkan, Surabi telah menjadi ikon Kota Bandung sebagai jajanan wajib bagi para pengunjung. Surabi memiliki beberapa varian rasa. Ada Surabi rasa Oncom, Durian Keju, Kismis, Ayam Telur Keju, dan masih banyak lagi pilihan rasa lainnya. Surabi adalah jajanan tradisional yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Tampilan dan rasa Surabi tetap mempertahankan keaslian meskipun dikemas dengan lebih modern. Ada beberapa tempat di Bandung yang menyediakan Surabi sebagai oleh-oleh, tetapi yang lebih terkenal adalah Surabi Enhai. Di Surabi Enhai, tersedia berbagai macam rasa Surabi dengan harga terjangkau. Surabi Enhai berlokasi di Jalan Setiabudi, Bandung.

Oncom, sumber: tipscaramembuat.blogspot.com

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Bandung, jangan lupa mencantumkan Oncom dalam daftar belanjaan Anda. Kuliner tradisional yang satu ini memiliki rasa yang khas dan unik. Oncom adalah produk olahan dari kacang yang difermentasi. Oncom kemudian dijadikan bahan utama pembuatan berbagai masakan lezat, seperti Oncom Goreng dan lain-lain. Oncom Raos adalah salah satu tempat di Bandung yang menyediakan jenis olahan Oncom. Oncom Raos sudah terkenal sejak 40 tahun yang lalu dengan