Destinasi Wisata Madiun, Kota Gadis yang Punyai Daya Ambil Tertentu

Destinasi Wisata Madiun
Destinasi Wisata Madiun

Destinasi Wisata Madiun – Ternyata tidak hanya Jogja yang dijuluki Kota Siswa, Madiun , lho. Wilayah yang alami pemekaran di tahun 2010 dan terdiri jadi kota dan kabupaten ini jadi magnet kuat untuk mereka yang ingin mengenyam pengajaran di region Jawa Timur.

Madiun terkenal sebagai pusat industri perkeretaapian dalam negeri. Mayoritas gerbong KA yang kamu naiki dibikin di sini. Karena itu, tidaklah aneh jika Kota Madiun dijuluki Kota Gadis. Eits, bukan gadis manis yang menyukai kamu lirik, tetapi akronim dari Perdagangan, Pengajaran, Perindustrian.

Tapi, daya tarik kota pemroduksi brem ini gak hanya itu. Ada beberapa daya tarik rekreasi yang akan buat kamu susah move-on dari tempat ini. Yok, kita coba telusuri keelokannya satu demi satu.

1. Waduk Bening Widas

Meski daerah Madiun tidak punyai pantai, kamu yang suka rekreasi air tidak boleh berkecil hati dahulu. Masalahnya, Madiun punyai Waduk Bening Widas yang tidak kalah memikat buat didatangi, kok. Selainnya digunakan sebagai pembangkit listrik dari saluran Sungai Brantas, waduk ini dijadikan salah satu tempat wisata unggulan Kabupaten Madiun dengan luas mencapa 860 Km².

Waduk yang elok ini berada di Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun atau memiliki jarak sekitaran 40 Km dari Kota Madiun. Selainnya nikmati pemandangan permukaan waduk yang dikitari rimba, kamu bisa juga lakukan beragam aktivitas seperti memancing, bermain banana boat, sampai keliling waduk naik perahu.

2. Air Terjun Seweru

Buat kamu yang suka blusukan ke lereng gunung, Air Terjun Seweru yang berada di Desa Seweru, Dusun Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ini pasti pantang kamu terlewat. Air terjun ini dibalut dengan beberapa nama, seperti Serondo, Kedung Malem, dan Slampir. Lepas dari jumlahnya nama, eksotisme air terjun ini bagus sekali untuk disentuhi.

Memang, perjalanan kesini tidak mudah. Sesudah tempuh lebih kurang 25 Km dari pusat perkotaan Madiun, kamu perlu melalui jalan berbatu yang melawan. Kemudian, kamu harus melibas lajur yang masih ada dengan trackking sepanjang 1 Km, Tetapi, ditanggung semua usahamu akan terbayar demikian kamu sampai di lokasi. Apa lagi, perkebunan kopi yang melingkari air terjun ini menambahkan daya tarik yang dimilikinya.

3. Air terjun Banyulawe

Lereng gunung Wilis di teritori Kecamatan Kare simpan beberapa kekuatan rekreasi yang hebat. Selainnya air terjun Seweru, ada juga air terjun Banyulawe yang simpel tetapi memesona. Air terjun ini terselinap dibalik rimba di dusun Kepel Kecamatan Kare. Memanglah tidak mudah mendapati air terjun ini, tetapi jika nyasar, kamu dapat memanfaat GPS alias Pakai Warga Sekitaran dengan bertanya.

4. Gunung Wilis

Gunung Wilis adalah salah satu gunung di Jawa Timur yang melawan untuk didaki walau tidak terlampau tinggi. Apa lagi, gunung ini mempunyai beberapa pucuk dengan lajur pendakian dari kota-kota. Salah satunya lajur pendakian untuk menelusuri Gunung Wilis ialah melalui Dusun Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Untuk memulai pendakian, kamu dapat lapor dahulu ke petugas di pos Kempo yang berada di perkebunan kopi Kandangan sesudah melalui Dusun Kare. Seterusnya, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor atau menumpang ojek sampai ke desa Pulosari. Setelah itu, baru kamu mengawali trackking ke pucuk.

5. Wana Wisata Grape

Lima belas kilometer dari Kota Madiun, atau persisnya di Dusun Kemresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ada tempat rekreasi yang hendak membawamu pada nuansa rimba asri yang bersatu dengan pemandangan persawahan dan bukit-bukit. Wana Rekreasi Grape namanya.

Jika kamu perlu tempat untuk larikan diri sesaat dari sesaknya kegiatan rutin, Wana Rekreasi Grape ialah lokasi yang pas untukmu. Beberapa hal yang dapat kamu kerjakan di sini, dimulai dari naik sepeda, hiking, main di sungai, sampai kemping. Apa lagi, berekreasi di sini termasuk murah dan meriah.

6. Situs Nglambangan

Kalau kamu tertarik dengan beberapa tempat bau riwayat periode lalu, pastikanlah kamu singgah ke situs riwayat Nglambangan yang berada di Dusun Nglambangan, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, atau sekitaran 8 Km ke timur Kota Madiun. Di website ini, kamu dapat mendapati sejumlah warisan riwayat dari kerajaan Majapahit.

Ada sejumlah bangunan dan artefak yang tetap terlindungi sampai saat ini, seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon yang umum dipakai untuk simpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, dan Sendang Jambang. Tiba ke arah tempat ini, kamu akan dibawa kembali melalui masa lalu dan memikirkan kemasyhuran kerajaan Nusantara di periode lalu.

7. Monumen Kresek

Monumen Kresek yang berdiri di area selebar 2 hektar di Dusun Kemresek, Kecamatan Dungus, Kabupaten Madiun, ini ialah monumen peringatan dari tragedi berdarah Kejadian Madiun tahun 1948. Berikut riwayat gelap perlawanan komunis pada beberapa tahun awalnya kemerdekaan RI yang tewaskan beberapa orang di dusun Kemresek. dimulai dari anggota TNI, pamong dusun, sampai warga biasa.

Di sini, kamu dapat menyaksikan episode-adegan Kejadian Madiun yang direkonstruksi melalui diorama dan relief-relief. Lokasinya lumayan dekat, cuma berjarak sekitaran 8 Km ke arah arah timur dari Kota Madiun.

8. Alun-Alun Kota Madiun

Alun-alun kota Madiun sudah diatur sebegitu bagus untuk terdapatnya ruang umum yang nyaman untuk masyarakatnya. Sesudah kamu senang menelusuri beragam tempat di Kabupaten Madiun, sekarang waktunya kamu nikmati atmosfer Kota Madiun yang meriah. Habiskan soremu di sini sekalian kongkow, jajan, jogging, atau sekedar beberapa foto.

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorite muda-mudi Kota Gadis ini untuk habiskan waktu. Siapa yang tahu ada yang memikat hati kamu?

9. Menikmati pecel Madiun dan sego jotos

Kamu tentu tidak asing lagi dengan enaknya pecel. Setiap wilayah punyai macam pecelnya masing-masing. Karena itu, kamu harus mencoba pecel ciri khas Madiun saat berkunjung ke kota ini. Kombinasi sayur hijau, daun kemangi, bunga kecubung, lauk berbentuk empal atau rempelo ati plus sambal kacang akan buat kamu suka.

Selain pecel, kamu harus coba sego jotos. Kulineran yang ini sama dengan nasi kucing yang ditawarkan di angkringan. Bahkan juga, jumlah jatahnya juga sama. Makanan ini disebutkan sego jotos karena nasinya cuma sebesar kepalan tangan (jotos).

Walau sering dilirik sebelah mata, Kota Gadis rupanya simpan beragam kekuatan yang memikat buat dicoba dan ditelusuri. Pasti, belum semua tercantum di sini.