5 Kota Destinasi Wisata Kulineran Indonesia, Asik Makan Nikmat!

Destinasi Wisata Kulineran Indonesia
Destinasi Wisata Kulineran Indonesia

Satu hal yang jelas selalu sahabat kerjakan saat berlibur, tentu saja mencicip bermacam -kuliner sedap yang berada di destinasi wisata. Selainnya masalah keelokan alam dan budaya, memberikan kepuasan lidah dan perut memang harus menjadi fokus utama.

Pastinya, tiap wilayah memiliki makanan uniknya sendiri. Nach, untuk kamu yang hendak liburan, perlu nih baca artikel ini sampai habis. Ada beberapa referensi makanan, restoran terbaik, sampai oleh-olehan ciri khas dari kota-kota di Indonesia yang kerap menjadi tujuan berlibur. Simak kuuuy!

8 destinasi Wisata Indonesia yang Harus Kamu Datangi

Ini dia 5 kota yang dapat buat perutmu bahagia sampai mentok. Rekreasi kulinerannya akan membuat kamu tidak dapat stop kunyah. Kuy kepoin dan pikirkan kesedapannya saat ini juga.

1. Medan, Jangan Lupa Makan Durian Sepuasnya

Kota destinasi wisata Indonesia pertama yang hendak kita ulas ialah Medan. Untuk sahabat yang dari kota ini, tentu tidak asing dengan makanan seperti mie gomak yang umum dihidangkan bersama kuah lontong atau mungkin dengan bumbu kacang.

Selain itu, Medan populer dengan lontong medan. Makanan ini umumnya dikonsumsi untuk makan pagi. Ada lontong, mie, tauco, kuah sayur, bumbu kacang, dan krupuk. Lebih tinggi protein dengan telur atau ayam.

Ada juga bihun bebek yang hanya berada di Medan. Yang dari sajian ini ialah kuahnya yang dari kaldu daging dan tulang bebek. Diperlengkapi dengan bihun, suwiran bebek rebus, sawi, dan bawang putih cincang, bihun bebek jadi opsi oke untuk makan pagi yang mengenyangkan.

Untuk restoran legendaris yang dapat kamu datangi di Medan salah satunya ada kari ayam di RM Tabona yang tidak pernah sepi pengunjung, dan rasakan segarnya es cream tip hebat yang sudah exist semenjak jaman Belanda.

Sebenarnya, terdapat beberapa pilihan soal oleh-olehan ciri khas Medan. Tetapi, yang harus kamu cicip pada tempat dan bawa pulang produk buatannya pasti saja legitnya durian Medan di Ucok Durian. Nach, kamu dapat nih coba bawa pulang kopi sidikalang yang jadi rajanya kopi di Sumatra.

2. Surabaya, Mencicipi Gurihnya Sate Klopo dan Oleh-Oleh Sambal Ulek

Kota Surabaya simpan banyak kuliner legendaris yang harus dicoba. Salah satunya makanan uniknya ialah sate klopo. Perbedaannya sate klopo dengan sate secara umum ialah pemakaian bumbu kelapa parut saat pembakaran sate dan tambahan serundeng kelapa sebagai pelengkapnya.

Kamu bisa langsung berkunjung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang berada di wilayah Genteng Surabaya. Anjuran sich, seharusnya kamu cari tempat duduk lebih dulu ya sebelum pesan. Karena, tempat makan ini jarang-jarang sepi pengunjung.

Selanjutnya, lontong balap jadi makanan yang selalu dicari saat ada di Surabaya. Makanan ini terbagi dalam lontong, tauge, lentho, tahu goreng, bawang goreng, kecap, sampai sambal. Nach, lentho dan sambal berikut yang menjadi pembanding lontong balap dengan kupat tahu pada umumnya.

Yang ingin cuci mulut, sajian penutup yang harus dicoba saat ke Surabaya ialah es cream Zangrandi yang menjadi satu diantara sajian es cream paling tua di Surabaya semenjak tahun 1930. Hmm, harus dicicip nih bagaimana rahasianya masih tetap exist lebih dari 1/2 era.

Nah, tidak ketinggal soal oleh-olehan yang dapat kamu buntel untuk keluarga di dalam rumah. Coba saja bawa pulang Sambal Bu Rudy yang punyai banyak variasi rasa dan populer endulita ini. Disamping itu, Almond Krispi yang manis dan renyah pas buat oleh-oleh sepulang dari Surabaya.

3. Bandung, Surganya Jajan Aci

Kota Bandung menjadi satu diantara kota destinasi wisata yang punyai banyak jajan ciri khas yang nikmat dan inovatif sekali. Sebutkan saja nasi tutug oncom. Olahan nasi bakar dengan bumbu oncom dan dihidangkan bersama sambal, lahapan dan ayam goreng.

Ada juga surabi Bandung yang lebih oke disantap saat masih hangat. Janganlah lupa bertandang ke Warung Roti Gempol yang berada di wilayah Gempol, Bandung. Salah satu specialist roti tawar legendaris ini punyai tempat instagramable dan rasa yang buat rindu.

Kue balok brownies rasanya pas nih buat jadi oleh-oleh manis dari Kota Kembang ini. Teksturnya yang padat di luar dan lumer dalam emang buat tagih. Tentunya dapat buat kecintaanmu di dalam rumah happy~

Selain itu, tidak boleh lupakan jajan ngemil murah-meriah seperti cimol, cilok, cilor sampai batagor yang jelas memberikan kepuasan lidah sahabat yang menyukai makanan asin. Oiya, jajan kuno ini juga bisa jadi oleh-olehan lho.

4. Menikmati Antiknya Sate Klatak di Yogyakarta

Mendengar kata “angkringan” tentu yang pertama kalinya terbesit di pemikiran sahabat ialah Kota Yogyakarta. Bila berencana pilih destinasi rekreasi kulineran Indonesia, karena itu Yogyakarta harus masuk nih ke daftar kamu.

Beragam minuman sampai makanan sedap seperti Gudeg dapat kamu coba. Olahan sayur nangka muda yang diolah beberapa jam dengan santan ini punyai cita-rasa manis dan biasa dihidangkan bersama telur rebus, ayam, dan sambal krecek.

Kamu harus nih berkunjung ke warung legendaris yang punyai makanan unik. Sate klatak Pak Pong namanya. Sajian daging kambing muda ini ditusuk dengan besi yang selanjutnya dibakar sampai masak. Berlainan dengan sate umumnya, sate klatak cuma diberi bumbu garam dan disajikan dengan kuah bening.

Jangan lupa untuk menghangatkan diri dengan melahap wedang ronde. Minuman jahe hangat dengan kombinasi bola beras ketan berisi kacang pas sekali untuk santapan pada malam hari sesudah senang eksplor Jogja tentu saja.

Sebelum pulang, sekarang waktunya kamu pilih beragam oleh-olehan ciri khas Jogja. Satu diantaranya bakpia pathok yang saat ini punyai banyak variasi rasa dimulai dari kacang hijau sampai keju lho.

5. Mencicipi Lezatnya Resep Turun-Temurun Coto Makassar di Makassar Langsung

Bila inginkan destinasi rekreasi kuliner Indonesia sisi tengah, Makassar ialah kota yang pas untuk sahabat. Kota ini mempunyai banyak kulineran nikmat yang kaya rempahnya, sebutlah saja coto makassar, yaitu sup daging dan dalaman dengan kuah kental dan bermacam rempah.

Mampir saja ke RM Ranggong Coto Makassar yang lokasinya ada di Jalan Ranggong ini. Selainnya legendaris dari tahun 1965, rumah makan ini masih menjaga proses pembikinan coto dengan memakai tungku kayu bakar lho. Hmm, tentunya wewangian dan cita-rasanya lebih mantappp~

Setelah senang nikmati hidangan sup, janganlah lupa mencicip makanan penutup ciri khas Makassar yaitu es palu butung. Es ini dibuat dari pisang manis yang dihidangkan bersama susu kental manis, bubur sumsum, dan sirup merah.

Terakhir, ada kue bagea dan kue banang-banang nih yang dapat kamu membawa untuk jadi oleh-olehan. Murah dan dech rasanya.