Wisata Kulineran Jogja, dari yang Legendaris sampai Kekinian

Wisata Kulineran Jogja
Wisata Kulineran Jogja

Jogja memang merupakan salah satunya destinasi wisata favorite beberapa wisatawan. Banyak tempat rekreasi populer dimulai dari yang melipur sampai mendidik. Tidaklah aneh jika propinsi satu ini selalu dipenuhi pelancong tiap musim berlibur datang.

Selain tempat wisata selingan, kamu harus coba rekreasi Jogja. Banyak makanan dan minuman yang pantas kamu cicip dimulai dari makanan tradisionil sampai makanan modern. Jogja dikenal juga pada yang murah dan meriah . Maka tidak boleh cemas kantong jebol untuk nikmati rekreasi Jogja.

Tips Keliling Jogja Sepanjang Berlibur: Sewa Mobil Lepas Kunci di Jogja

Sebagian besar tempat wisata di Jogja ada di luar pusat perkotaan Jogja dan tidak ada kendaraan umum untuk dapat ke situ . Maka untuk dapat bertandang ke banyak tempat wisata di Jogja, kami mereferensikan untuk rental mobil di Jogja supaya berlibur kamu lebih maksimal.

1. Gudeg Yu Djum

Ya, Jogja memang populer dengan gudegnya. Salah satunya yang terpopuler dan legendaris ialah Gudeg Yu Djum. Pelopor rumah makan ini ialah Ibu Djuwariah yang umum dipanggil Yu Djum. Nach, Gudeg Yu Djum sendiri telah berada di Jogja semenjak 1950-an, lho.

Kamu bisa membeli gudeg ini untuk langsung dikonsumsi di situ atau dibawa sebagai oleh-olehan. Tidak boleh cemas, Gudeg Yu Djum sendiri banyak memiliki toko yang tersebar salah satunya di Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Wates, Jalan Wonosari, sampai dekat Yogyakarta International Airport

Alamat: Jl. Kaliurang Km. 4.5, Karangasem, Mbarek CT III/22, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 20.000 per porsi

2. Gudeg Pawon

Kuliner gudeg di Jogja memang tidak ada matinya dan banyak pilihan. Gudeg Pawon dapat menjadi satu diantara opsi antara rumah makan gudeg yang populer legendaris. Antiknya, kamu dapat melihat langsung ke dapur tempat pembikinan gudeg. Oleh karena itu tempat makan ini diberi nama Gudeg Pawon, yang dalam bahasa Jawa pawon maknanya dapur.

Normalnya Gudeg Pawon ini baru memulai membuka jam 22.00 WIB. Tetapi sekarang jam membuka mereka sesuaikan karena keadaan PPKM . Maka yakinkan cek sosial media mereka di @gudegpawonjogja saat sebelum bertandang ke situ.

Alamat: Jl. Prof. Dr. Soepomo SH, Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 20.000 per porsi

3. Gudeg Permata

Gudeg legendaris yang lain yang terkenal di Jogja ialah Gudeg Permata. Berada pas disebelah barat sisa gedung bioskop Permata, rumah makan legendaris ini mulai membuka dari jam 20.30 WIB. Sama dengan tempat gudeg yang lain, kamu harus betul-betul tiba lebih cepat untuk menghindari barisan panjang. Mahfum karena sangat populernya, terkadang barisan mulai mengular bahkan juga saat sebelum Gudeg Permata buka, lho.

Kamu dapat melihat beragam jenis isian yang berada di baskom. Dimulai dari, telur, ayam suwir, sambal kerecek, tetelan, dan ada banyak alternatif lain. Gudeg yang mengunggah hasrat dipadankan teh hangat ialah menu yang terbaik sekalian nikmati situasi malam Jogja.

Alamat: Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 20.000 per porsi

4. Angkringan KR Pak Jabrik

Kuliner Jogja tidak terus-terusan gudeg. Angkringan sebagai salah satunya icon Jogja yang tidak kalah populer. Kamu bisa secara mudah menemukan angkringan di Jogja, tetapi harus coba salah satunya yang populer yakni Angkringan KR Pak Jabrik. Kerap disebutkan oleh beberapa orang sebagai angkringan KR karena lokasinya tepat di halaman muka kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat.

Di sini kamu dapat pilih nasi kucing dengan beberapa banyak macam menu. Disamping itu, janganlah sampai tidak ambil sate-satean yang disiapkan dimulai dari sate usus ayam, sate telur puyuh, sate dalaman, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kec. Jetis, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 2.000 per buntel

5. Angkringan Lik Man

Salah satu angkringan yang lain harus kamu kunjungi ialah Angkringan Lik Man. Angkringan ini khusus karena sediakan menud kopi yang tidak biasa yaitu kopi hebat, kopi yang di atasnya ditarus arang yang panas membara. Walau cukup antimainstream, tetapi menu minuman ini populer dan banyak peminatnya.

Angkringan Lik Man membuka mulai dari sore hari. Menu di sini juga hampir serupa variasinya dengan pada tempat angkringan lain salah satunya ada nasi kucing, beragam jenis sate, dan variasi gorengan hangat.

Alamat: Jl. Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 2.000 per bungkus

6. Heha Sky View

Jogja memang dikenal dengan kulineran tradisionil dan legendaris. Tetapi Jogja punyai rekreasi kulineran modern yang kece setelah. Satu diantaranya ialah Heha Sky View yang sebenarnya sebagai pemain baru. Walau demikian, tempat ini jadi langsung buruan beberapa anak muda Jogja dan wisatawan luar kota

Letaknya memang cukup jauh dari pusat perkotaan, yaitu di Gunungkidul. Tetapi ditanggung tidak akan rugi jika kesini. Karena, banyak stall makanan yang berada di sini dimulai dari sate taichan, makaroni pedas, dan mempunyai restaurant tertentu. Apa lagi banyak spot photo instagramable yang dapat kamu eksplor dan janganlah lupa untuk rasakan berjalan pada atas kaca dalam ketinggian di Sky Glass.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk No.2, Patuk, Bukit, Patuk, Gunung Kidul Regency, Jogjakarta

Harga: Ticket masuk dibandrol mulai dari Rp 10.000

7. Cafe Brick

Pengin makan bonus ‘jalan-jalan’ ke Eropa? Kamu tidak perlu turut kuis berhadiah undian, cukup datangi saja ke Kafe Brick yang berada di teritori Jalan Damai. Cafe kekinian ini mempunyai design bangunan dengan lanscape bak ada di beberapa negara Eropa.

Kamu dapat menemukan makanan eksklusif dengan harga terjangkau di cafe satu ini. Dimulai dari menu burger Brick Mon’s Burger, menu waffle Brick Chicken Cone, sampai menu panekuk Brick Flipp Pancake yang kami referensikan buat kamu.

Alamat: Jalan Damai No.8, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Jogjakarta

Harga: Mulai dari Rp 25.000