Citilink Mendukung Kebijakan Bebas Masker bagi Penumpang yang Sehat

Bebas Masker bagi Penumpang yang Sehat
Bebas Masker bagi Penumpang yang Sehat

Citilink, maskapai penerbangan berbiaya murah di bawah bendera Garuda Indonesia, mulai memberlakukan kebijakan baru yang meniadakan syarat penggunaan masker bagi para penumpang. Kebijakan ini diambil sebagai respon atas surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 16 Tahun 2023 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang dengan Transportasi Udara pada Masa Transisi Endemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam keterangannya, Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai, mengatakan bahwa maskapai ini mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk meniadakan syarat penggunaan masker, yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

Menurut surat edaran itu, penumpang diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19. Namun, penumpang yang kurang sehat atau berisiko terkena COVID-19 diimbau untuk tetap menggunakan masker. Selain itu, penumpang diingatkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 booster ke-2 atau dosis keempat serta tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT.

Citilink juga menerapkan kebijakan peniadaan syarat penggunaan masker bagi awak kabin maupun petugas darat yang bertugas. Namun, mereka tetap diwajibkan untuk melakukan self-assessment kondisi kesehatannya dan menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin saat bertugas.

Meskipun Citilink mendukung kebijakan baru ini, maskapai ini tetap memonitor perkembangan pelaksanaan protokol kesehatan di masa transisi endemi ini untuk mengendalikan penularan COVID-19 dan memberikan penerbangan yang aman dan nyaman dengan memprioritaskan kesehatan bagi seluruh penumpang.

FAQs Bebas Masker bagi Penumpang yang Sehat:

1. Apakah citilink memberlakukan kebijakan baru dalam hal penggunaan masker?
2. Mengapa citilink meniadakan syarat penggunaan masker bagi para penumpang?
3. Apa yang harus dilakukan penumpang apabila sedang tidak dalam keadaan sehat?
4. Apa saja yang diwajibkan untuk dilakukan penumpang pada surat edaran tersebut?
5. Apa yang dilakukan oleh citilink untuk mengendalikan penularan COVID-19 selain meniadakan syarat penggunaan masker?