Tiket Pesawat Murah

Turkish Arlines Kembali Buka Rute Istanbul-Bali di Bandara Ngurah Rai

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali menambah rute penerbangan internasional reguler dengan beroperasinya rute -Bali pulang-pergi (PP) oleh maskapai Turkish Airlines.

Rinciannya, penerbangan bernomor TK66 berangkat dari Bandara Istanbul, lalu mendarat di runway Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (29/3/2022) malam pukul 19.41 Wita. 

Setelah menempuh perjalanan selama hampir 12 jam, penerbangan dengan pesawat tipe Boeing 787-900 Dreamliner tersebut tiba di Pulau Dewata dengan mengangkut 288 penumpang.

Kemudian, pesawat kembali mengudara untuk melayani rute Bali- melalui penerbangan dengan nomor TK67 pada hari yang sama, tepatnya pukul 21.35 Wita, dengan mengangkut 208 penumpang.

Berdasarkan jadwal, penerbangan ini akan beroperasi tiga kali dalam seminggu, yaitu setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, menyambut baik pembukaan kembali rute ini.

“Kami menyambut hal ini dengan sangat antusias. Pertama, karena semakin banyak rute internasional yang terhubung dengan Bali. Kedua, karena okupansi dari penerbangan perdana Turkish Airlines TK66 hampir mencapai 96 persen dari total kapasitas kursi penumpang pesawat,” ujar Faik Fahmi, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (30/3/2022).

Sebagai informasi, sebelumnya Turkish Airlines mengoperasikan rute ini sejak bulan Juli 2019, namun sempat menghentikan operasinya pada awal pandemi tahun 2020.

“Untuk rute Bali-Istanbul, tingkat keterisian pesawat pun juga cukup tinggi, yaitu 70 persen,” ia menambahkan.

Menurut Faik Fahmi, kabar ini merupakan awal yang sangat baik. Mengingat animo, kepercayaan diri, dan antusiasme pengguna jasa yang juga semakin tinggi.

Jumlah penumpang dan trafik pesawat Bandara Ngurah Rai

Dengan tambahan rute tersebut, kini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai resmi melayani tujuh rute internasional reguler.

Ketujuhnya adalah Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, Doha, dan Istanbul.

Adapun Maskapai Turkish Airlines menjadi maskapai ke-10 yang melayani rute penerbangan internasional reguler dari dan menuju Bali, bergabung dengan Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, JetStar Asia, Scoot, KLM, JetStar Airways, AirAsia, dan Qatar Airways.

Baca juga: Tanah Lot dan Uluwatu Bali Masuk 10 Tempat Sunset Terbaik di Dunia

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai, mulai Kamis (3/2/2022) lalu hingga Selasa (29/3/2022), tercatat sebanyak 28.623 penumpang dan 289 pergerakan pesawat udara keluar-masuk Bali.

Dengan rincian, 18.126 penumpang dan 148 pergerakan pesawat datang, serta 10.497 penumpang dan 141 pergerakan pesawat meninggalkan Pulau Dewata. 

“Dengan tambahan penerbangan ini, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani rata-rata harian 520 penumpang dan lima pergerakan pesawat per hari,” terang Faik Fahmi.

Ia melanjutkan, untuk periode musim panas atau summer period, PT Angkasa Pura I telah menerima daftar rencana penerbangan rute internasional reguler yang izin rutenya telah terbit.

Selain itu, ada beberapa maskapai yang saat ini dalam proses pengaktifan kembali rute penerbangan melalui Direktorat Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kami optimistis rute penerbangan internasional reguler yang kami layani akan terus bertambah. Kami menyambut dengan antusias, karena tentunya hal ini akan membawa angin segar terhadap pariwisata dan akan mendorong pemulihan kembali ekonomi,” pungkasnya. Selengkapnya

Berita ini sudah terbit di https://www.msn.com/id-id/travel/ideperjalanan/turkish-arlines-kembali-buka-rute--bali-di-bandara-ngurah-rai/ar-AAVEyqx dengan judul
Turkish Arlines Kembali Buka Rute -Bali di Bandara Ngurah Rai