Alun Alun Regol, Wisata Taman Edukatif Terpanjang Bandung

Alun Alun Regol, Wisata Taman Edukatif
Alun Alun Regol, Wisata Taman Edukatif

Sebagai salah satu karya revitalisasi taman terakhir di masa kepemimpinannya sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil meresmikan destinasi alternatif wisata Alun-Alun Regol pada tanggal 7 Februari 2018 lalu. Regol Park juga diakui sebagai taman wisata terpanjang yang pernah diterbitkan Walikota sekaligus Bapak Revolusioner Kota Bandung itu.

Daya Tarik Alun Alun Regol

Sebagai bagian dari visi untuk melestarikan aliran sungai yang ada di Bandung yang dikenal dengan nama Citarum Harum, Pemkot Bandung bermaksud merevitalisasi aliran sungai Cikapundung yang membelah Kota Bandung. Mengapa?

Karena bantaran sungai kerap dijadikan tempat kumuh berisi bangunan liar sekaligus pembuangan sampah warga sekitar. Bahkan tak sedikit penduduk sekitar menyebutkan kalau dahulu daerah itu keeung tiiseun paroek atau seram, sepi dan gelap.

1. Dari Tempat Pembuangan Sampah di Sulap Menjadi Taman

Caranya adalah dengan menyulapnya menjadi ruang terbuka hijau yang diberi nama Alun-Alun Regol. Dinamai Alun-Alun Regol mengingat lokasinya di Kecamatan Regol, tepatnya di lahan kosong di sebelah kiri jembatan penghubung Jalan Pasirluyu Selatan dan Jalan Surabaya.

Kawasan tersebut dulu dikenal sebagai Tempat Pembuangan Sampah atau TPS oleh warga sekitar. Sebelum akhirnya berhasil diubah menjadi taman tempat liburan rekreasi anak yang edukatif.

2. Merupakan Salah Satu Taman Terpanjang di Bandung

Taman yang terbentang sepanjang satu kilometer tersebut kini dipenuhi berbagai fasilitas yang mempercantik pesona keindahannya disertai dengan rindangnya pepohonan di sekelilingnya. Kamu akan menemukan kolam air, taman bunga serta gazebo yang sempurna buat dijadikan tempat bersantai serta bercengkerama bersama keluarga dan sahabat.

Ngapain di Alun-Alun Regol?

Seperti layaknya tempat wisata di Kota Bandung lainnya, kamu bisa bersantai di gazebo sembari menyaksikan indahnya taman bunga dan kolam air yang tersedia. Ditambah sejuknya udara segar di taman serta suara gemericik aliran sungai, kamu dijamin bakal merasa damai, tenang serta nyaman sekaligus menghilangkan penat dan rasa lelah yang dirasa setelah seharian beraktivitas.

1. Memiliki Desain yang Unik

Desain Alun-Alun Regol Kota Bandung yang unik dan kreatif selain berguna sebagai tempat rekreasi dan bersantai warga juga sekaligus menjadi bagian pelestarian alam yang dilakukan Pemkot Bandung. Berbagai spot menarik yang ada bisa kamu pakai sebagai latar foto selfie maupun wefie kamu yang pastinya bakal Instagramable dan keren.

2. Bercengkrama dan Bersantai di Gazebo

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu bisa menemukan berbagai fasilitas pendukung kenyamanan dan keamanan kamu selama bercengkerama di Alun-Alun Regol. Entah itu gazebo buat kamu beristirahat, taman bunga yang indah nan mempesona, kolam renang dangkal buat anak kamu bermain air serta jembatan berwarna-warni. Semuanya itu sangat layak dijadikan foto yang Instagramable.

3. Tersedia Wahana Permainan Anak

Anak kamu juga bisa menjajal berbagai wahana permainan yang tersedia lho, seperti misalnya kereta mini, permainan mobil dan motor mini yang memakai aki, serta fasilitas edukatif pemberi jasa belajar mewarnai. Tapi kalau anak kamu belum bisa mengendarai mobil atau motor mainan tersebut, jangan kuatir. Pihak penyedia permainan juga menyediakan jasa bimbingan kok buat anak kamu selama menyewanya.

Keberadaan Alun-Alun Regol juga membawa dampak positif lho buat warga sekitar, mereka merasa senang karena bisa membuka usaha di sekitar taman, seperti misalnya menjual aneka makanan dan minuman. Selain menguntungkan kamu para pengunjung juga menguntungkan warga sekitar bukan?

4. Sarana Tempat Istirahat Ojol

Banyak warga yang rutin mengajak keluarga mereka kesana, karena anak mereka bisa bermain sembari belajar. Manfaat lainnya dari Alun-Alun Regol dirasakan oleh para pengemudi ojek online atau pengemudi kendaraan lain, karena mereka bisa beristirahat sejenak dari kesibukan mereka. Suasana sejuk yang dirasakan saat semilir angin mengenai kulit serta wajah seakan menghilangkan rasa lelah mereka, terutama di saat terik matahari siang hari.

Pengelolaan Alun-Alun Regol Pasirluyu sendiri terdiri dari forum warga yang membentuk paguyuban bernama Pamacan. Mereka diberi kewenangan buat mengelola parkir serta toilet yang ada di dalam Alun-Alun Regol, guna mengantisipasi timbulnya anggaran di APBD.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Alun-Alun Regol

Regol Park bisa kamu temukan di Jalan Pasirluyu Selatan, Pasirluyu, Kecamatan Regol, Bandung, Jawa Barat 40254.

1. Harga Tiket Masuk Alun Alun Regol

Kalau mau berniat mengajak keluarga buat menikmati berbagai wahana permainan yang ada, cukup merogoh kocek Rp. 10.000 lho. Terjangkau bukan? Tapi ingat ya, ada batasan waktunya, yaitu selama 10 menit saja buat semua permainan, namun jasa belajar mewarnai sampai selesai.

Sementara buat fasilitas pendukung lain seperti jembatan, kolam renang serta gazebo kamu tidak perlu keluarkan uang sepeserpun lho alias gratis. Lain halnya kalau kamu bawa kendaraan sendiri, ada biaya parkir yang mesti kamu bayar, sebesar Rp. 2.000 buat kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 buat kendaraan roda empat.

2. Tempat Wisata Terdekat

Nah, buat kamu sekeluarga yang masih mau menjelajahi berbagai destinasi wisata yang ada di sekitarnya, juga bisa lho. Entah kamu bisa kunjungi Panghegar Waterboom, Trans Studio Bandung, Alun-Alun Kota Bandung, ataupun Kampoeng Tulip. Mungkin itu saja yang bisa kita sampaikan. Selamat berlibur!