10 Tempat Wisata Menarik di Purwokerto

Tempat Wisata Menarik di Purwokerto
Tempat Wisata Menarik di Purwokerto

Nama Purwokerto mungkin masih asing bagi para wisatawan yang sedang mencari tempat tujuan wisata. Kota Purwokerto, yang merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah, tidak begitu terkenal seperti kota-kota lain di provinsi tersebut seperti Solo, Semarang, dan Jepara. Namun, siapa sangka bahwa Kota Purwokerto sebenarnya memiliki banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini, ada 10 tempat wisata di Purwokerto yang wajib Anda kunjungi.

Pertama, ada Baturraden. Tempat wisata ini hanya berjarak 15 menit dari pusat kota dan menyajikan berbagai wahana seru seperti kolam renang, kolam luncur, sepeda air, dan pemandian air panas. Anda bisa menikmati segarnya udara di kawasan Baturraden dengan membayar hanya 14.000 Rupiah. Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat bebas polusi, baik di siang maupun malam hari. Di malam hari, Anda bisa menikmati langit yang dihiasi oleh gemerlap bintang yang indah.

Selain itu, ada juga Gua Maria Kaliori yang menjadi tempat wisata untuk rohani. Terletak 20 kilometer dari pusat kota, gua ini menawarkan fasilitas seperti pendopo untuk istirahat, gereja untuk beribadah, dan tempat duduk di bawah pohon yang rindang. Di gua ini, Anda juga dapat berziarah ke makam dengan patung-patung yang disebut oleh umat Nasrani sebagai malaikat. Patung Bunda Maria yang sudah diberkati oleh Paus Paulus II juga menjadi daya tarik bagi banyak orang yang mencari ketenangan batin.

Jangan lewatkan juga Kawasan Wisata Kuliner Jalan Prof Dr. Suharso, yang juga dikenal sebagai GOR Satria Purwokerto. Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis makanan, termasuk makanan khas Purwokerto seperti mendoan. Dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah, semua bisa Anda temukan di kawasan ini. Selain mendoan, tersedia juga getuk goreng yang hanya bisa Anda temukan di Purwokerto. Bagi Anda pecinta kuliner, tempat ini wajib dikunjungi.

Curug Cipendok juga merupakan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Terletak di Desa Karangtengah, Cilongok sekitar 25 kilometer dari pusat kota Purwokerto, curug ini menawarkan pemandangan alam yang masih alami dan udara yang sejuk. Meskipun jalan menuju tempat wisata ini cukup melelahkan, aksesnya sudah cukup baik. Setelah perjalanan yang panjang, Anda dapat langsung merendam diri di bawah air terjun setinggi 100 meter ini. Di perjalanan pulang, Anda pun dapat menikmati kuliner khas seperti tempe mendoan dan susu murni di warung-warung tepi jalan.

Jika Anda mencari kedamaian, Telaga Sunyi adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak sekitar 3 kilometer di timur kawasan Baturraden, tempat wisata ini menawarkan suasana danau yang alami dan air yang sangat dingin. Anda bahkan dapat melihat banyak kupu-kupu dan capung terbang di sekitar telaga ini. Pemandangan seperti ini sangat langka di zaman modern seperti sekarang, dan sulit ditemukan di kota-kota besar.

Selanjutnya, ada Gua Sarabadak yang cocok bagi pecinta tantangan. Untuk mencapai gua ini, Anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup melelahkan. Namun, setelah melewati perjalanan yang panjang, Anda akan puas dengan pemandangan batuan dengan warna keemasan dan aliran air segar yang alami di gua ini. Tidak hanya air dingin, di gua ini juga terdapat sumber mata air panas yang menenangkan.

Combong Valley adalah tempat yang tepat jika Anda menyukai kegiatan outbound. Di tempat ini, Anda bisa menikmati serunya wahana paint ball. Lebih baik datang bersama rombongan dan menikmati kegiatan outbound bersama di tempat ini. Selain itu, ada juga Pancuran 3 dan Pancuran 7 di kawasan yang sama dengan Baturraden. Tempat ini sering digunakan untuk pengobatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit, karena airnya mengandung belerang yang tidak berbahaya dan baik untuk kesehatan. Selain menikmati wahana air, Anda juga dapat menikmati pemandangan sekitarnya yang akan membantu menghilangkan rasa lelah.

Pemandian Kalibacin adalah tempat yang harus Anda kunjungi jika Anda mencari pemandian yang juga dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang. Terletak sekitar 17 kilometer dari Purwokerto, pemandian ini juga merupakan kawasan wisata sejarah peninggalan Belanda. Terakhir, ada Wanawisata Baturraden yang cocok digunakan sebagai lokasi perkemahan dengan keindahan hutan alam yang masih alami. Anda juga dapat menjelajahi cagar alam dan pembibitan tanaman seperti cemara dan pinus. Udara segar di tempat ini akan menyegarkan badan dan pikiran Anda.

Kunjungan Anda ke Purwokerto tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik ini. Jadi, jangan ragu untuk menyisihkan waktu sejenak saat berada di kota ini dan menjelajahi keindahan alam maupun kekayaan budaya yang ada di sana. Temukan pengalaman yang tak terlupakan di Purwokerto!

FAQs:
1. Apa yang membuat Purwokerto menarik sebagai tujuan wisata?
2. Berapa jarak tempuh dari pusat kota ke Baturraden?
3. Apa saja makanan khas Purwokerto yang dapat ditemukan di Jalan Prof Dr. Suharso?
4. Bagaimana cara menuju Curug Cipendok?
5. Berapa jarak tempuh dari Kota Purwokerto ke Telaga Sunyi?