Panduan Pilih Hotel untuk Staycation Terbaik di Jakarta

Staycation Terbaik di Jakarta
Staycation Terbaik di Jakarta

Mulai jemu harus tinggal di dalam rumah saja dan tidak dapat berlibur kemanapun? Bagaimana bila Anda coba staycation di hotel dekat rumah? Jika berdomisili di Jakarta, Anda dapat cari hotel untuk Staycation Terbaik di Jakarta. Ada beberapa hotel yang baik dan dapat diputuskan, seperti Shangri-La, Swissotel PIK Avenue, atau Pullman Jakarta Central Park.

Anda bisa juga pilih hotel staycation murah di Jakarta atau hotel yang instagramable. Lewat artikel ini, kami akan menolong Anda cari hotel terbaik untuk staycation. Tetapi, awalnya check dulu panduan pilih hotel dari kami saat sebelum memesan.

Apakah itu staycation?

Akhir-akhir ini, Anda tentu semakin kerap dengar kata staycation. Sebagian dari Anda kemungkinan masih tetap ada yang belum ketahui arti staycation sebetulnya. Staycation maknanya bermalam pada sebuah lokasi yang dekat sama rumah Anda. Pada dasarnya, Anda bermalam cuma untuk memperoleh situasi berlainan dari rumah sendiri.

Staycation ramai dibahas sejak ada wabah COVID-19. Oleh karena itu, beberapa hotel berlomba menarik pengunjung dengan memakai istilah staycation . Maka, mereka tawarkan situasi yang lain supaya pengunjung masih tetap berasa seperti liburan walau cuma bermalam di hotel.

Langkah pilih hotel staycation terbaik di Jakarta

Bila Anda ialah warga asli Jakarta, tidak perlu khawatir karena ada beberapa hotel yang dapat menjadi tempat staycation. Tetapi, bagaimanakah cara pilih hotel yang baik untuk staycation di Jakarta? Silahkan baca panduan dari kami di bawah ini.

1. Tentukan hotel dekat tempat rumah dan mencari lokasi yang strategis

Sama sesuai namanya, staycation ialah liburan di hotel dekat rumah Anda. Oleh karena itu, cari hotel yang ada di tempat Anda. Disamping itu, mencari hotel dengan lokasi strategis sama sesuai keperluan masing-masing. Apa Anda ingin hotel dekat mal, tempat makan, atau gampang dicapai transportasi umum?

Jakarta Pusat, pusat kesenian dan sejarah

Tempat Jakarta Pusat terdiri jadi sepuluh kecamatan, dimulai dari Cempaka Putih, Gambir, Kemayoran, Menteng, sampai Tanah Abang. Tempat pusat ini dikenali sebagai tempat elite dan usaha yang jadi pusat kesenian dan kebudayaan Jakarta.

Jakarta Utara, surganya kuliner dan tempat rekreasi keluarga

Jakarta Utara terdiri jadi enam kecamatan, dimulai dari Cilincing, Kelapa Gading, Pademangan, sampai Tanjung Priok. Tempat ini sangat identik dengan pantainya, yakni Taman Impian Jaya Ancol. Didalamnya ada beberapa tempat rekreasi lain, seperti Seaworld, Dunia Fantasi, dan lain-lain.

Jakarta Selatan, pusat hiburan malam

Jakarta Selatan terdiri dari sepuluh kecamatan, dimulai dari Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, sampai Tebet. Daerah Jakarta Selatan benar-benar terkenal sebagai pusat hiburan malam di Jakarta. Disamping itu, Anda bisa juga coba kulineran di wilayah Blok M, Senayan, dan Senopati.

Jakarta Barat, punyai wilayah pecinan yang legendaris

Jakarta Barat mempunyai delapan kecamatan, dimulai dari Cengkareng, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah, sampai Kembangan. Selainnya Jakarta Pusat, daerah ini sama dengan kebudayaan dan sejarah Indonesia. Tempat bersejarah yang bisa Anda datangi ialah Kota Tua, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, sampai museum Bank Mandiri.

Jakarta Timur, pusat belanja grosir yang murah

mempunyai sepuluh kecamatan, dimulai dari Cakung, Ciracas, Jatinegara, Kramat Jati, Matraman, Pasar Rebo, sampai Pulo Gadung. Daerah Jakarta Timur memiliki pusat belanja atau mal yang jual barang dengan jumlah grosiran.

2. Cek fasilitas hotel yang dijajakan

Pokok dari staycation ialah nikmati sarana hotel yang tidak dapat Anda peroleh di dalam rumah. Oleh karena itu, cek sarana hotel yang dijajakan dan samakan dengan keperluan Anda dan keluarga.

Playground atau kolam anak, buat anak-anak jadi semakin kerasan menginap

Bila Anda akan staycation bersama anak, yakinkan ada sarana yang membuat anak-anak kerasan tinggal didalamnya. Fasilitas yang harus ada sudah pasti kolam renang. Tetapi, akan lebih bagus kembali bila hotel itu mempunyai kids tempat, seperti kolam khusus anak atau playground. Karena ada sarana ini, anak akan berasa seperti berlibur sebenarnya.

Kolam renang, spa, dan gym, membuat Anda lebih fit dan relaks

Sarana kolam renang, spa, atau gym biasanya telah ada di hotel. Anda dapat mengoptimalkan semua sarana hotel ini saat staycation. Ketiga sarana ini pasti membuat Anda jadi lebih rileks dan bugar. Dua hal yang memerlukan untuk menantang penyakit COVID-19.

3. Ingin harga tambah murah? Tentukan tanggal di weekdays!

Staycation di hotel dapat memperoleh harga terjangkau? Sudah pasti! Anda dapat mendapatkan harga tambah murah dengan pilih waktu bermalam saat weekdays. Biasanya, hotel memberikan rate kamar tambah murah saat weekdays daripada saat akhir pekan. Tetapi, ini tidak berlaku bila ada tanggal merah yang jatuh pada weekdays.

3. Yakinkan hotel yang Anda datangi mempunyai sertifikat CHSE

Sejak Presiden Jokowi memutuskan Indonesia telah masuk endemi, semua tempat rekreasi, restaurant, dan hotel mulai melakukan aktivitas secara normal. Tetapi, di masa endemi tidak berarti COVID-19 sudah lenyap semuanya . Maka, masih tetap ada prosedur kesehatan yang penting jadi perhatian untuk semua tamu yang bermalam.

Disamping itu, hotel disarankan untuk menerapkan prosedur Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental sustainability (CHSE). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahkan juga membuat sertifikat CHSE untuk hotel yang telah mengaplikasikan prosedur ini . Maka, bila Anda concern pada kesehatan dan keamanan pada periode epidemi, yakinkan hotel yang Anda datangi mempunyai sertifikat ini.

4. Buat staycation lebih hebat dengan pilih hotel yang instagramable

Sekarang beberapa orang semakin tertarik tiba ke arah tempat yang mempunyai bangunan atau spot photo yang baik. Ketika menentukan hotel untuk staycation, Anda bisa juga menimbang hotel yang instagramable untuk bermalam. Tetapi, berharap dikenang jika hotel instagramable umumnya tidak mempunyai sarana komplet.

Kesimpulan

Walau masih juga dalam periode wabah COVID-19, tidak ada salahnya istirahat sesaat dari kegiatan rutin setiap hari dan lakukan staycation di hotel. Tentunya, hotel yang Anda tentukan harus terjaga aman dan bersih, dan ikuti protokol kesehatan. Yakinkan lokasi hotel vital, dekat mal, tempat makan, atau tempat rekreasi . Maka, Anda dapat sekalian eksplorasi tempat sekitaran jika bosan ada di hotel. Kurang lebih hotel yang mana menjadi incaran Anda?