13 Tips Menghadapi Penerbangan Ramai dan Penuh Drama di Musim Panas

Tips Menghadapi Penerbangan Ramai
Tips Menghadapi Penerbangan Ramai

Momen libur musim panas adalah saat yang paling sibuk di industri penerbangan. Rich Henderson dan Andrew Henderson, dua pramugari yang telah bekerja selama bertahun-tahun di maskapai besar di Amerika Serikat, mengungkapkan pengalaman mereka. Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips agar penumpang tetap nyaman saat bepergian di musim panas.

1. Lakukan perjalanan di pagi hari
Jika memungkinkan, sebaiknya lakukan perjalanan di pagi hari. Bulan-bulan musim panas yang sibuk seringkali mengalami penundaan dan masalah lainnya. Namun, perjalanan di pagi hari dapat membantu Anda menghindari efek dari pembatalan dan penundaan tersebut.

2. Pesan di luar jam sibuk
Mayoritas penumpang cenderung melakukan perjalanan pada hari-hari yang sibuk, seperti Jumat malam atau Senin pagi. Jadi, sebaiknya hindari waktu-waktu tersebut agar dapat menghindari keramaian dan kemacetan di bandara.

3. Hindari penerbangan transit yang mepet
Saat musim panas, seringkali kita melihat orang-orang berlarian dari satu pesawat ke pesawat lainnya melalui terminal. Mereka memiliki waktu yang sangat terbatas saat penerbangan transit. Sebaiknya hindari menjadi salah satu dari mereka. Meskipun pilihan ini mungkin lebih murah dan mempersingkat waktu perjalanan, akan lebih baik jika kita mengeluarkan sedikit lebih banyak uang agar memiliki waktu yang lebih longgar.

4. Baca cetakan kecil di tiket
Setiap maskapai memiliki kebijakan dan fasilitas yang berbeda-beda. Maka, sangat penting untuk membiasakan diri dengan apa yang dapat dan tidak ditawarkan oleh maskapai tersebut jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana. Terutama jika Anda memesan tiket melalui agen pemesanan lainnya, Anda mungkin akan bepergian dengan beberapa maskapai yang berbeda tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, selalu baca tulisan kecilnya dan ketahui dengan siapa Anda terbang.

5. Unduh semua aplikasi
Selama perjalanan Anda, aplikasi maskapai akan menjadi sahabat baru Anda. Meskipun biasanya kita akan menghapus aplikasi tersebut setelah sampai di rumah, aplikasi ini sangat penting untuk memberi tahu Anda tentang informasi penerbangan seperti waktu boarding, penundaan, perubahan kursi, perubahan gerbang, atau penawaran upgrade.

Dalam kesimpulannya, libur musim panas adalah saat yang sibuk di dunia penerbangan. Namun, dengan mengikuti beberapa tips di atas, Anda dapat tetap nyaman dan terhindar dari stres selama bepergian. Ingatlah untuk melakukan perjalanan di pagi hari, menghindari penerbangan pada jam sibuk, menghindari penerbangan transit yang mepet, membaca dengan teliti ketentuan maskapai, dan mengunduh aplikasi yang diperlukan. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

FAQs:
1. Apakah perjalanan di pagi hari benar-benar lebih baik untuk menghindari masalah penerbangan?
2. Mengapa pencarian penerbangan pada hari-hari tertentu seperti Jumat malam atau Senin pagi meningkat?
3. Bagaimana cara menghindari menjadi salah satu dari penumpang yang berlarian melalui terminal saat penerbangan transit?
4. Mengapa penting untuk membaca tulisan kecil di tiket penerbangan?
5. Apa manfaat dari mengunduh aplikasi maskapai saat melakukan perjalanan?