Tips Berkendara Ke Wisata Deles Indah Klaten, Bersahabat dengan Truk Pasir

Tips Berkendara Ke Wisata Deles Indah Klaten, Bersahabat dengan Truk Pasir
Wisata Deles Indah Klaten

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Deles Indah di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

Bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya, hal itu bisa dilakukan tanpa harus pergi terlalu jauh. Sisi utara Klaten terdapat Gunung Merapi yang menjulang tinggi.

Jika ingin berkunjung ke Deles Indah, berikut rangkum 5 tips berkendara menuju ke sana.

1. Bisa naik motor dan mobil

Perjalanan menuju wisata Deles Indah dapat dilakukan dengan kendaraan bermotor. Sepeda motor dan mobil dapat mencapai tempat wisata itu karena jalannya cukup lebar.

Wisatawan pun tak perlu khawatir harus berjalan jauh untuk sampai spot panorama. Kendaraan bisa diparkir di dekat spot panorama.

2. Siap berbagi jalan dengan truk pengangkut pasir Merapi

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat hendak berkunjung ke Deles Indah adalah, wisatawan mesti berbagi jalan dengan truk pengangkut pasir Gunung Merapi.

Truk pengangkut pasir Merapi.

Area di sekitar jalan merupakan sungai yang penuh pasir Merapi. Oleh karena itu, banyak aktivitas tambang pasir di sana.

Bahkan, tidak jarang truk pasir berjalan beriringan menjadi cukup panjang dengan kecepatan pelan. Pengguna jalan lain pun harus bersabar untuk mendahului truk-truk itu.

3. Siap melewati jalan yang rusak

Jalan menuju Deles Indah memang sudah ada yang dicor. Namun karena terlalu sering dilalui truk pengangkut pasir, maka beberapa titik jalan mengalami kerusakan.

Ruas jalan yang rusak menuju Deles Indah, Rabu (16/6/2021).

Kerusakan jalan kian parah menjelang masuk Desa Sidorejo. Jalan bukan lagi dari cor, melainkan jalan aspal yang beberapa di antaranya rusak cukup parah.

Selain berlubang, jalan juga penuh debu. Saat berkendara di belakang truk, bersiaplah untuk menerima debu yang beterbangan.

4. Pakai masker jika naik motor, meski sudah tidak ada Covid-19

Saat ini, pemakaian masker memang diwajibkan untuk meminimalkan penyebaran Covid-19. Namun andai pandemi telah berakhir, wisatawan yang ke Deles Indah naik motor hendaknya tetap memakai masker selama di perjalanan.

Itu karena kondisi jalan yang penuh debu. Debu kian beterbangan saat truk melaju di jalan yang kondisinya cukup rusak dan berpasir.

5. Jangan terus ikuti jalan utama

Menjelang sampai Deles Indah, jalan kian hancur. Bahkan, sepeda motor pun akan sangat kesulitan melewatinya saking rusaknya.

Wisatawan pun diimbau lewat rute alternatif menjelang sampai Deles Indah. Tinggalkan jalan utama saat ada plang sederhana ke arah kanan menuju Kopi Petruk, Volcano Merapi View, Deles Petung, dan Lintas Merapi.

Rute menuju wisata Deles Indah Klaten, belok kanan di sini menjelang sampai tujuan.

Setelah belok kanan, terus ikuti jalan yang lebih kecil sampai mentok di pertigaan jalan aspal. Jalan alternatif ini masih bisa dilalui mobil.

Belok kiri di pertigaan mentok. Ikuti jalan dan nantinya perjalanan akan sampai di spot panorama wisata Deles Indah di kiri jalan.