Klangon, cara lain menikmati Gunung Merapi

Klangon Gunung Merapi
Klangon Gunung Merapi

Setelah sebelumnya sudah kami gambarkan sedikit pesona Kaliadem yang dari sana kita bisa menikmati Gunung Merapi, sekarang kami akan berikan sedikit penjelasan mengenai spot wisata lain di Jogja dimana Gunung Merapi sangat terlihat dekat sekali πŸ™‚ .

Wisata Bukit Klangon, Merapi
Gambar: bernasnews.com

Rute menuju Klangon

Lokasi kawasan Bukit Klangon terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kawasan ini tepat berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata ini buka setiap hari di jam berapa pun kecuali memang ada peringatan keamanan kawasan yang membuat Bukit Klangon harus ditutup.

Kita bisa melewati Cangkringan ataupun jalan Prambanan-Glagaharjo yang menjadi batas antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten. Jalanan disini cukup bagus walaupun tidak terlalu lebar, diharapkan berkendara secara hati-hati saja supaya lebih nyaman.

Harga tiket masuk

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Klangon sebenarnya tidak dikenakan biaya dan hanya ada sumbangan sukarela untuk kebersihan saja, tapi untuk yang berencana berkemah dikenakan tarif sebesar 10.000 rupiah, murah sekali bukan πŸ™‚ .

Tarif parkir mobil dan motor adalah 3000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil, terdapat lapangan yang luas untuk parkir kendaraan disini jadi jangan khawatir berdesak-desakan.

Pesona kawasan

Nah ini yang paling dicari, disini kamu bisa mendapatkan berbagai macam kesenangan berwisata bertema outdoor serupa:

  • Gardu pandang Merapi
  • Camping Arena
  • Hill Tracking
  • Downhill Cycling

Terdapat kamar mandi, mushola, gazebo, hingga warung makan yang bisa kamu manfaatkan disini, jadi jangan dianggap ini sebuah kawasan yang terpencil banget ya πŸ™‚ .

Tips berkunjung

Kami informasikan beberapa tips terbaik ketika berkunjung

  • Datang di waktu pagi hari supaya bisa melihat Gunung Merapi lebih jelas (jika cuaca mendukung)
  • Ajak teman ataupun keluarga untuk merasakan pengalaman berkemah
  • Persiapkan fisik karena mungkin akan menjelajah seluruh kawasan wisata