Taman Musik Centrum Bandung, Wisata Unik Nonton Konser Musik

Sebagai salah satu taman tematik Bandung, Taman Musik Centrum Bandung menawarkan alternatif bersantai sembari menikmati berbagai ornamen khas musik serta pertunjukan musik yang kadang digelar di sana. Liburanmu dan keluarga di jamin bakal lebih seru jika berkunjung ke salah satu objek wisata di Bandung ini.

Sejarah Taman Musik Bandung

Taman Musik Kota Bandung berlokasi tepat di samping Sekolah Menengah Atas Negeri Bandung, SMAN 5. Karena itulah dulu sering digunakan sebagai tempat kumpul, main musik maupun basket para siswa sekolah tersebut.

Kemudian sebagai bagian program jangka panjang Mega Proyek Pariwisata Bandung yang digagas Ridwan Kamil selaku Walikota, yaitu merevitalisasi 600 taman atau Ruang Terbuka Hijau di Bandung, maka Taman Musik Centrum Bandung pun dibangun.

Taman Musik Centrum diresmikan hari Sabtu pada tanggal 1 Maret 2014 lalu oleh Ir. H. Arief Prasetya M selaku Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung mewakili Ridwan Kamil yang berhalangan hadir.

Saat peresmian berlangsung, dimeriahkan oleh Saung Angklung Udjo dengan kesenian tradisional khas Sunda disertai penampilan band lokal dan nasional seperti Java Jive, Mustache & Beard, Hoolahoop, Juicy Luicy, The Milo, Tigapagi, The Panas Dalam serta Pure Saturday.

Daya Tarik Taman Musik Bandung

Dengan luas sekitar 4.200 meter persegi, daya tarik unik dan khas dari Taman Musik ini tentu saja berbagai macam patung bertema musik, sesuai dengan namanya. Kamu bisa melihat patung orang bermain gitar, saxofon dan lainnya.

Namun patung yang juga menjadi ikon Taman Musik Centrum adalah Giant Guitar atau gitar raksasa besi setinggi sembilan meter yang ada tepat di tengah taman yang dikelilingi 11 monumen kecil dengan grafir nama para korban konser Band Metal di AACC tahun 2008 lalu.

Ngapain di Taman Musik Bandung?

Kamu bisa sekedar bersantai sembari nongkrong asyik bersama sahabat maupun keluarga layaknya taman tematik lain. Soalnya pepohonan yang rimbun disertai tatanan taman yang apik nan asri, dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana.

1. Menikmati Konser Musik

Dan tentu saja aktivitas utamanya adalah menikmati konser musik berbagai band yang digelar di sana. Kalau kamu sendiri merupakan anak band, bisa juga lho daftar buat tampil, apalagi tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Kamu tinggal koordinasi serta ajukan izin ke Diskamtam biar tidak bentrok penggunaannya, kalau acaranya berskala besar jangan lupa izin ke Kepolisian juga ya. Buat jam operasionalnya bisa sampai jam 24.00 kok, tapi tergantung rekomendasi polisi ya.

2. Dijaga oleh Aparat Pemerintahan

Pihak pengelola juga bekerja sama dengan aparat kewilayahan seperti kecamatan dan kelurahan buat ikut menjaga dan mengawasi. Kamu tentu tidak mau kan ada perbuatan negatif sampai terjadi di sana? Nah, pihak aparat kewilayahan tersebut diharapkan bakal menegur siapapun yang menyalahgunakan keberadaan taman.

3. Fasilitas Umum yang Ada di Taman

Seperti halnya tempat wisata lainnya, pihak pengelola juga tidak lupa menyediakan berbagai fasilitas penunjang lho demi kenyamanan serta keamanan kamu serta para pengunjung lain. Seperti misalnya WiFi gratis, aliran listrik buat charge ponsel atau laptop, lampu penerangan serta panggung buat pertunjukan.

Selain itu taman yang didesain Komunitas Culindra tersebut juga dilengkapi dengan infografik, Kotak Sampah Musical serta Park Rules ya. Nah, buat kamu yang berminat buat mengunjunginya, bisa datang langsung kapan saja ya. Soalnya Taman Musik Bandung buka 24 jam setiap hari alias tidak ada kata libur atau tutup.

Alamat dan Harga Tiket Masuk ke Taman Musik Bandung

Taman Musik Centrum lokasi ada di Jalan Belitung, Kec. Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti panduan dari Google Maps saja ya.

1. Harga Tiket

Kamu tidak dikenakan biaya sepeserpun lho buat masuk ke Taman Musik Bandung alias gratis. Begitu juga kalau kamu mau menggelar konser musik di sana, bebas biaya alias tidak harus membayar biaya apapun. Hanya perlu kordinasi dengan pihak pengelola saja.

2. Tempat Wisata Terdekat

Letak Taman Musik yang strategis di pusat kota Bandung memudahkan kamu buat mengunjungi berbagai alternatif wisata lain yang ada di sekitarnya. Entah Alun-Alun Kota Bandung, Vanda Park, Taman Lalu Lintas, ataupun Taman Sejarah Bandung. Selamat berlibur!