8 Tempat Wisata Di Klaten Yang Hits Dan Seru! Cocok Buat Keluarga!

Tempat Wisata Di Klaten
Tempat Wisata Di Klaten

Tempat Wisata Di – Klaten adalah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Klaten ini berbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisatawan terkadang tidak mengetahui tempat wisata yang ada di Klaten ini dan memilih untuk berwisata di Yogyakarta. Padahal, Klaten mempunyai tempat wisata yang tidak jauh berbeda dengan kota-kota yang lainnya.

Buat kalian yang sedang berkunjung ke Klaten wajib banget untuk datang ke tempat wisata yang ada di Klaten. Wisata yang ada di Klaten sebagian besar menyuguhkan keindahan alam.

Seringkali kita merasa kesusahan untuk mencari tempat wisata terutama untuk orang yang sedang merantau di kota Klaten.

Tidak perlu kesusahan lagi, kali ini kita akan membahas lokasi yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di kota Klaten.

Tempat ini bisa kalian jadikan rekomendasi sebagai tempat wisata yang harus kalian datangi di saat weekend tiba.

8 Daftar Tempat Wisata Di Klaten Yang Seru

Tempat Wisata Klaten #1: Umbul Ponggok

wisata klaten

Umbul ponggok adalah salah satu wisata air yang ada di kota Klaten. Kealamian air yang ada di umbul ponggok ini masih terjaga dengan baik sehingga banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

Buat kalian yang ingin berenang dengan ikan-ikan yang cantik ataupun berfoto didalam air bisa banget nih berkunjung ke umbul ponggok ini, terutama buat para remaja yang ingin mengabadikan gambar di media sosial.

  • Jam buka : 08:00-17:00 WIB
  • HTM : Rp. 15.000/orang (belum termasuk biaya foto saat menyelam dan peralatannya)
  • Lokasi : Jl. Raya Ponggok-Delanggu, Ds Ponggok, Kec Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Fasilitas umum : Area parker, musholla, toilet, kamar ganti, kamar bilas, warung makan, dll

Tempat Wisata Klaten #2: Bukit Cinta Watu Prahu

Bukit cinta ini juga bisa kalian datangi saat berkunjung ke Klaten lho teman-teman. Kalian bisa menikmati keindahan alam yang ada di bukit cinta ini bersama teman, keluarga maupun pasangan kalian.

Apabila kalian berkunjung kesana jangan lupa untuk mengabadikan gambar kalian disana karena tempatnya yang bagus dan instagramable banget.

Bukit cinta ini juga sering dijadikan penelitian oleh kampus-kampus besar. Sesampainya kalian disana langsung disambut dengan spot foto yang bertemakan dengan cinta, jadi kalian bisa langsung berfoto.

  • Lokasi : Dusun II, Gn. Gajah, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Jam buka : 06:00-17:00 WIB (setiap hari)
  • HTM : Rp. 5.000

Tempat Wisata Klaten #3: Mata Air Cokro Tulung

Kota Klaten memiliki tempat wisata yang sebagian besar wisata air. Tempat wisata selanjutnya yang harus kalian kunjungi yaitu Mata Air Cokro Tulung.

Mata air di Klaten yang paling terkenal yaitu Mata Air Cokro Tulung, dan tempat ini tidak pernah sepi pengunjung terutama saat weekend dan libur hari raya.

Sebelum kalian sampai disana, kalian harus melewati jembatan yang lumayan panjang dan bisa melihat sungai disekitar Mata Air Cokro Tulung lho teman-teman.

Di sini kalian juga bisa melakukan outbond dan rafting. Lokasi ini juga tidak jauh dari Umbul Ponggok lho teman-teman.

  • Lokasi : Jl. Cokro – Tulung, Karanglo, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
  • HTM : Rp 10.500,-. harga tiket Riverboarding Mata Air Cokro Rp 40.000. Sedangkan biaya parkir Omac sebesar Rp 3.000,-. Harga ini masih bisa berubah sewaktu–waktu sesuai kebijakan pengelola.
  • Jam Operasional : 09.00 – 17.00 WIB.

Tempat Wisata Klaten #4: Warung Apung Rowo Jombor

Tempat wisata selanjutnya yaitu Wisata Warung Apung Rowo Jombor. Buat kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga boleh banget nih berkunjung kesini, tempatnya cukup menarik untuk dikunjungi.

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Warung Apung Rowo Jombor pada saat hari minggu ataupun hari libur. Wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisata kuliner masakan air tawar.

Wisatawan juga bisa menaiki perahu penumpang yang terbuat dari bambu untuk berkeliling dan memancing ikan disana. Dan jangan lupa untuk mengabadikan foto untuk di upload di media sosial kalian.

  • Lokasi : Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.
  • HTM : Rp. 5000
  • Jam Operasional : 09-00-21:00 WIB

Tempat Wisata Klaten #5: Taman Bunga Kebon Asri

Tempat wisata selanjutnya yaitu Taman Bunga Kebon Asri yang bernuansa seperti di . Taman bunga menjadi salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi ketika berkunjung ke Klaten.

Buat para remaja pasti suka banget kalau berkunjung kesitu karena banyak tempat spot foto yang instagramable.

Bunga warna-warni bisa menjadi latar belakang foto kalian dan membuat foto menjadi lebih bagus. Apabila sampai di sana kalian langsung di sambut dengan warna-warni bunga di kanan kiri jalan. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen kalian bersama teman, keluarga ataupun pasangan kalian.

Tempat wisata ini tidak jauh dari Bukit Cinta Watu Prahu dan Kawah Putih Negeri Dongeng lho teman-teman. Jadi, kalian bisa langsung berkunjung di 3 tempat sekaligus.

  • HTM : Rp. 5000
  • Lokasi : Pundung, Kebon, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462
  • Jam operasional : 06.00-18.00 WIB

Tempat Wisata Klaten #6: Bukit Sidoguro

Tempat wisata selanjutnya yaitu Bukit Sidoguro, bukit ini memiliki banyak spot foto yang menjadi pusat perhatian wisatawan. 

Spot foto yang ada di Bukit Sidoguro ini memiliki latar belakang alam dan bisa dilihat dari ketinggian. Untuk mencapai puncak, wisatawan harus menaiki puluhan anak tangga. Tetapi, kalian tidak mungkin merasa capek ataupun lelah karena disekelilingnya banyak tempat yang bagus dijadikan foto. 

Bukit Sidoguro ini tidak jauh dari Warung Apung Rowo Jombor lho teman-teman, kalau kalian merasa lapar bisa banget mampir ke Warung Apung Rowo Jombor.

Bukit Sidoguro ini baru diresmikan pada tanggal 29 Desember 2019, tempat wisata ini baru dibuka sudah ramai pengunjung. 

Cocok banget buat mengisi waktu liburan kalian bersama keluarga, teman ataupun pasangan kalian. Di Bukit Sidoguro ini kalian bisa melihat sunset lho teman-teman. Dijamin kalian bakal kehabisan gaya untuk berfoto karena tempatnya sangat bagus.  

Dan pastinya kalau kalian membawa adek ataupun anak bakal senang karena banyak tempat bermain dan tetap diawasi ya teman-teman.

  • Lokasi : Sendang Nglebak, Ngeblak, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57451
  • Jam Operasional : 24 jam
  • HTM : Rp. 15.000

Tempat Wisata Klaten #7 : Deles Indah

Klaten memiliki tempat wisata yang beragam salah satunya Deles Indah. Buat kalian yang sedang berkunjung ke Klaten boleh banget nih datang ke Deles Indah. 

Di Deles Indah selain menikmati keindahan alam, kalian juga bisa belajar mengenai sejarah lho teman-teman, kalian bisa mengunjungi ke Pesanggrahan Pakubuwono X dan makam Kyai Mlayopati. Jadi, liburan sekalian belajar. 

Disana juga terdalat spot foto yang menarik, buat kalian yang suka banget foto-foto bisa nih ke Deles Indah. 

  • Lokasi : Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten klaten, Provinsi Jawa Tengah.
  • Jam Operasional : 06.00-16.00 WIB
  • HTM : Rp. 5.000

Tempat Wisata Klaten #8 : Kawah Putih Negeri Dongeng

Tempat wisata selanjutnya yang tidak kalah keren yaitu Kawah Putih Negeri Dongeng. Tempat wisata ini masih baru dan berada di kawasan perbukitan. Kawah Putih Negeri Dongeng ini juga terdapat spot foto yang instagramable banget. 

Buat kalian yang ingin berkunjung ke sana harus melewati jalanan naik turun yang disebelahnya ada pedesaan dan hutan-hutan yang sangat rimbun. 

Cocok banget buat kalian liburan bersama teman, keluarga dan pasangan kalian. Tempat wisata ini tidak jauh dari Bukit Cinta Watu Prahu dan Taman Bunga Kebon Asri lho teman-teman. 

Pengelola setempat berencana akan membuat replika 7 keajaiban dunia yang pastinya akan membuat wisatawan semakin betah berlama-lama di sini. 

  • Lokasi : Dukuh Gajahrejo, Desa Talang, Kecamatan Bayat, KabupatenKlaten, Jawa Tengah
  • HTM : Rp. 3.000/orang
  • Jam operasional : 09.30-22.00 WIB

Nah tadi itu adalah beberapa tempat wisata di Klaten yang lagi hits dan bisa kamu jadikan referensi!
Kalau kamu punya tempat rekomendasi yang tidak dicantumkan di sini bisa dong tambahkan ke kolom komentar.