Destinasi Wisata Air Terjun Lombok yang Memanjakan Jiwa

Wisata Air Terjun Lombok
Wisata Air Terjun Lombok

alam di daerah Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memanglah tidak kalah dari rekreasi alam di lain tempat. Sebagian besar rekreasi keindahan alam berada di tempat ini, baik wisata gunung, pantai, sampai bahari alam lautnya.

Bahkan ada yang ngomong jika rekreasi alam di Lombok makin dibanding dengan Bali. Bila bicara rekreasi alam, air terjun di Lombok sebagai lokasi rekreasi yang memikat didatangi.

Selain dapat nikmati panorama yang sejuk, beberapa wisatawan dapat main air. Air terjun di Lombok banyak tercipta karena geografi Pulau Lombok terbagi dalam banyak bukit dan daratan tinggi.

Berikut air terjun di Lombok yang pantas di kunjungi.

1. Air Terjun Tiu Teja

Air terjun Lombok yang ini terletak di Dusun Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara NTB. Tempat wisata alam Air Terjun Tiu Teja termasuk masih baru dan situasi alamnya masih alami.

Para pelancong bisa menikmati keadaan keelokan air terjun yang sedikit disentuh tangan manusia. Selainnya keelokan alam yang asli, daya magnet air terjun dengan tinggi 40 mtr. ini berada pada pelanginya yang kadang ada.

Pelangi ini umumnya terjadi saat matahari mengenai segi depan air terjun. Beberapa butiran air akan memantulkan sinar dan membentuk Pelangi.

2. Air Terjun Benang Stokel

Air terjun ini terletak di Desa Pemotoh Dusun Aik Berik Kecamatan Batu Kelingan Utara Lombok tengah NTB. Beberapa pelancong yang ingin bertandang dapat pergi dari Kota Mataram dan tempuh perjalanan sekitaran 45 menit dengan memakai kendaraan bermotor.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 mtr. ini mempunyai kolam kecil di bawahnya. Kolam ini tercipta karena bentrokan air ke tanah. Kolam ini dipercayai tempat mandi Dewi Anjani yang disebut penunggu Gunung Rinjani.

3. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu lokasinya bersisihan dengan Air Terjun Benang Stokel. Walaupun ada di satu dusun dan satu kecamatan, panorama Air Terjun Benang Kelambu benar-benar berlainan dengan Air Terjun Benang Stokel.

Lokasinya yang semakin tinggi mewajibkan beberapa pelancong yang ingin bertandang siap secara fisik. Air Terjun Benang Kelambu memerlukan waktu sekitaran 30 menit untuk di daki.

Walaupun perlu usaha lebih buat ke arah lokasi tampilkan Air Terjun Benang Kelambu benar-benar setimpal dan menganakemaskan mata.

4. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini terletak di Dusun Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara di NTB. Rekreasi air terjun ini masih terhitung dalam teritori Gunung Rinjani.

Biaya masuknya hanya Rp5 ribu per-orang berkunjung air terjun di ketinggian 600 mdpl atau mempunyai tinggi sekitaran 31 mtr.. Ada dua tingkat di air terjun ini, di mana tingkat pertama mengucur dari bukit di atas dan jatuh ke kolam di bawahnya.

Air kemudian jatuh membuat tingkat dua, selanjutnya jatuh kembali membuat sungai. Dasar sungai yang cukup datar membuat pelancong bisa nikmati kesegarannya dengan mandi di sini. Air Terjun Sendang Gile ini didatangi pelancong lokal dan luar negeri.

5. Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis berada di Desa Jeruk Manis Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur NTB. Jarak dari Lapangan terbang Udara Internasional Zainuddin Abdul Majid ke Air Terjun Jeruk Manis sekitaran 50 km dalam jarak menempuh sekitaran 2 jam.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitaran 40 mtr. dengan curahan air yang besar sekali dan jernih. Tempat wisata yang indah ini masih ada dalam teritori Taman Nasional Gunung Rinjani.

Menurut cerita yang temurun, air terjun ini dipercayai bisa membantu mengobati beragam jenis penyakit. Khususnya bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Umumnya dilaksanakan dengan ritus tradisionil yang dipegang dengan seorang penopang.

Bila ingin berkunjung ke Air Terjun Jeruk Manis dianjurkan memakai kendaraan individu atau sewa kendaraan. Karena lokasinya tidak untuk kendaraan umum.