Daftar Buah Tangan yang Harus Mengikutsertakan Otak-Otak Khas Makassar

Otak-Otak Khas Makassar
Otak-Otak Khas Makassar

Kota Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, merupakan sebuah kota yang kaya akan pantai-pantainya yang indah. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan olahan makanan khasnya, seperti otak-otak. Otak-otak khas Makassar ini memiliki cita rasa yang lebih lezat karena menggunakan bahan dasar ikan tenggiri. Tidak hanya itu, otak-otak ini juga populer sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Dalam pembuatannya, otak-otak khas Makassar ini menggunakan tepung gandum/sagu sebagai campuran ikan tenggiri. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu daging ikan dihaluskan, diberi bumbu rempah, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus. Setelah sampai di rumah, otak-otak ini sebaiknya segera dimasukkan ke dalam freezer agar tahan lebih lama. Untuk menyajikannya, otak-otak ini bisa dipanggang atau dipanaskan dengan wajan tanpa minyak kelapa. Rasanya akan semakin gurih dan lezat jika dicocol dengan saus kacang atau sambel petis.

Jika Anda ingin membawa otak-otak ini sebagai oleh-oleh, Anda dapat memilih dua lokasi terkenal yaitu otak-otak Ibu Elly dan otak-otak Ibu Sanny. Kedua tempat ini selalu memiliki otak-otak ikan tenggiri yang tersedia setiap harinya karena diproduksi sendiri. Otak-otak ini dikemas dengan baik dalam kotak kemasan yang rapat dan ringkas, sehingga mudah dibawa saat bepergian. Bahkan jika menggunakan , Anda tidak perlu khawatir dengan barang bawaan Anda. Di dalam kotak, otak-otak ini tersusun rapi dengan dibungkus daun pisang yang masih segar. Makanan ini juga dapat bertahan hingga seminggu jika disimpan dengan baik di dalam freezer.

Kedai otak-otak Ibu Elly terletak di Jalan Kijang no 7D Makassar. Ibu Elly telah merintis usaha bisnis kuliner otak-otak khas Makassar ini sejak tahun 1995. Selain menjual otak-otak, kedai ini juga menyediakan beberapa hidangan lain seperti gogos, es pisang ijo, es palubutung, dan jajanan lainnya. Kedai ini juga terkenal karena telah meraih penghargaan Makassar Most Favourite Award kategori Kuliner selama 3 tahun berturut-turut.

Selain itu, terdapat juga otak-otak Makassar Ibu Sanny yang didirikan sejak tahun 1995. Ibu Sanny sendiri telah membuka dua toko, yang pertama terletak di Jalan Singa No. 9 Makassar dan cabangnya ada di Jalan Lasinrang No. 47 Makassar. Otak-otak di kedai ini memiliki cita rasa yang lezat dan tidak terasa amis. Selain otak-otak, kedai ini juga menjual beragam oleh-oleh khas Makassar lainnya.

Kesimpulannya, otak-otak khas Makassar ini merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berkunjung ke Kota Makassar. Rasanya yang lezat dan mudah didapatkan di kedai-kedai terkenal membuatnya menjadi makanan penduduk lokal maupun wisatawan. Jadi, jangan lupa mencicipi otak-otak ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, dan rekan kerja Anda!

FAQs After The Conclusion:
1. Apakah otak-otak khas Makassar hanya menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya?
2. Bagaimana cara menyimpan otak-otak khas Makassar agar tetap segar?
3. Apakah ada toko lain di Kota Makassar yang menjual otak-otak khas?
4. Apakah otak-otak khas Makassar hanya dijual dalam satu ukuran kemasan?
5. Apakah ada hidangan lain yang ditawarkan di kedai otak-otak Ibu Elly dan Ibu Sanny?