Cara Berwisata ke Tebet Eco Park Menggunakan Kendaran Umum

Tebet Eco Park
Tebet Eco Park

Tebet Eco Park adalah taman kota seluas 25 hektare. Lokasi Tebet Eco Park berada di Tebet Timur Raya, Jakarta Selatan. Taman kota ini menjadi tempat rekreasi, hiburan, dan sosialisasi masyarakat. Tebet Eco Park baru diresmikan 23 April 2022 oleh Gubernur DKI Anies Baswedan.

Berada di pusat kota, Taman Tebet Eco Park terbagi dalam delapan zona. Pembagiannya terdiri dari taman bermain anak-anak, jembatan infinity link bridge, taman komunitas masyarakat, area terbuka, wilayah untuk pohon (forest buffer), dan plaza.

Plaza di Tebet Eco Park digunakan sebagai fasilitas publik untuk masyarakat. Selain itu, taman kota satu ini memiliki sungai, rawa, konservasi tanaman, dan ruang terbuka hijau.

Tiket Masuk Tebet Eco Park

Tebet Eco Park Buka Jam Berapa? Setiap harinya, Tebet Eco Park buka jam 06.00-19.00 WIB. Mengutip website Tebetecopark.id, setiap pengunjung taman kota satu ini tidak tidak akan dipungut biaya atau gratis. Taman ini terbuka untuk umum, khususnya sebagai lokasi tujuan wisata dan rekreasi.

Cara ke Tebet Eco Park

Tebet Eco Park memiliki dua pintu masuk taman, yaitu pintu utara dan pintu selatan. Akses menuju Tebet Eco Park dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Ada beragam transportasi umum yang bisa Anda manfaatkan, seperti MRT, bus Transjakarta, dan KRL menuju Tebet Eco Park.

Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan MRT, bisa turun di Stasiun MRT Bendungan Hilir, lanjut berjalan kaki sedikit ke arah kuningan untuk naik angkutan umum M44 arah Kampung Melayu dan turun di Sawo Kecik Raya. Patokan Stasiun Duren Kalibata, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum M34 dan turun di depan Tebet Eco Park. 

Sementara itu, bagi Anda yang menggunakan KRL, bisa turun di Stasiun Tebet dan naik dari Stasiun Bogor atau Stasiun Cawang.

Cara ke Tebet Eco Park dengan Mikrotrans

Pengunjung bisa naik Microtrans rute Stasiun Kalibata-Kuningan. Jalur perhentian microtrans menuju Tebet Eco Park yaitu:

  1. Jalan Tebet Timur III
  2. Taman Hutan Tebet
  3. Simpang Tebet Barat IX 1
  4. Simpang Tebet Barat IX 2

Selain itu, pengunjung menggunakan kendaraan pribadi yang diparkir di area Plaza Utara. Tetapi area parkir ini terbatas sehingga disarankan naik kendaraan umum.

Zona Tebet Eco Park

1. Infinity Link Bridge

Jembatan yang dirancang untuk menghubungkan taman utara dan selatan. Jembatan ini sebelumnya dipisahkan oleh jalan Tebet Timur. Tinggi jembatan mencapai enam meter yang berdiri di antara pepohonan.

2. Community Garden

Zona yang dibuat untuk masyarakat dan komunitas. Zona ini dipakai sebagai aktivitas dan bercocok tanam. Selain itu community garden menjadi kegiatan edukasi dan berkebun untuk anak-anak.

3. Children Playground

Tebet Ecopark memiliki taman bermain anak-anak. Taman ini dibuat dalam ruang terbuka dan dikelilingi pepohonan. Ada area bermain dan rekreasi untuk anak-anak.

4. Community Lawn

Zona keempat adalah area terbuka yang dikelilingi pohon dan bunga kupu-kupu. Area ini dibuat gundukan dan tanah berumput untuk bersantai.

5. Forest Buffer

Zona yang bisa digunakan pengunjung untuk duduk dan bersantai. Area ini memiliki pohon tinggi dan rindang untuk kegiatan sosial.

6. Plaza

TEP Plaza digunakan untuk menjual tanaman yang berada dekat dengan taman. Plaza ini mempertimbangkan analisis dan hasil studi yang berkaitan dengan kondisi sosial masyarakat.

7. Thematic Garden

Zona thematic garden berada di bawah jembatan infinity link. Rencananya area ini berada di sebelah aliran sungai. Zona ini bisa dipakai untuk karya seni dan area foto.

8. Wetland Boardwalk

Terakhir adalah area rawa atau genangan air. Zona ini didesain untuk pengendalian banjir dan meningkatkan kualitas air. Area ini menggunakan tanaman untuk proses pemurnian air. Sehingga air yang keluar dari Taman Tebet bagian utara tetap bersih.

Artikel ini pernah tayang di https://www.msn.com/id-id/gayahidup/other/jam-buka-dan-cara-ke-tebet-eco-park-menggunakan-kendaraan-umum/ar-AAX6fPp dengan judul Jam Buka dan Cara ke Tebet Eco Park Menggunakan Kendaraan Umum