8 Destinasi Wisata Brebes, Lihat Cantiknya Pemandangan di Kota Bawang

Destinasi Wisata Brebes
Destinasi Wisata Brebes

Destinasi Wisata – Kali ini, petualangan bawa kita ke Brebes, salah satunya kabupaten di Jawa tengah yang bersebelahan dengan Jawa Barat. Karena itu, tidaklah aneh bila terjadi akulturasi di antara budaya Jawa dan budaya Sunda melalui bahasa warga kota itu. Secara geografis, kota ini berdekatan dan bagai menyatu dengan kabupaten tetangganya, Tegal.

Kabupaten Brebes sangat populer sebagai pemroduksi bawang merah paling besar di Indonesia, karena itu tidak salah jika kota ini dipanggil Kota Bawang—atau yang lebih kece, Bombay van Java. Tetapi, kabupaten ini tidak hanya bawang terus-terusan, ada beberapa destinasi wisata keren yang buat kamu berkeinginan untuk berkunjung Brebes.

Nach, penasaran, ‘kan? Yok langsung meluncur ke situ!

1. Curug Putri

Kawasan daratan tinggi di Brebes sisi selatan ialah sisi dari lereng Gunung Slamet, gunung paling tinggi di Jawa tengah. karena itu, tidaklah aneh jika wilayah ini memiliki beberapa kekuatan rekreasi yang mengagumkan. Satu diantaranya ialah Curug Putri di Dusun Padanama, Dusun Mendala, Kecamatan Sirampog.

Curug Putri memiliki tinggi sekitaran 35 mtr., mengucur antara tebing batu yang membuat ornament menarik. Panoramanya yang alami, kesegaran air mengucur, plus suaranya yang menderu jadi daya magnet spesial untuk beberapa pelancong yang bertandang ke Brebes.

2. Curug Cupu

Bertetangga dengan kecamatan Sirampog, ada kecamatan Paguyangan yang berpotensi rekreasi yang tidak dapat dianggap remeh. Di daerah ini, persisnya di Dusun Cijampang, Dusun Ragatunjung, kamu dapat mendapati Curug Cupu, yakni dengan tinggi 14 mtr. yang dihias dengan ornament tebing batu dan asrinya rimba pegunungan.

Untuk menuju ke curug ini, kamu cukup tempuh perjalanan sekitaran 30 menit dari dengan kendaraan dari pertigaan jalan khusus Paguyangan-Kaligua. Tetapi, kendaraanmu hanya bisa capai Dukuh Cijampang, seterusnya kamu perlu memercayakan kakimu dengan trackking.

3. Agrowisata Kebun Teh Kaligua

Kecamatan Paguyungan memang kaya dengan kekuatan rekreasi alamnya yang memikat hati. Jika ke wilayah ini, tidak boleh terlewat untuk berkunjung teritori agrowisata kebun teh Kaligua di Dusun Pandansari. Di sini, kamu dapat nikmati jalanan telusuri tempat kebun teh yang hijau dan asri, bikin mata dan hati berasa dingin. Tetapi, tidak hanya itu, cicipi beberapa tempat wisata yang tersimpan di dalamnya:

Telaga Renjeng

Telaga elok ini gak boleh kamu terlewat. Telaga ini ditempati beberapa ribu lele yang kabarnya dikeramatkan, kamu jangan memancingnya apa lagi membawa pulang. Panorama telaga yang sama cermin buat kamu kerasan lama-lama.

Goa Jepang

Di sini, ada juga goa peninggalan Jepang yang dibuat di bawah kebun teh dan mempunyai lorong yang berkelok. Kamu dapat mendapati beberapa ruangan didalamnya, seperti ruangan sidang, ruangan tahanan, ruangan pembantaian, kamar jugun ianfu, dan ruangan senjata. Jika ingin masuk sebaiknya dengan pemandu, supaya kamu tidak salah jalan dalam lorongnya.

Sumber mata air Tuk Bening

Selain telaga, kamu bisa juga menemukan sumber mata air yang digunakan untuk wisata air keluarga namanya Tuk Bening. Cicipi segarnya membersihkan muka setelah capek berkeliling-keliling. Disamping itu, kamu bisa juga naik perahu pacu.

4. Waduk Penjalin

Sejumlah aliran sungai yang melewati kabupaten Brebes jadi kekuatan tertentu, khususnya untuk bidang pertanian yang jadikan kota Bawang ini memimpin produksi bawang merah dalam negeri. Oleh karenanya, dibuatlah waduk-waduk pada jaman penjajahan Belanda. Salah satunya ialah waduk Penjalin yang berada di kecamatan Paguyangan.

Selain memberi faedah untuk pertanian di Brebes, waduk ini jadi tempat wisata untuk pelancong lokal atau di luar kota Brebes. Kamu dapat rasakan serunya berkeliling waduk dengan perahu sewaan atau sekedar jalanan nikmati pemandangan waduk.

5. Waduk Malahayu

Selain waduk Penjalin, ada juga waduk Malahayu di Dusun Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Waduk ini dapat disebut “kembarannya” waduk Penjalin, karena dibuat pada periode yang bersamaan. Selainnya digunakan untuk irigasi pertanian, Waduk Malahayu jadi teritori wisata yang cukup menyenangkan.

Cicipi panorama pegunungan dan rimba jati disekitaran waduk sekalian berperahu. kamu bisa juga mendapati sarana yang lumayan komplet, seperti anak, taman bermain, becak air, dan pentas terbuka. Pada hari raya, tempat ini di ramaikan dengan pentas musik dan ritus sedekah waduk.

6. Pemandian Cipanas Buaran

Masih di kawasan Brebes selatan, ada pemandian sumber air panas yang jangan kamu terlewat. Pemandian Cipanas Buaran ini berada di Dusun Buaran, Kecamatan Bantarkawung, berjarak sekitaran 6 Km dari kota Kecamatan Bumiayu atau 70 Km dari pusat perkotaan Brebes. Di pemandian ini, kamu akan disajikan dengan panorama perdesaan yang dikitari dengan rimba pinus. Air panas di pemandian ini berperan sebagai sarana terapi beragam penyakit, seperti rematik, pegal-pegal, dan asam urat.

7. Pantai Randusanga indah

Mumpung kembali di Brebes, mampirlah untuk mencoba rekreasi pantainya di Pantai Randusanga indah. Berikut salah satunya pantai di Brebes yang ramai didatangi pelancong, terutama pada musim berlibur. Tempat ini tawarkan pemandangan yang unik pantai utara, dengan pasir yang hitam dan ombak yang tenang, hingga kamu dapat leluasa bermain air laut di sini.

Pantai ini dilengkapi sejumlah sarana seperti permainan anak, pentas, tempat grass trek, dan rumah makan seafood. Di sejauh perjalanan ke arah pantai, kamu akan disuguhkan dengan panorama perkebunan bawang merah.

8. Nikmati Kuliner Brebes

Berkunjung ke Brebes pasti belum komplet jika belum menjajal uniknya. Salah satu kulineran ciri khas yang pantas kamu coba ialah sate blengong. Sate ini dibuat dari daging blengong, unggas semacam itik yang disebut peranakan bebek dan menthok. Sate ini ternikmat dikonsumsi bersama kupat glabed. Kamu dapat menemukan kulineran satu ini secara mudah disekitaran alun-alun kota Brebes.

Untuk oleh-oleh, kamu dapat bawa pulang telur asin ciri khas Brebes. Ada dua variasi, yakni telur asin rebus dan bakar. Selainnya telur asin, brambang goreng alias bawang goreng ciri khas Bombay van Java ini jangan lepas kamu membawa pulang. Nach, itulah sejumlah destinasi menarik dan kulineran ciri khas dari kabupaten Brebes. Tidak boleh sangsi buat nambahin tempat wisata yang belum disebut di sini melalui kolom komentar ya.

Kesimpulan 8 Destinasi Wisata Brebes, Lihat Cantiknya Pemandangan di Kota Bawang