Taman Film Bandung, Destinasi Wisata Bernuansa Bioskop di Bandung

Taman Film Bandung
Taman Film Bandung

Kalau kamu mau nongkrong sembari nonton film gratis, datang saja ke Taman Film Bandung. Sebagai taman tematik, lokasi Taman Film tergolong unik lho, ada di bawah jalan layang Pasupati. Bukan cuma film, kamu juga bisa nonton bareng pertandingan sepak bola klub kebanggaan Bandung, Persib.

Sejarah Taman Film Bandung

Taman Film yang dibangun tahun 2014 merupakan bagian dari program kerja Pemkot Bandung, khususnya Ridwan Kamil selaku Walikotanya yang berniat menata sekaligus mempercantik Kota Kembang agar lebih enak dipandang, tertib serta lebih indah. Program tersebut mencakup penyediaan ruang terbuka hijau buat publik warga Bandung.

Dulu dikenal kotor, tidak terawat bahkan angker sampai diberi julukan tempat jin sering buang anak, lokasi Taman Film kini sudah dipermak menjadi taman kota yang cantik dan multifungsi. Keunikannya juga terletak pada fakta bahwa dana pembangunan taman Kota Kembang tersebut bukan berasal dari APBD Kota Bandung, melainkan pihak swasta yang sekaligus merupakan sponsor klub sepakbola Persib Bandung, PT. Multistrada Arah Sarana bekerja sama dengan perusahaan reklame.

Sponsor klub Persib Bandung tersebut juga merupakan perusahaan pemegang hak paten ban merk Corsa dan Achilles. Lewat program CSR perusahaan produk ban sekaligus sponsor Persib bersama perusahaan reklame tidak tanggung-tanggung lho mengeluarkan biaya buat pembangunan Taman Film Bandung.

Konon katanya dana yang dikeluarkan sampai mencapai 1 miliar rupiah, dimana PT. Multistrada Arah Sarana mengeluarkan dana sebesar 400 juta dan perusahaan reklame 750 juta rupiah. Jadi tidak heran kan kalau Taman Film ini sangat layak kamu kunjungi.

Daya Tarik Taman Film Bandung

Lalu kamu bisa ngapain di Taman Film? Tentu saja sesuai namanya, kamu bisa nonton film maupun nonton bareng pertandingan sepak bola sekaligus bersantai menikmati kebersamaan dan menghirup udara segar.

1. Di Desain Seperti Bioskop

Memang konsep Taman Film yang didesain oleh perusahaan konsultan arsitek Jakarta, SHAU sesuai dengan namanya yaitu buat nonton film, karena itu dengan luas lahan 1.300 meter persegi, taman tersebut bisa menampung sampai 500 penonton.

Ditambah dengan disediakannya teknologi canggih seperti videotron raksasa dengan ukuran mencapai 4 x 8 meter lengkap dengan sound system setara 33.000 watt. Pengelolaan Taman Film Kota Bandung sendiri dilakukan oleh Komunitas, bersama Dinas Pertamanan Kota.

2. Memiliki Tempat Duduk yang Unik

Belum lagi tempat duduk beton bergaya terasering bak persawahan berundak-undak seakan pengelola mau memanjakan kamu para pengunjung saat mendatangi tempat ngadaweung wargi urang Bandung tersebut. Kamu juga bisa duduk bersila atau bahkan lesehan lho, soalnya kini Taman Film sudah ditanami rumput sintetis yang empuk serta nyaman diduduki.

Nah, buat menjaga keasrian dan kebersihan serta mendukung kenyamanan kamu dan pengunjung lain menikmati sensasi nongkrong bareng, kamu wajib ya menuruti beberapa syaratnya, seperti tidak boleh merokok dan membuang sampah sembarangan.

Jadwal Taman Film Bandung

Nah, biar kamu tidak penasaran, ini jadwal pemutaran film nya ya.

Senin – Jumat : 18.30 – 21.00
Sabtu – Minggu : 17.00 – 22.00

Kamu bisa menikmati sajian film berbagai genre yang ditayangkan di Taman Film Pasopati Bandung, mulai dari film Indonesia, Indie, Korea serta Bollywood dan tentu saja kamu juga bisa nonton bareng pertandingan sepak bola terutama Persib. Khusus buat update acara terbaru maupun informasi lain bisa diikuti secara langsung via akun resmi sosial medianya ya yaitu twitter di @BDG_TamanFilm.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk ke Taman Film Bandung

Alamat Taman Film Bandung adalah di Jalan Layang Pasupati, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Jalan menuju Taman ini juga mudah diakses karena letaknya yang strategis di pusat kota, cuma berjarak 4,1 kilometer dari Alun-Alun Kota Bandung. Naum untuk lebih detailnya bisa lihat Google Maps.

1. Harga Tiket Masuk

Kamu tidak dikenakan biaya apapun lho buat masuk ke Taman Film Bandung alias gratis. Jadi tunggu apalagi? Dimana lagi kamu bisa nonton film atau pertandingan sepak bola gratis sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar dengan nyaman?

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mencoba nonton Film di taman terbuka? Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata di Bandung yang unik. Selamat berlibur!