7 Destinasi Wisata Pati, Tidak Kalah Menarik dengan Kota Lain di Jawa Tengah

Destinasi Wisata Pati
Destinasi Wisata Pati

Pati – Meski tidak begitu dilirik sebagai wilayah arah pelancong, Kabupaten Pati rupanya simpan sejuta kekuatan. Banyak panggilan yang dipasangkan pada wilayah ini. Misalnya Kota Manggis, karena Pati sebagai wilayah pemroduksi manggis paling besar di Jawa tengah. Kota ini dijuluki juga dengan kota Kacang, karena di sini berdiri dua perusahaan raksasa yang menghasilkan bermacam varian kacang.

Ada beragam kekuatan pariwisata menarik yang sudah menanti beberapa orang berjalan. Ini kali, kami akan ajakmu menyusuri sudut-sudut Kota Manggis ini.

1. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo tidak hanya ada di Wonogiri, lho. Salah satunya pantai sebagai icon pariwisata di Pati namanya Banyutowo. Pantai ini kerap dilirik pelancong disekitaran kota Pati seperti Jepara, Kudus, sampai Semarang. Pantai ini berada di Dusun Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, sekitaran 36 Km dari pusat kota Pati.

Di sini, kamu dapat menikmati panorama pantai yang asri dan pelabuhan tempat merapatnya perahu nelayan. Seringkali dalam satu tahun, pantai ini jadi tempat berjalannya ritus sedekah laut. Saat senja, cicipi panorama siluet dari beberapa kapal nelayan yang mendekat di sini sekalian menanti matahari pulang ke peraduannya.

2. Waduk Gunung Rowo

Pengen tempat wisata yang keren tetapi tidak jauh dari pusat perkotaan? Tiba saja ke Waduk Gunung Rowo yang berada dusun Sitiluhur, kecamatan Gembong. Dari jantung kota, perjalanan kesini cukup dilakukan dalam kurun waktu 1/2 jam. Tonton pemandangan cantiknya danau di tengah lembah yang dikitari rimba dan bukit-bukit hijau.. Di samping timur, kamu akan dijamu dengan panorama lereng Gunung Muria.

Pemandangannya yang indah plus terletak yang dekat dari pusat perkotaan membuat waduk Gunung Rowo ini menjadi satu diantara tempat rekreasi favorite di Pati untuk wisata keluarga. Kamun dapat sekedar duduk di gerubuk atau gazebo yang dibuat dari bambu, nikmati makan di beberapa warung, sekaligus memancing ikan penghuni waduk.

3. Waduk Seloromo

Untuk kamu yang suka sama beberapa tempat yang fitigenik, kamu harus berkunjung Waduk Seloromo yang ada di dusun Gembong, Kecamatan Gembong. Lokasi waduk ini tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo dan menjadi satu diantara arah favorite fans photografi untuk memburu foto-foto lanscape yang keren. Seringkali, tempat ini dipakai sebagai latar untuk photo prewedding.

4. Air Terjun Tadah Hujan

Di desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, kamu bisa mendapati pemandangan air terjun yang menarik namanya air terjun Tadah Hujan. Air terjun ini mengalir dari teritori pegunungan Kendeng. Di atas, kamu akan disuguhi dengan panorama berbentuk beberapa tebing hijau yang dibelah oleh air terjun setinggi lebih kurang 75 mtr. ini.

Pada saat musim hujan, air terjun ini umumnya dikitari sama air yang berlimpah, hingga merepotkanmu untuk turun ke dasar tebing. Saat musim kemarau, baru air itu kering dan kamu dapat nikmati pemandangan di bawah air terjun. Untuk turun ke dasar tebing, kamu harus melalui jalan setapak yang licin dan terjal . Maka, jika pengen kesini sebaiknya memakai alas kaki untuk trackking.

5. Air Terjun Grenjengan Sewu

Tidak boleh salah dengan di Tawangmangu, air terjun yang berada di Dusun Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Pati ini namanya Grenjengan Sewu. Saat kamu menginjakkan kaki di depan air terjun dengan tinggi sekitaran 25 mtr. ini, kamu akan disuguhi dengan panorama yang masih natural serta mempersejuk.

Untuk dapat menyambangi air terjun ini, minimal kamu perlu tempuh perjalanan sepanjang sekitaran 27 Km atau sekitaran satu jam dari pusat perkotaan, lewat jalan yang mulus plus makadam. Sesudah memercayakan kendaraan di dalam rumah masyarakat di tempat, kamu harus jalan kaki sepanjang 30 menit telusuri persawahan dan sungai kecil yang hendak mengantarmu ke Grenjengan Sewu.

6. Agrowisata Jolong

Agrowisata Jolong ialah kawasan perkebunan kopi yang telah ada semenjak jaman penjajahan dan sekarang diatur oleh PT. Perkebunan Nasional IX. Perkebunan ini ada pada ketinggian di antara 500-800 mtr. di permukaan laut. Tidaklah aneh jika banyak orang berekreasi kesini untuk beri kesegaran pemikiran melalui panorama dan situasinya yang sejuk.

Kamu dapat berkeliling telusuri teritori perkebunan kopi sambil nikmati panorama tebing, air terjun dan sungai kecil yang kamu temui sejauh perjalanan. Tempat ini menjadi salah satu lajur pendakian untuk beberapa pendaki yang akan ke arah pucuk paling tinggi Gunung Muria, seperti Pucuk Songolikur (Saptorenggo) dan Pucuk Argojembangan.

7. Goa Pancur

Arahkan kendaraanmu ke arah Dusun Jimbaran di kecamatan Kayen. Disini kamu dapat mendapati Goa Pancur, di mana kamu akan dibawa menjelajah kedalaman perut bumi. Di lorong yang panjang capai 700 mtr. dan dialiri air dengan tinggi pinggang, kamu dapat nikmati beberapa ornamen goa berbentuk stalagtit dan stalagmit. Disamping itu, goa ini mempunyai suatu sumber air panas.

Untuk menikmati keindahan goa ini, kamu akan didampingi dengan seorang pemandu yang hendak menerangkan cerita-kisah yagn melatari goa ini. Berkunjung ke Goa Pancur pasti jadi hal menarik tertentu saat berkunjung ke kota Pati. Nach, ternyata Pati tidak hanya berisi dukun. Banyak kekuatan bagus yang dipunyainya. Kadang-kadang, tidak boleh sangsi mengunjungi tempat-tempat wisata keren di Pati.

Kesimpulan 7 Destinasi Wisata Pati, Tidak Kalah Menarik dengan Kota Lain di Jawa Tengah