5 Wisata Pesawahan di Yogyakarta, Sejuk dan Menenangkan

Wisata Pesawahan di Yogyakarta
Wisata Pesawahan di Yogyakarta

Tempat wisata di Yogyakarta memang dikenal dengan keindahan alamnya, mulai dari pantai, goa, sampai air terjun. Selain itu, saat ini wisata sawah di Yogyakarta juga semakin banyak diminati.

Selain udara sejuk, jika berkunjung di waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan foto dengan latar hamparan sawah hijau nan cantik.

Tertarik untuk menikmati keindahan Yogyakarta dengan cara berbeda?

Yuk, kunjungi beberapa tempat wisata sawah di Yogyakarta berikut!

1. Jelajah Sawah Pertanian (JSPB) Songgo Langit

Jika Anda berkesempatan jalan-jalan ke daerah Kebun Buah Mangunan, Bantul, sempatkan singgah sejenak ke JSPB Songgo Langit yang letaknya tidak jauh dari sana.

Keindahan sawah hijau yang terhampar akan langsung menyambut Anda saat menginjakkan kaki di sini. Untuk mencapai wisata alam satu ini, Anda perlu melakukan darat kurang lebih 23 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Lokasi: Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

2. Bukit Lintang Sewu

Jika diartikan ke dalam Bahasa , tempat wisata alam satu ini berarti Bukit Seribu Bintang. Artinya, jika berkunjung pada malam hari, Anda akan menikmati keindahan taburan bintang.

Eits, tapi jangan salah! Pemandangan siang hari di Bukit lintang Sewu pun tidak kalah menakjubkan dengan hamparan pepohonan putih dan persawahan yang dilihat dari ketinggian.

Lokasi: Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

3. Geblek Menoreh View

Menikmati secangkir teh panas dan gorengan sembari melihat persawahan hijau terdengar seperti rencana liburan yang menyenangkan. Geblek Menoreh View tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah, namun juga makanan yang mengenyangkan.

Bahkan, cukup dengan merogoh kocek Rp10.000 saja, Anda sudah bisa mencicipi menu angkringan yang ditawarkan.

Lokasi: Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo

4. Bukit Pengilon

Terletak di antara perbukitan yang mengapit pantai, Bukit Pengilon menjadi salah satu wisata alam yang tidak bisa dilewatkan jika Anda sedang menyambangi Jogja. Tidak sekedar mampir, di sini Anda juga bisa bermalam dan menikmati pemandangan yang disuguhkan pada malam hari.

Perjalanan menuju Bukit Pengilon memang cukup sulit. Namun selama perjalanan, Anda juga akan menikmati pemandangan yang tidak kalah menakjubkan.

Lokasi: Area Hutan, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta

5. Svargabumi Borobudur

Tempat wisata di tengah sawah selanjutnya adalah Svargabumi Borobudur. Menepi sedikit dari Kota Yogyakarta, tepatnya ke , Anda bisa menemukan berbagai spot foto cantik dengan latar persawahan yang hijau.

Tempat wisata yang tidak terletak jauh dari kompleks Candi Borobudur ini baru dibuka pada tahun 2020 lalu. Meski begitu, sampai saat ini tempatnya tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jalan Borobudur, Ngadiharjo, Sawah Borobudur, Borobudur, Magelang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata sawah di Yogyakarta yang sejuk dan menenangkan. Selamat liburan!