5 Destinasi Wisata Kulineran di Indonesia yang Harus Dicoba

Destinasi Wisata Kulineran di Indonesia
Destinasi Wisata Kulineran di Indonesia

Destinasi Wisata Kulineran di Indonesia – Indonesia merupakan negara dengan macam kulineran yang berlimpah. Menjadi rahasia bila makanan Indonesia memang populer sampai luar negeri karena rempah-rempahnya.

Kuliner menjadi satu diantara magnet tersendiri di setiap wilayah. Bahkan juga, beberapa menjadi satu diantara icon rekreasi yang dapat tarik banyak pelancong dari dalam dan luar negeri.

Oleh sebab itu, macam kulineran Indonesia seharusnya dikenalkan dan dilestarikan untuk jaga keberadaannya. Hal ini menjadi satu diantara hal yang paling disoroti oleh William Wongso dalam siniar Beginu bertema “Wisata Kuliner untuk Memperluas Budaya Indonesia”.

Menurutnya, hidangan kulineran, berbentuk makanan atau jajan ciri khas satu destinasi wisata, benar-benar dicari oleh pelancong yang tiba bertandang. Untuk mereka, coba kuliner lokal jadi pengalaman yang terlewatkan.

Itu penyebabnya, saat bertandang ke satu wilayah, belum komplet rasa-rasanya bila kita tidak mencicip makanan uniknya.

Melansir situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif, berikut destinasi wisata kulineran di beberapa kota Indonesia yang harus didatangi

1. Kampung Wijilan, Yogyakarta

Daerah yang sama dengan gudeg ini sebagai teritori populer sekalian bersejarah yang berada di Jalan Wijilan. Lebih persisnya, dia ada di samping Selatan Plengkung Tarunasura atau dikenal dengan panggilan Plengkung Wijilan di timur Alun-alun Utara.

Di tempat ini, berjejer tempat makanan yang sediakan gudeg. Gudeg ialah makanan yang dibuat dari nangka muda dan santa dan umumnya dikonsumsi bersama beragam jenis lauk pauk.

Rasanya yang manis dan renyah karena campuran bumbu areh membuat Gudeg jadi makanan favorite beberapa orang.

2. Kya-Kya, Surabaya

Kawasan pecinan yang berada di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean, Kota Surabaya, Jawa Timur sebagai tempat rekreasi dengan ornament ciri khas Tionghoa yang diperlengkapi becak untuk pengunjung.

Perpaduan cita-rasa Surabaya dengan makanan ciri khas Tionghoa terhidang di teritori ini. Salah satunya panganan unik dari tempat ini ialah pia di Toko Pia Kemenangan.

3. Pasar Lama, Tangerang

Untuk pengguna sosial media, ditambah Instagram dan Tiktok, Pasar Lama Tangerang tentu sudah tidak asing dalam telinga kita. Salah satunya teritori di Kota Tangerang yang ramai didatangi muda-mudi ini menyuguhkan macam opsi kulineran yang dapat dicoba.

Saat berkunjung ke Pasar Lama Tangerang, dianjurkan untuk jalan kaki supaya lebih bebas beli beragam jenis kulineran yang dijajakan.

Salah satu makanan yang dapat ditemui ialah jajan periode kecil, seperti telur gulung. Tidak itu saja, ada juga kulineran Nusantara, seperti surabi hijau dengan opsi rasa durian atau pandan.

4. Suryakencana, Bogor

Terletak di Jalan Suryakencana, tempat ini menyuguhkan beragam tempat kulineran yang telah ada semenjak beberapa puluh tahun kemarin. Salah satunya yang legendaris adalah lumpia basah yang telah ada semenjak 1972.

Lumpia basah khas Bogor in berlainan dengan lumpia Semarang. Masalahnya dia mempunyai isian cacahan bengkuang, tauge, tahu, ebi giling, dan telur.

5. Pantai Losari, Makassar

Bergeser ke sisi tengah Indonesia, Pantai Losari di Makassar tawarkan cita-rasa sedap melalui bermacam makanan ciri khas Makassar yang unik, seperti coto Makassar dan pisang epe. Tidak itu saja, sebagian besar makannya juga dipasarkan pada harga terjangkau.

Pisang epe terbuat dari pisang kepok yang dibakar dan disiram gula merah di atasnya. Dalam pada itu, coto Makassar memadankan ketupat, dalaman sapi, dan kaldu yang lembut dengan cita rasa otentik.