Mengenali Konsep Staycation Yang Semakin Terkenal Saat Pandemi

Mengenali Konsep Staycation
Mengenali Konsep Staycation

Di jaman milenial, staycation ialah sebuah ide berlibur yang mulai populer. Seperti apa ide konsep staycation?

Artikel ini akan mengulas ide itu dan bagaimana Anda bisa mengoptimalkan staycation saat berlibur.

Apa Itu ‘Staycation’?

Staycation sebagai kombinasi dari 2 kata, stay yang maknanya menetap atau tinggal dan vacation yang memiliki arti liburan.

Gabungan dari kedua kata ini memperlihatkan makna dari ‘staycation’ yakni liburan dengan tinggal atau menetap.

Ide staycation ada pertama kalinya di Amerika Serikat di saat negara itu alami krisis keuangan pada tahun 2007-2010. Ide ini ada karena staycation memerlukan biaya yang termasuk lebih rendah dibanding Anda lakukan berlibur ke luar negeri.

Awalnya Mula Staycation

Sebelumnya, staycation ialah berlibur dengan arah liburan dalam negeri dan beraktivitas yang dekat dengan rumah. Kegiatan yang umumnya dilaksanakan ialah berkunjung museum, taman umum atau taman bermain.

Tetapi, dengan mengembangnya sosial media, dan internet, staycation mulai berpindah ke makna lainnya.

Liburan secara staycation maknanya Anda nikmati waktu berlibur dengan habiskan waktu dan bermalam di hotel dalam negeri. Umumnya hotel yang jadi tujuan staycation adalah hotel berkelas.

Bukan hanya habiskan wakut untuk bermalam saja, staycation mencakup kegiatan yang umumnya dilaksanakan di hotel itu. Beberapa misalnya misalkan nikmati spa di hotel, bermain di taman bermain, melahap hidangan internasional.

Bermalam di Hotel Berbintang

Umumnya staycation dilaksanakan dengan bermalam di hotel berbintang minimal bintang 4 atau bintang 5.

Dengan langkah ini, berlibur masih tetap bisa berguna sebagai penghilang depresi dengan ongkos yang tambah murah dibanding liburan ke luar negeri.

Pilihan hotel umumnya benar-benar tergantung pada sarana dan servis yang hotel itu pasarkan. Umumnya, hotel yang sediakan sarana komplet bisa menjadi pilihan beberapa pecinta staycation.

Sarana yang umumnya jadi sasaran ialah:

  • Kolam renang dan pemandangan dari kolam renang
  • Kenyamanan ruang tidur
  • Santapan makanan hotel
  • Lokasi vital
  • Dan yang lain

Karena staycation mempunyai tujuan untuk hilangkan stres, opsi hotel sangat penting. Kiat-kiat untuk mengoptimalkan staycation ialah seperti berikut.

1 Tetapkan Bintang dan Lokasi

Tentu saja untuk merasakan situasi berlibur staycation, Anda jangan tanggung-tanggung. Bila hotel opsi Anda tidak kurang nyaman dibanding rumah, pasti lebih bagus tinggal di dalam rumah saja.

Karena itu, tentukan hotel yang sediakan kamar yang nyaman dan sarana yang lengkap. Umumnya hotel yang pas sebagai tempat staycation ialah hotel bintang 4 atau bintang 5.

Lokasi tentukan staycation Anda. Tentukan lokasi yang vital sesuai kemauan Anda.

2 Ajak Keluarga atau Teman

Berlibur pasti semakin lebih lengkap bila beberapa orang yang Anda cintai temani Anda.

Ajak keluarga atau rekan saat staycation akan membunuh kebosanan. Bahkan juga, dengan bermalam bersama, Anda bisa membagikan biaya hotel hingga lebih murah.

3 Tentukan Waktu Booking yang Tepat

Sekarang ini, sudah banyak website online atau offline yang bisa Anda pakai untuk bermalam di hotel berkelas. Situs ini juga tawarkan bermacam promo. Promo ini yang seharusnya Anda optimalkan secara baik.

Tidak boleh cuma terfokus pada satu situs saja. Dengan memperbandingkan website agen, situs sah bahkan juga kantor biro perjalanan, Anda akan memperoleh hotel pada harga terbaik.

4 Maksimalkan Sarana

Staycation akan maksimum jika Anda bisa mengoptimalkan semua sarana yang hotel itu pasarkan. Mulai dengan sarana gratis seperti kolam renang dan gym.

Bahkan juga ada banyak hotel yang sediakan makanan sore gratis. Disamping itu, tidak ada kelirunya untuk keluarkan sedikit uang untuk nikmati spa di hotel.

Keuntungan Staycation

Staycation memberi beberapa keuntungan, dimulai dari sisi ekonomi sampai sisi psikis beberapa wisatawan. Keuntungan pertama ialah biaya staycation yang termasuk tambah murah dibanding liburan ke luar negeri.

Berikut beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda alami dengan lakukan staycation.

1 Terhindar dari Depresi atau Penekanan Mental Akan Perjalanan Panjang

Beberapa orang rasakan penekanan yang umumnya berkaitan dengan perjalanan panjang seperti jetlag, menanti lama di lapangan terbang, beres-beres dan berkendaraan jauh.

Dengan ide staycation ini, orang bisa rasakan berlibur tak perlu alami penekanan perjalanan panjang.

2 Memberi Manfaat Ekonomi untuk Pariwisata Lokal

Dengan lakukan staycation, otomatis, Anda sudah berperan untuk memajukan ekonomi lokal.

Beberapa pedagang lokal yang jual souvenir ciri khas dalam negeri bisa sangat diuntungkan dengan kenaikan rekreasi dalam negeri.

3 Menciptakan Suasana Baru

Indonesia sebagai salah satunya negara dengan panorama yang paling indah. Panorama ini bisa digunakan oleh beberapa pecinta staycation untuk memperoleh situasi yang baru.

Misalkan, Anda bisa liburan ke Bali untuk nikmati pemandangan laut yang tenang. Bila Anda ingin nikmati panorama pegunungan, karena itu Anda bisa berkunjung kota Bandung.

4 Mengisi Media Sosial

Sosial media sudah jadi sisi dari gaya hidup jaman sekarang ini. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan cuma untuk sosial media. Meskipun tidak semestinya jadi patokan, tapi staycation bisa isi dan menolong content sosial media Anda jadi menarik. Siapa yang tahu ada yang tertarik sama profil sosial Anda dan tawarkan sponsor? Pasti benar-benar membahagiakan kan?