Destinasi Wisata Indramayu, “Kota Mangga” yang Pesonanya Tidak ada Dua

Destinasi Wisata Indramayu
Destinasi Wisata Indramayu

Destinasi Wisata Indramayu – Indramayu memang pantas disebut kaya, karena kota ini simpan beragam kekayaan dimulai dari alam sampai adat dan budayanya. Letak daerahnya yang ada di pesisir pantai jadi keunikan tertentu dalam soal pariwisata.

Tak cuma terkenal dengan rekreasi pantainya, Indramayu masih simpan beragam destinasi rekreasi bagus yang pantas kamu telusuri selekasnya. Nach, macam destinasi wisata apa yang dipunyai wilayah berjulukan “Kota Mangga” ini? Yok, kita baca satu per satu!

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak adalah destinasi wisata terkenal yang dipunyai Indramayu. Sebagai tempat wisata bahari, Pulau Biawak ini mempunyai pemandangan pantai yang indah dengan kekayaan bawah lautnya yang asri dan selalu terlindungi. Yang unik dari pulau ini ialah kehadiran menara mercusuar yang dibangun oleh ZN. Willem di tahun 1872. lalu. Disamping itu, daya magnet intinya ialah temanan biawak yang menempati pulau ini.

Berbagai aktivitas wisata dapat kamu cicipi di Pulau Biawak. Dimulai dari memancing, snorkeling, diving, atau sekedar santai nikmati situasi pantai. Pulau Biawak ini mempunyai luas sekitaran 120 ha dan berada di samping utara Kota Indramayu dan bisa dicapai dengan memakai perahu nelayan.

2. Pantai Tirtamaya

Indramayu sebagai daerah yang berada di pesisir pantai memang mempunyai kelebihan tertentu. Satu diantaranya ialah mempunyai beragam tempat wisata pantai yang indah dengan terletak yang tidak sangat jauh dari pusat perkotaan. Nach, salah satunya yang menjadi referensi untuk didatangi ialah Pantai Tirtamaya. Pantai ini berada di Kecamatan Juntinyuat dan populer dengan panorama sunset dan sunrise yang memesona.

3. Hutan Wisata Mangrove Karangsong

Awalnya, teritori Pantai Karangsong ini alami kerusakan karena tumpahan minyak mentah. Selanjutnya, teritori pantai yang hancur ini juga jadi tempat reboisasi pantai dan disihir jadi hutan mangrove yang demikian eksotik dan menarik.

Kamu yang tertarik untuk rasakan kesan menelusuri rimba mangrove bisa bertandang ke situ. Dengan sewa perahu atau ojek kapal yang telah ada, kamu akan dibawa berkeliling-keliling nikmati pemandangan rimba mangrove yang asri.

4. Situ Bojong Sari

Situ Bojongsari sebagai kawasan rekreasi yang berada di pusat kota Indramayu. Mempunyai luas sekitaran 6,5 ha, di teritori situ ini ada bermacam rekreasi air seperti waterboom, sepeda air, perahu rekreasi, dan olahraga dayung. Untuk kamu yang suka memancing atau ingin kemping juga dapat memanfaatkan sarana yang ada pada tempat ini lho!

5. Pantai Eretan

Yap! Pantai Eretan memang tidak cuma indah, tapi juga simpan nilai riwayat. Masalahnya pantai ini jadi tempat pertama kalinya tentara Jepang landing dan lakukan serangan pada Belanda.

Lokasinya yang ada di lajur Pantai Utara jadikan Pantai Eretan benar-benar gampang dicapai. Keunikannya, pantai ini mempunyai tanah warna merah yang hendak terlihat terang saat matahari sedang terik-teriknya. Disamping itu, Pantai Eretan populer dengan kesedapan kulineran lautnya yang dipadu dengan kesegaran kelapa hijau ciri khas beberapa warung makan di situ.

6. Situs Buyut Banjar

Terletak sekitar 17 km dari Kota Indramayu, tempat wisata Situs Buyut Banjar banyak disukai pelancong. Sebagai petilasan Pangeran Surya Nagara, website ini jadi lokasi ziarah yang sekalian simpan cerita mistis dan mitos-mitos tertentu.

Salah satu yang terpopuler ialah cerita mengenai monyet Banjar yang kabarnya banyaknya selalu 41 ekor, tak pernah lebih atau kurang. Tempat wisata yang ini biasanya ramai didatangi oleh warga Indramayu dan sekelilingnya di saat hari raya.

7. Situ Bolang

Situ yang berada di dusun Jatisura, Kecamatan Cikedung ini merupakan salah satu alternative rekreasi di Indramayu. Bila kamu jemu dengan beberapa tempat rekreasi yang penuh oleh pengunjung, seharusnya singgah saja ke teritori situ ini. Selainnya pemandangan dan udara sejuk yang dapat kamu alami, suasana tenang dan nyaman akan kamu peroleh di teritori situ selebar 74 hektar ini.

8. Sentra perkebunan mangga di Dusun Krasak dan Desa Jambak

Indramayu memang terkenal sebagai pemroduksi mangga hingga tidaklah aneh bila dipanggil sebagai “Kota Mangga”. Salah satunya tipe mangga asal Indramayu ialah mangga Gedong Gincu yang warna kuning kemerahan ketika telah masak.

Nach, bila berkunjung ke Indramayu, pasti tidak komplet rasanya jika tidak singgah ke sentral perkebunan mangga yang berada di Dusun Krasak, Kecamatan Jatibarang, atau di Dusun Jambak, Kecamatan Cikedung. Benar-benar dianjurkan untuk berkunjung tempat ini pada musim mangga, yakni sekitaran bulan Agustus-Desember.

9. Tugu Mangga dan Tugu Kijang

Tidak hanya daerah-daerah yang telah disebut sebelumnya, daya magnet rekreasi Indramayu ada di pusat perkotaannya lho. Satu diantaranya ialah alun-alun Kota Indramayu yang sering ramai saat sore hari. Disamping itu, kamu bisa juga mendapati 2 buah landmark Kota Indramayu, yakni Tugu Kijang atau Bunderan Kijang dan Tugu Mangga.

Tugu Kijang berdiri tegak di persimpangan jalan masuk kota Indramayu dari arah Cirebon. Tugu ini mempunyai nilai riwayat karena mengingati warga Indramayu pada cerita kijang emas yang membimbing Raden Aria Wiralodra dan memperlihatkan arah letak lembah Cimanuk sebagai cikal akan Kabupaten Indramayu. Sementara, Tugu Mangga yang berada dipersimpangan lima jalan masuk kota Indramayu dari arah Jakarta juga jadi pertanda jika kota ini ialah kota pemroduksi buah mangga.

10. Taman Cimanuk

Taman Cimanuk merupakan icon rekreasi baru di Kota Indramayu. Lokasinya benar-benar vital, yakni pas ada di belakang Mushola Agung Indramayu atau di bawah Jembatan khusus dekat Pendopo Indramayu. Taman ini sudah pasti menambahkan indah panorama di pusat kota Indramayu, selainnya tentunya jadi tempat hijau dan ruangan terbuka untuk penduduknya.

Nach, gimana? Telah tentukan waktu di sela rutinitasmu untuk segera mengunjungi Indramayu?