8 Wisata Probolinggo yang Disebut Sebagai Cuilan Nirwana

Wisata Probolinggo
Wisata Probolinggo

Kalau ngomongin destinasi traveling Pulau Jawa, Jawa Timur tidak pernah stop jadi omongan. Ini kali, kami akan membahas eksotisme yang dipunyai salah satu wilayah di Jawa Timur, yakni Probolinggo. Walau Probolinggo terdiri jadi kabupaten dan kota, tidak ada kelirunya jika kita menyaksikan pariwisatanya sebagai satu kesatuan.

Sebagai daerah yang dikitari oleh Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Gunung Bromo, dan Selat Madura disebelah utara – kekuatan pariwisata yang dipunyai oleh Kota Angin ini pasti tidak dapat dianggap remeh. Namun, ada banyak yang belum mengetahui kelebihan tersembunyi yang dipunyai tempat ini.

Sekali menginjakkan kaki kesini, kamu kemungkinan memandang Probolinggo sama surga. Tidak yakin? Yok, kita telisik eksotisme Probolinggo satu demi satu!

1. Pantai nanti indah

Pantai nanti indah atau yang lebih dikenali dengan pantai nanti ialah pantai unggulan kabupaten Probolinggo yang jangan kamu terlewat. Letak pantai yang ada di pinggir jalan raya Surabaya-Banyuwangi, kecamatan Gending, membuat menjadi satu diantara lokasi untuk berlibur favorite keluarga. Apa lagi wisatawan memang dimanjakan dengan beberapa sarana yang disiapkan di teritori ini.

Selain panorama pantai, kamu bisa juga nikmati rekreasi danau bikinan, rekreasi di rumput-rumputan yang teduh dengan pohon-pohonan, atau naik kereta mini. Tidak boleh terlewat untuk jalan-jalan sekalian berpose di atas anjungan di pinggir pantai. Dari kejauhan, kamu dapat melihat rimba mangrove dan siluet Gunung Argopuro. Pada saat-saat tertentu, sekitaran bulan Januari-Maret, kamu bisa juga menyaksikan kemunculan hiu paus yang lakukan migrasi tidak jauh dari laut lepas.

2. Bee Jay Bakau Resort

Hanya berjarak sepuluh menit dari pusat perkotaan Probolinggo, kamu bisa nikmati eloknya jalan-jalan telusuri rimba mangrove. Hadirlah ke Bee Jay Bakau Resor atau BJBR, salah satunya icon pariwisata di kota Probolinggo. Melalui papan-papan kayunya, kamu akan disajikan panorama hutan bakau yang hijau yang menarik sekalian nikmati sarana ala-ala resor yang spesial.

Tak jauh dari pintu gerbang, kamu akan menjumpai perahu yang disihir jadi sebuah cafe. Antara rimbunnya pohon-pohonan bakau, kamu dapat melihat eloknya laut selat Madura. Jika malam datang, tempat ini akan dihias dengan lampu beragam warna yang meriah.

3. Gili Ketapang

Pernahkah kamu berkunjung berbagai eksotisme di Pulau Madura? Nach, rupanya Probolinggo punyai sebuah pulau elok miniatur Madura namanya Gili Ketapang di terlepas pantainya. Dengan eksotisme berbentuk pantai berpasir putih yang cantik di sekitar pantainya plus panorama laut biru yang menggelora, siapakah yang dapat menyanggah keindahan pulau ini?

Untuk menggapai pulau ini, kamu dapat menumpang perahu nelayan sepanjang sekitaran 45 menit. Mayoritas warganya ialah orang Madura, tetapi keindahan pulaunya sendiri tentu membuat kamu seakan sedang ada di negeri yang jauh.

4. Danau Ranu Segaran

Cukup menempuh perjalanan sepanjang 30 menit ke arah Dusun Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, kamu bisa menyambangi Danau Ranu Segaran yang sejuk dan memesona. Ranu Segaran ini sebagai sisa kawah yang berisi air jadi danau. Di sekitarnya, panorama rimba dan pegunungan hijau yang menyejukkan siap melayani kamu, membuat kamu terbuai nikmati panoramanya.

Saat mengunjungi Ranu Segaran, tidak ada kelirunya singgah ke Ranu Agung, danau kembarannya Ranu Segaran yang mempunyai pemandangan tidak kalah menawan. Terletak dekat dari Ranu Segaran, kok.

5. Pemandian Air Panas Tiris

Usai menikmati panorama Ranu Segaran yang melenakan, tidak boleh terlewati untuk memendam badan di pemandian air panas Tiris. Tidak jauh kok, cukup jalan kaki sekitaran 200 mtr., sampai juga kamu di pemandian air panas ini.

Sumber air panas yang mengandung belerang ini bersebelahan dengan saluran air Sungai Tiris yang dangkal dan jernih, bahkan juga hanya terbatasi oleh penyekat batu yang simpel. Rasakan segarnya air panas memijat semua badanmu sekalian nikmati pemandangan cantik yang terbentang. Benar-benar seperti di surga, dech!

6. Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo ada di empat kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Karena itu, saat menjelajahi eksotisme yagn dipunyai Probolinggo, pasti belum komplet jika kamu tidak meluangkan diri untuk melihat sepotong daya tarik gunung yang dimuliakan oleh warga Tengger ini.

Jangan lupa mendokumentasikan cantiknya sunrise dari Bukit Pananjakan. Lantas, sebrangilah lautan pasir untuk melihat kawah Bromo dari jarak dekat.

7. Air terjun Madakaripura

Tidak ada yang menyangkal jika air terjun Madakaripura disebut sebagai salah satunya air terjun yang paling memanjakan mata di Indonesia. Sebagai sisi dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini tawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Kabarnya, air terjun ini ialah tempat Patih Gadjah Mada bermeditasi untuk terakhirnya. Tempat ini dipandang sakral untuk umat Hindu Tengger.

Madakaripura dikelilingi tebing yang membubung dengan tinggi 200 mtr., membuat kamu perlu menengadah untuk nikmati semua keelokannya. Turunlah ke dasar air terjun dan rasakan sendiri keelokan yang tidak akan kamu lupakan seumur hidupmu.

8. Sungai Pekalen

Suka olahraga arung jeram? Jika getho, kamu harus mencicip saluran air Sungai Pekalen di atas perahu karet. Sungai ini memotong tiga kecamatan di kabupaten Probolinggo, yakni Kecamatan Maron, Tiris, dan Gading. Dengan tingkat kesusahan grade III, adrenalinmu akan dipacu sampai batas optimal, tetapi masih tetap aman dan membahagiakan buat pemula. Apa lagi, panorama ngarai berbalut air terjun akan melayani kamu di sejauh salurannya.

Dengan sejumlah daya tarik yang ada di Probolinggo, tidak muluk-muluk ‘kan jika wilayah ini dikatakan sebagai salah satunya surga di Jawa Timur?

Video Wisata Probolinggo

[content-egg module=Youtube template=responsive_embed]