8 Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Membuat Patut Digelari Delhi Van Java

Destinasi Wisata Tasikmalaya
Destinasi Wisata Tasikmalaya

Destinasi Wisata Tasikmalaya – Kemarin-kemarin kami sudah ngajak kamu mengunjungi beberapa wisata eksotis di Jawa Barat, seperti Garut, Cirebon, dan Kuningan. Ini kali, Tasikmalaya ialah destinasi berlibur kita yang selanjutnya. Kabarnya, daya magnetnya membuat Tasikmalaya digelari dengan julukan Delhi van Java. Bukan lantaran orang Tasik jago goyang , tetapi karena topography geografisnya yang berbukit-bukit.

Kira-kira, apa keindahan apakah yang jadikan Mutiara dari Priangan Timur ini patut menjadi tujuan berliburmu seterusnya? Yok, kita menguak sama Destinasi Wisata Tasikmalaya.

1. Gunung Galunggung

Kalau Kuningan punyai Gunung Ciremai sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, karena itu Tasikmalaya pantas berbangga karena dia jadi rumah untuk gunung berapi sangat aktif di tanah Sunda, Gunung Galunggung. Bila kamu bertandang ke Tasik, kamu harus kesini dasarnya. Gerbang ke arah gunung ini terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, sekitaran 17 Km dari pusat perkotaan Tasik.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.167 mdpl ini menjadi teritori rekreasi seperti Gunung Tangkuban Perahu atau Gunung Kelimutu. Telah dibuat lajur berbentuk 620 tangga yang hendak membawamu menyaksikan pemandangan danau kawah yang hebat indah. Jika ingin, kamu bisa camping di tepian kawahnya, lho! Tidak hanya itu, disekitaran kaki gunungnya, kamu akan mendapati beberapa pemandian air panas alami.

2. Pantai Cipatujah

Selain panorama gunung, Tasik diberkahi dengan keindahan pantai di pesisir selatannya. Satu diantaranya ialah Pantai Cipatujah yang luas sekali. Kabarnya, pantai ini mempunyai garis pantai terluas di pantai selatan, lho. Karena itu, tidaklah aneh jika kamu kesini, kamu menyaksikan hamparan pantai yang menghampar hampir tidak ada selesainya.

Untuk sampai ke pantai favorite di Tasik ini, kamu perlu tempuh perjalanan sekitaran 74 Km dari pusat perkotaan ke arah Dusun Cipatujah, Kecamatan Cipatujah. Pantai ini sudah diperlengkapi dengan berbagai sarana, kok, seperti gazebo, pemondokan, dan warung makan.

3. Pantai Sindangkerta

Bila udah puas dengan Pantai Cipatujah, luangkan buat berkunjung Pantai Sindangkerta yang berada di Dusun Cikawugading. Jaraknya hanya 4 Km ke timur Pantai Cipatujah, kok. Pantai ini spesial karena jadi tempat bertelurnya penyu hijau yang sangat jarang. Jika untung, kamu dapat menyaksikan pelepasan tukik ke laut lepas.

Tak hanya itu, pantai ini mempunyai taman laut namanya Taman Lengser selebar 20 ha. Taman laut ini berbentuk karang datar yang lumayan luas di mana kamu dapat mengamati beragam biota laut saat permukaan kering. Karena itu, tidak boleh terlewatkan buat singgah ke pantai ini, ya.

4. Dengdeng

Tak cuma pantai yang dapat dicicipi di Kecamatan Cipatujah. Dapatkan sebuah curug menarik namanya Curug Dengdeng yang berada di Daerah Caringin, Dusun Cikawung Gading. Curug ini tawarkan pemandangan curug bertingkat-tingkat yang dapat membuat kamu melupakan bebanmu sesaat.

Untuk mencapai curug ini, kamu perlu nyaris 90 Km atau sekitaran 3 jam dari pusat perkotaan Tasikmalaya melalu jalan beraspal dan makadam. Seterusnya, kamu harus trackking sepanjang 30 menit melalui perkebunan. Supaya bisa nikmati panorama keseluruhnya curug ini, kamu dapat ikuti aliaran air telusuri beberapa tebing terjal yang melawan. Janganlah lupa persiapkan pakaian tukar, siapa yang tahu kamu ingin bermain di airnya yang jernih.

5. Curug Ciparay

Buat kamu yang suka blusukan untuk cari keindahan air terjun, jangan sampai melewati keindahan Curug Ciparay yang terselinap. Curug ini ada di Dusun Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang. Dapatkan cantiknya curug kembar yang dikitari beberapa tebing hijau di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari ini.

Untuk bisa menyambangi air terjun keren ini, kamu perlu tempuh perjalanan sepanjang 30 Km dari Tasikmalaya, melalui jalan berliku ciri khas bukit-bukit yang panoramanya hebat. Setelah kendaraanmu tidak dapat maju kembali, kamu harus jalan-jalan sepanjang 2 Km atau sekitar 30 menit.

6. Situ Sanghiyang

Punya jarak kurang lebih 25 Km dari pusat perkotaan Tasikmalaya, persisnya di Dusun Cibalanarik dan Dusun Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya, kamu akan menemukan keelokan danau yang tenang dan simpel tetapi memesona namanya Situ Sanghiyang. Tempat ini tidak demikian penuh oleh pengunjung, cocok sekali untuk kamu yang ingin cari ketenangan.

Pemandangan hijau disekitaran danau dapat kamu cicipi sembari berperahu. Tidak boleh ragu untuk menegur warga di tempat yang kerap memancing atau menjala ikan di sana ini.

7. Situ Gede

Danau alam yang ada di Tasik tidak hanya Situ Sanghiyang, ada pula Situ Besar yang lebih terkenal dan menjadi satu diantara icon pariwisata Delhi van Java. Situ ini ada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, dekat sekali dari pusat perkotaan. Saat berkunjung danau alam yang ini,kamu tidak akan mengira jika tempat ini ada tidak jauh dari jantung kota.

Kamu dapat berkeliling dengan perahu atau rakit sekalian nikmati hijaunya panorama sekitar danau. Sebagai ruangan terbuka hijau di kota, tempat ini benar-benar bagus untuk melarikan diri sesaat dari hingar-bingar kota Tasik.

8. Kampung Naga

Bila kamu perlu mendetoksifikasi jiwamu dari masalah duniawi yang hedon, hadirlah ke Dusun Neglasari, Kecamatan Salawu. Kamu akan mendapati sebuah perkampungan tradisional bernama Daerah Naga yang ada di wilayah lembah yang dikitari bukit-bukit asri yang hijau. Di situ, berderet beberapa rumah simpel dari bambu dan kayu dan beratap daun nipah. Penduduknya benar-benar junjung tinggi tradisi warisan karuhun atau leluhur.

Lupakan sejenak gadget-mu. Di Daerah Naga, komune warga ini masih tetap dapat hidup serasi dengan alam dan sama-sama walau tanpa listrik dan perlengkapan electronic. Sungguh lokasi yang pas untuk kamu yang ingin kembali lagi ke inti sebagai manusia. Daerah ini mempunyai ritual unik namanya Hajat Sasih, yakni ritus meminta karunia dan keselamatan ke nenek moyang Daerah Naga dan pernyataan sukur ke Tuhan Yang Esa atas segala nikmat-Nya.

Kesimpulan 8 Destinasi Wisata Tasikmalaya yang Membuat Patut Digelari Delhi van Java

Itulah secuil daya tarik yang dipunyai oleh Tasikmalaya, si Delhi van Java. Tentu saja, masih ada beragam surga terselinap yang dipunyai wilayah ini. Tidak boleh sangsi buat menambahkannya di kolom komentar, ya.