5 Tips Untuk Mencegah Tertidur Saat Bepergian

Tips Mencegah Tertidur Saat Bepergian
Tips Mencegah Tertidur Saat Bepergian

Mengantuk bisa terjadi di mana saja. Sambil menonton TV dan mengemudi. Berbahaya ketika Anda merasa mengantuk saat mengemudi. Kebanyakan kecelakaan terjadi karena satu alasan sederhana: lesu.

Umumnya pengendara berusaha menghalau rasa kantuk saat dalam perjalanan. Mereka ingin lekas tiba di tujuan kemudian beristirahat. Berikut tips mencegah kantuk di perjalanan:

Bugar

Ini adalah aturan utama dalam aktivitas termasuk mengemudi. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi baik. Dapatkan makanan yang cukup dan yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Mengantuk tidak terjadi jika kondisi tubuh benar.

Ngobrol

Pengemudi dapat berkomunikasi dengan penumpang tanpa mengurangi konsentrasi selama perjalanan. Karena diam bisa membuatmu mengantuk. Bicara tentang topik yang Anda sukai dan sukai satu sama lain.

Bernyanyi

Bernyanyi sambil mengemudi bukanlah hal yang buruk. Selama hanya bernyanyi tidak ada gerakan yang mengganggu stabilitas . Menurut sebuah survei sekitar 90% pengemudi sering bernyanyi saat mengemudi. Entah sedang bosan atau memang hobi menyanyi cara ini menenangkan dan menyegarkan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bernyanyi baik untuk tubuh dan pikiran serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para peneliti telah menemukan bahwa kortisol menurunkan kadar hormon yang merespons stres setelah bernyanyi. Penelitian telah menunjukkan bahwa bernyanyi tanpa mendengarkan musik menurunkan hormon stres tetapi tidak merangsang sistem kekebalan tubuh.

Minum kopi

Kafein dalam kopi merangsang otak untuk tetap terjaga. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat melawan efek neurotransmiter adenosin yang menenangkan otak dan akhirnya membuat Anda merasa lelah.

Peregangan

Peregangan membuat tubuh terasa lebih rileks dan duduk lama juga mengurangi depresi. Jika Anda melakukan peregangan detak jantung Anda akan turun dan tekanan darah Anda akan turun. Lakukan peregangan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan beberapa gerakan untuk membuat Anda merasa lebih baik dan menahan napas.

Menepi dan tidur

Ini adalah solusi terbaik. Jika rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, menepilah. Pastikan kendaraan berada di tempat yang aman, misalkan di rest area, dan tidurlah.