13 Tempat Wisata Di Korea Selatan Paling Favorit

Tempat Wisata Di Korea Selatan
Tempat Wisata Di Korea Selatan

Tempat wisata di Korea Selatan merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik, terutama di kalangan masyarakat Asia seperti Jepang, China, Hongkong, dan Taiwan. Seiring dengan maraknya pengenalan budaya korea dalam berbagai sajian televisi hingga musik di Indonesia, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Populernya budaya Korea Selatan ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi sudah menjadi sebuah fenomena di banyak negara di dunia.

Tempat Wisata Di Korea Selatan
Bendera Negara Kore Selatan, sumber: Global – Liputan6.com

Banyak hal menarik yang dapat Anda temui dari berbagai tempat wisata di Korea Selatan. Mulai dari pengetahuan akan sejarah perang Korea Selatan dan Korea Selatan hingga ke berbagai tempat pembuatan film drama romantis Korea Selatan yang sangat populer. Mudahnya proses pembuatan visa kunjungan ke Korea Selatan serta jalur penerbangan internasional yang tersedia menjadikan perjalanan untuk mengunjungi tempat wisata di Korea Selatan semakin mudah untuk diwujudkan. Saat ini, banyak agensi travel yang menyediakan tour trip ke Korea Selatan dalam berbagai paket wisata Korea Selatan yang sangat menarik. Atau Anda bahkan dapat pergi ke Korea Selatan secara mandiri jika menginginkannya.

Sebagai kota terbesar dan merupakan Ibukota dari Korea Selatan, Seoul adalah kota dengan sejumlah pesona wisata yang memikat dan menjadi populer di kalangan wisatawan dunia. Didukung dengan infrastruktur pariwisata yang lengkap, perjalanan wisata ke Korea Selatan akan semakin menyenangkan. Moda transportasi kereta api di Korea Selatan adalah salah satu yang terbaik dalam melayani publik.

Dari Bandara Internasional Incheon, Anda dapat tiba di kota Seoul dengan menggunakan transportasi seperti kereta Airport Railroad Express (AREX), subway Seoul, bus limosin bandara, atau taksi. Jika Anda ingin waktu berlibur di Korea Selatan tidak terbuang sia – sia maka sebaiknya Anda menggunakan kereta Airport Railroad Express (AREX) yang hanya membutuhkan waktu 43 menit untuk sampai di stasiun Seoul. Tetapi, jika Anda menggunakan bus limosin bandara, Anda akan mendapatkan sesuatu hal yang menyenangkan karena tersedia kursi berbaring yang nyaman dengan tempat kaki yang luas untuk menikmati perjalanan ke Seoul dari Bandara Internasional Incheon. Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Korea Selatan yang paling populer di kalangan para traveler:

  1. Monumen Peringatan Perang Korea
Monumen peringatan perang korea
Monumen peringatan perang korea yang berdiri di areal lahan dengaan luas sekitar 20.000 meter persegi, sumber: Meganusa Wisata

Monumen ini berdiri di areal lahan yang luasnya sekitar 20.000 m2 dan terletak di kawasan Yongsan-Dong yang awalnya merupakan markas tentara Korea. Di kawasan ini terdapat pula museum yang menjadi bagian tak terpisahkan dari monumen tersebut. Terdapat banyak layar interaktif dalam museum dengan teknologi touchscreen yang dapat memberi pengetahuan bagi para pengunjungnya.

Monumen ini bertujuan untuk mengingat masa – masa kelam dalam sejarah perang Korea, menceritakan banyak hal pada Anda tentang konflik yang terjadi di Korea pada sekitar 60 tahun yang lalu. Disana Anda dapat menjumpai berbagai macam barang peninggalan perang serta peralatan militer yang jumlahnya hingga 13 ribu item. Untuk menikmati perjalanan wisata ke monumen ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Monumen Peringatan Perang Korea adalah tempat paling menarik untuk mengetahui riwayat Perang Korea hingga militer Korea.

  1. Teater Nanta yang terletak di MyeongDong
Teater Nanta
Teater Nanta yang terletak di MyeongDong, sumber: visitkorea.or.kr

Inilah tontonan yang paling terkenal di Seoul bagi para wisatawan, menjadi salah satu kegiatan wisata yang menarik bagi para penikmat perjalanan dunia di Korea Selatan sejak teater Nanta ini dipentaskan pada tahun 1997. Lokasi pertunjukan teater Nanta ini berada di lantai 3 dan lantai 5 Gedung UNESCO di pusat keramaian Myeongdong. Anda akan menyaksikan sebuah drama komedi nonverbal dengan setting sebuah dapur dan menggunakan alat – alat masak sebagai alat musik perkusi.

Banyak penonton terpukau dengan suguhan teater tersebut karena aksi – aksi teatrikalnya yang dikombinasikan dengan keahlian memainkan alat – alat dapur sebagai instrumen musik. Untuk dapat menikmati tontonan ini, Anda harus membeli tiket pertunjukan teater Nanta sebesar 40 ribu hingga 60 ribu won yang dapat Anda dapatkan di kios pembelian tiket atau Anda juga dapat membelinya secara online.

  1. Taman Nasional Bukhansan
Taman Nasional Bukhansan
Taman Nasional Bukhansan, sumber: TripAdvisor

Bukhansan berarti “Gunung Han Utara” karena letaknya yang berada di bagian sebelah utara sungai Han, Korea. Di Taman Nasional Bukhansan ini, Anda dapat menyaksikan puluhan ngarai, puncak granit, dan aliran sungai yang jernih. Inilah tempat hiking di Seoul, sebuah tempat untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah dari puncak ketinggian.

Tempat wisata di Korea Selatan yang satu ini memiliki luas areal sekitar 78,9 KM dan berada tepat di tengah kota Seoul. Terdapat lebih dari 1.300 spesies flora dan fauna di taman ini. Serta, Anda dapat menyaksikan salah satu peninggalan sejarah Korea di taman ini, yakni Benteng Bukhansanseong. Benteng Bukhansanseong merupakan sebuah benteng yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

  1. Seoul Arts Center
Seoul Arts Center
Seoul Arts Center yang merupakan tempat digelarnya pentas kesenian kelas dunia, sumber: CeritaKorea.com

Inilah gedung pementasan kesenian di Seoul, dibangun pada tahun 1984 dan merupakan himpunan sembilan buah bangunan dengan fungsinya masing – masing, seperti Opera House, Music House, dan sebagainya. Di Seoul Arts Center ini, Anda dapat menonton pertunjukan seni budaya dan pameran, baik itu tarian, opera, teater, hingga film dan musik. Di tempat inilah beberapa organisasi kesenian dan kebudayaaan penting di Korea Selatan bermarkas. Bangunan ini terletak di kawasan Seocho-gu, Korea.

  1. Kuil Bongeunsa
Kuil Bongeunsa
Kuil Bongeunsa yang terletak di distrik Gangnam, sumber: Wisata Korea – Panduan Wisata

Kuil Bongeunsa terletak di distrik Gangnam, Seoul. Sebuah daerah yang merupakan kawasan elit dengan laju pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat. Di distrik inilah berdiri sebuah bangunan kuil tua,  dibangun pada tahun ke-10 pemerintahan Raja Shilla Wongseong’s atau sekitar tahun 794. Untuk dapat masuk ke salah satu tempat wisata di Korea Selatan ini, Anda tidak dikenakan biaya apapun. Hanya saja, Anda harus mengikuti rute yang sudah ditentukan jika tertarik untuk menyusuri setiap bangunan kuil tua ini. Kuil Bongeunsa adalah kuil Buddha yang indah, sungguh kontras dengan bangunan tinggi dan modern di sekelilingnya, namun tak dapat mengalahkan keindahan kuil ini.

  1. Istana Changdeok (Changdeokgung)
Istana Changdeok
Keindahan Istana Changdeok pada malam hari, sumber: Wisata Korea – Panduan Wisata

Inilah kompleks istana Dinasti Joseon di Seoul, Korea Selatan. Istana Changdeok adalah salah satu dari 5 istana besar yang dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Makna dari Changdeokgung adalah Istana Kemakmuran. Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menikmati arsitektur Korea di masa lampau.

Istana ini cukup luas dan kontur tanahnya naik turun. Bagian istana ini yang paling terkenal adalah Taman Rahasia (Secret Garden) yang terdapat di bagian belakang istana. Lokasi Taman Rahasia ini memang tidak tersembunyi, tetapi yang menjadikannya rahasia yaitu karena taman ini hanya boleh dimasuki kaisar dan istrinya atau hanya keluarga kerajaan. Perlu diketahui, bahwa lokasi secret garden ini telah dipakai sebagai lokasi shooting sejumlah drama Korea. Untuk dapat masuk ke Secret Garden, Anda harus membayar tiket tour berkeliling sebesar 3000 won dan memilih tour bahasa Inggris.

  1. Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)
Istana Gyeongbok
Istana Gyeongbok yang merupakan simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea, sumber: Netpacker

Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Istana ini didirikan pada tahun 1395. Selain itu istana yang merupakan istana utama Dinasti Joseon ini merupakan istana terbesar di Korea Selatan. Saat memasuki gerbang utama Gwanghamun, Anda akan menemukan hamparan halaman batu yang luas. Perlu Anda ketahui di dalam istana Gyeongbok inilah terdapat Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea). Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menyewa baju tradisional Korea lalu berfoto untuk mengabadikan momen wisata Anda disana. Tour berbahasa Inggris di tempat ini tidak dipungut biaya, tetapi Anda harus membayar tiket masuk Istana Gyeongbok ini sebesar 3 ribu won.

  1. Myeongdong
Myeongdong
Myeongdong yang merupakan tempat wisata belanja di Korea Selatan, sumber: keywordsuggest.org

Inilah tempat wisata belanja di Korea Selatan. Myeongdong adalah surga belanja di Korea Selatan. Berbagai mode pakaian terbaru di Korea Selatan dapat Anda temukan di tempat ini. Jika Anda ingin mengetahui tren pakaian di Korea Selatan, maka kunjungilah Myeongdong. Selain pakaian, di tempat ini juga banyak dijual berbagai produk kosmetik mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Tak kalah seru, Anda dapat menemukan berbagai santapan kuliner yang menarik di Myeongdong ini, mulai dari jajanan pinggir jalan hingga tempat makan. Inilah sebab mengapa Myeongdong begitu favorit di kalangan para pecinta wisata belanja.

  1. Bukchon Village
Bukchon Village
Bukchon Village yang merupakan gambaran masa lalu pedesaan di Kore Selatan, sumber: Have Halal, Will Travel

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman akan jejak masa lalu Korea Selatan tempo dulu, datanglah ke Bukchon Village. Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menyaksikan rumah – rumah tradisional berjajar rapi di sebuah desa yang masih terpelihara kelestariannya. Kawasan ini persis dikelilingi oleh tingginya bangunan – bangunan modern yang ada di kota Seoul.

Bukchon Village ini terletak di antara Istana Gyeokbok, Istana Changdeok, dan Jongmyo Shrine. Anda dapat menggunakan subway line 3 menuju Anguk Station, lalu turun dari pintu 2. Sesampainya di Anguk Station, berjalan ke arah utara sejauh 300 meter untuk dapat sampai di tempat ini. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati sore sambil mengambil foto dan menyaksikan bangunan – bangunan tua serta menyusuri jalanan di desa tradisional di Korea Selatan ini.

  1. Istana Changgyeong (Changgyeonggung)
Istana Changgyeong
Istana Changgyeong yang merupakan bangunan istana musim panas, sumber: PiknikDong.com

Istana Changgyeong adalah bangunan istana musim panas dari kaisar Dinasti Goryeo yang dibangun pada tahun 1104 lalu kemudian diwariskan ke Dinasti Joseon serta merupakan salah satu dari 5 Istana Besar Dinasti Joseon. Di kawasan istana ini, Anda dapat menyaksikan sejumlah tempat landmark bersejarah seperti Gerbang Honghwamun, Jembatan Okcheongyo, Kolam Chundangji, dan beberapa bangunan istana. Suasana di tempat wisata ini begitu tenang dan Anda dapat mendengar alunan musik tradisional Korea disana. Untuk dapat menikmati semuanya, Anda harus membayar tiket masuk Istana Gyeongbok ini sebesar 1.000 won.

  1. Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)
Namsan Seoul Tower
Namsan Seoul Tower yang memiliki tinggi 237 meter, sumber: Myeong-dong

Menara setinggi 237 meter ini terletak di Gunung Namsan. Tempat ini merupakan sebuah tempat wisata di Korea Selatan yang paling sering dikunjungi wisatawan mancanegara serta menjadi salah satu ikon wisata Seoul yang paling populer di Negeri Gingseng tersebut. Anda dapat menggunakan Cable Car dari Gunung Namsan dan dilanjutkan dengan berjalan ke menara dalam waktu yang relatif singkat. Sesampainya di menara, para pengunjung disuguhkan berbagai macam toko suvenir dan restoran. Kegiatan wisata paling memikat di tempat ini adalah melihat – lihat pemandangan kota Seoul dari ketinggian.

Love Lock
Love Lock yang berada di Namsan Seoul Tower, sumber: Korea Tourism Organization

Perlu Anda ketahui bahwa di bagian puncak menara terdapat sebuah tempat yang bernama Love Lock. Anda dapat mengabadikan dan menggembok rasa cinta Anda kepada pasangan dengan memasangkan sebuah gembok di sekitar pagar, lalu membuang kunci gemboknya sebagai tanda pengharapan cinta kasih akan terus bersama. Beberapa drama Korea, seperti Boys Before Flowers, Princess Hours, dan beberapa drama korea lainnya sering menggunakan tempat ini sebagai lokasi syuting.

  1. National Folk Museum of Korea (Museum Nasional Rakyat Korea)
National Folk Museum of Korea
National Folk Museum of Korea yang merupakan museum terbesar di Korea Selatan, sumber: koreatourinformation.com

Museum ini adalah museum yang terbesar di Korea Selatan yang merupakan tempat koleksi benda – benda dan artefak yang digunakan masyarakat Korea Selatan dari masa lampau hingga saat sekarang ini. Arsitektur bangunan museum ini mengikuti gaya bangunan – bangunan kuil Budha yang terkenal di Korea.

Ada 3 ruangan pameran dalam museum ini, yakni ruangan yang menggambarkan “Sejarah Orang Korea” dari masa prasejarah hingga Dinasti Joseon pada tahun 1910, ruangan “Gaya Hidup Orang Korea”, dan ruangan “Siklus Hidup Orang Korea dari Lahir sampai Mati”.

  1. Olympic Park
Olympic Park
Olympic Park yang merupakan sebuah kompleks olahraga di distrik Songpa, sumber: Korea Tourism Organization

Inilah tempat yang yang menjadi tujuan rekreasi dan refreshing. Olympic Park merupakan sebuah kompleks olahraga Olympic yang berada di distrik Songpa. Di masa lampau, daerah ini adalah tempat peternakan ulat sutra di masa Dinasti Joseon. Di taman Olympic ini, terdapat sebuah bangunan yang disebut pintu gerbang perdamaian (peace gate)

Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengeksplorasi taman ini karena arealnya yang luas. Tetapi, Anda dapat menaiki kereta Hodori (Hodori road train) yang terdapat di sebelah pintu gerbang perdamaiam atau Anda dapat menyewa sepeda di taman ini untuk berkeliling dengan membayar biaya sewa sebesar 25 ribu won. Olympic Park sendiri terbagi dalam beberapa zona diantaranya Taman Seni Budaya, Taman Rekreasi Olahraga, Taman Lingkungan Hidup, dan Taman Pengalaman Sejarah.