Tiket Pesawat Murah

10 Tempat Wisata Indoor Di Jakarta Saat Cuaca Terik

Magic Art 3D Museum
Magic Art 3D Museum

Cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini, tak terkecuali DKI Jakarta.
Di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat misalnya, suhu maksimum mencapai 34 derajat celcius. Informasi itu berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) periode 9-10 Mei 2022, yang diunggah melalui akun Instagram resminya, @infobmkg.

Kondisi tersebut tentunya membuat sebagian orang enggan keluar rumah. Termasuk, berlibur di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Namun, jika tetap ingin berkativitas di luar rumah, kamu bisa mencari tempat wisata dalam ruangan (indoor) di Jakarta. Jadi, kamu tetap bisa berwisata tanpa terganggu dengan cuaca ekstrem.

Berikut rekomendasi 10 tempat wisata di Jakarta yang bebas cuaca panas.

1. Jakarta Aquarium & Safari

Penyelam berkostum putri duyung menari di dalam air yang dihias pohon natal di Jakarta Aquarium dan Safari, Mal Neo Soho, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (24/12/2020). Selain memamerkan ribuan satwa air maupun darat, lokasi wisata tersebut juga menampilkan pertunjukan bawah air dengan hiasan pohon natal berbahan daur ulang limbah di laut untuk menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) merupakan wisata ramah anak dan keluarga. Lokasinya berada di dalam mal Neo SOHO, Jakarta Barat sehingga pengunjung tidak terkena terik matahari.

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), Jakarta Aquarium & Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia.

Pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa akuatik maupun non akuatik di Jakarta Aquarium & Safari.

Selain melihat aneka satwa di Jakarta Aquarium & Safari, wisatawan tentunya bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Neo SOHO, Central Park, dan Mal Taman Anggrek yang lokasinya berdekatan.

2. Museum MACAN

Museum adalah pilihan wisata yang tepat di tengah cuaca panas. Tak melulu wisata sejarah, museum di Jakarta juga menampilkan beragam karya seni.

Salah satunya adalah, The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Museum MACAN.

Pengunjung bisa melihat beragam karya seni di Museum MACAN. Salah satu yang paling terkenal adalah Infinity Mirrored Room – Brilliance of the Souls.

Karya seni ini merupakan buah karya dari perupa ternama asal Jepang, Yayoi Kusama yang pertama kali ditampilkan di Museum MACAN pada 2017. Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

3. SeaWorld Ancol

Jika berwisata ke kawasan Ancol saat cuaca panas, kamu bisa mengunjungi SeaWorld Ancol, yang merupakan akuarium raksasa di dalam ruangan.

Mengutip laman resminya, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota perairan laut.

Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display, serta terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Setiap tampilan akuarium memiliki tema khusus serta dilengkapi informasi tentang biota sehingga menambah pengetahuan pengunjung.

SeaWorld Ancol juga menghibur pengunjung dengan sejumlah atraksi seru seperti penyelam yang memakai baju karakter putri duyung, ondel-ondel, dan lainnya. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan biota laut pada wahana kolam sentuh.

Selain mengunjungi SeaWorld, pengunjung juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata lain di kawasan Ancol.

4. Pos Bloc

Pos Bloc adalah tempat wisata kuliner di Jakarta Pusat yang baru dibuka pada awal September 2021 lalu, berdasarkan informasi. Area ini menempati bekas Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru.

Pos Bloc memiliki area outdoor dan indoor, jadi pengunjung bisa berteduh dari terik matahari. Mayoritas area merupakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Pos Bloc juga memiliki toko-toko yang menjual produk ekonomi kreatif. Produk yang tersedia mulai dari sepatu, sandal, tas, barang-barang antik, pakaian, dan lainnya.

Adapula photobooth yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga. Pos Bloc Jakarta berlokasi di Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

5. M Bloc Space

M Bloc Space merupakan tempat nongkrong sekaligus wisata kuliner yang terkenal di kalangan anak muda ibu kota. Lokasinya berada di Jalan Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan.

Kawasan ini dulunya merupakan rumah dinas Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri). Tak heran, arsitektur bangunan di M Bloc Space bergaya vintage dan atau rumah tropis era 1950-an.

Sepanjang kawasan ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam kafe. Selain itu, M Bloc Space juga menyediakan ruang kreatif bagi para muda-mudi.

Semua fasilitas tersebut berada di dalam ruangan sehingga pengunjung tidak akan terganggu dengan cuaca terik. Lokasinya cukup strategis karena berada di dekat stasiun MRT ASEAN dan halte TransJakarta Blok M.

6. Skyworld

Obyek wisata ini cocok untuk mengajak anak-anak mengenal bidang astronomi dan ilmu antariksa. Pengunjung bisa melihat tatanan benda-benda luar angkasa.

Skyworld menawarkan sejumlah wahana yang bisa dijajal pengunjung seperti Space Exhibition, Digital Planetarium, Space Action Photo Boot, dan masih banyak lagi.

Aanak-anak bisa mencoba pakaian layakanya astronot asal Indonesia dan berfoto dengan latar belakang roket. Lokasnya berada di Skyworld Building di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

7. MoJa Museum

Museum Of Jakarta atau MoJa Museum merupakan salah satu obyek wisata yang tengah digandrungi anak muda.

Berdasarkan informasi, obyek wisata yang dibuka pada 2018 lalu ini, menawarkan spot foto Instagramable.

Meskipun namanya museum, namun kesan di dalamnya jauh dari sejarah. Ruangan di MoJa Museum berisi karya seni estetik dan kekinian.

Wahana di dalamnya antara lain, RoJA by MoJa yang menawarkan pengalaman mengelilingi area pameran dengan roller skating atau sepatu roda dan MoJa Museum 2.0 Feelings yang dilengkapi 17 ruangan aneka tema Instagramable.

Selain itu ada wahana MoPaint dimana pengunjung bebas berkreasi membuat lukisan dan coretan menggunakan kuas dan cat. Lokasi MoJa Museum berada di Komplek Gelora Bung Karno, Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda Nomor 1, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

8. Museum Bank Indonesia

Kawasan Kota Tua merupakan salah satu obyek wisata favorit di ibu kota. Saat cuaca terik, kamu bisa mengunjungi sejumlah museum di kawasan Kota Tua, salah satunya Museum Bank Indonesia (BI).
Pengunjung diajak berekspedisi ke masa lalu serta melihat perkembangan perekonomian di Indonesia.

Misalnya, miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), sebagai kongsi dagang milik Belanda di Hindia-Belanda yang merupakan cikal bakal munculnya perbankan di Nusantara. Lalu, bank pertama yang hadir di Nusantara yakni Bataviasche Bank Van Leening yang didirikan pada 1746.

Masih dari sumber Kompas.com (2/11/2018), museum bank sentral kini sudah direnovasi. Wajah baru Museum BI tampil lebih modern dilengkapi dengan efek visual dan layar interaktif yang memperkenalkan kegiatan-kegiatan dalam perekonomian.

Museum BI yang baru juga menampilkan berbagai perkembangan bank sentral terkini seperti Gerbang Pembayaran Nasional, lahirnya 7-Days Repo Rate, hingga gerakan nontunai.

9. Museum Fatahillah

Tak jauh dari Museum BI, kamu bisa mengunjungi Museum Fatahillah yang juga berada di kawasan Kota Tua. Nama resmi Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta.

Museum Fatahillah dulunya merupakan gedung Balaikota Batavia. Bangunan ini didirikan pada 1707 sampai 1712 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn.

Di dalam Museum Sejarah Jakarta, pengunjung dapat ditemui berbagai bukti sejarah Jakarta. Meliputi, replika peninggalan masa Tarumanega dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad 17 sampai 19, keramik, gerabah, batu prasasti, dan lainnya.

Jika masih belum puas, seusai mengunjungi Museum Fatahillah kamu bisa mengeksplorasi berbagai atraksi wisata atau yang ada di kawasan Kota Tua.

10. Magic Art 3D Museum

Satu lagi museum seni di Jakarta yang bisa menjadi alternatif wisata saat cuaca terik, yaitu Magic Art 3D Museum. Lokasinya juga berada di kawasan Kota Tua.

Mengutip dari situs Magic Art 3D Museum, obyek wisata ini menampilkan berbagai lukisan dan seni tiga dimensi. Ada tujuh zona yang ditawarkan oleh Magic Art 3D Museum.

Tujuh zona ini terdiri dari zona lukisan, satwa, lautan, rutinitas, dinosaurus, petualangan dan horor. Selain itu ada tiga ruangan yang dapat dikunjungi wisatan berupa Ames Room, Mirror Room, dan Optical Chair.